Temukan Rasa Cinta Dalam Menulis Agar Lebih Bermakna

Bagaimana sih memasukkan rasa cinta dalam sebuah tulisan seperti yang tertuang dalam quote Mbak Dini di bawah ini?


Menulis itu soal rasa. Temukan rasamu dan jagalah. Menuliskan rasa akan menjadi bermakna bila kita bisa mengambil ibrah dan hikmah - Dini Fitria



Awalnya sih saya masih agak bingung untuk menuangkan rasa dalam sebuah tulisan, apalagi jika pada tulisan tersebut mengandung pesan sponsor.

Beruntung sekali pada hari Kamis, 15 Februari 2018 lalu saya bisa menghadiri workshop yang bertema "Menulis Dengan Cinta" bersama Mbak Dini Fitria di JSC Hive Kuningan, Jakarta. Meskipun cuaca sedikit tidak bersahabat pagi itu, saya tetap bersemangat ingin menimba ilmu dari seorang penulis novel Islah Cinta, Hijrah Cinta, dan Muhasabah Cinta.

Kepekaan Dan Daya Endus Tajam Dalam Sebuah Tulisan

Menurut Mbak Dini, menulis itu harus dilakukan dengan bebas dan jujur. Jika ada pesan sponsor, tulisan pun harus mempunyai rasa. Nah, masalahnya bagaimana bisa menemukan rasa tersebut, kalau ada rentetan sponsor yang wajib dituangkan dalam tulisan?

Caranya adalah dengan mencari apa sih yang spesial dari produk tersebut. Karena sebuah tulisan akan menjadi lebih special jika penulis memiliki kepekaan dan daya endus yang tajam saat menuliskan informasi. Misalnya menuliskan manfaat atau kelebihan dari produk tersebut.

Masukkan Unsur Penasaran


Ketika menulis sebuah artikel atau postingan, cobalah untuk membuat pembaca menjadi penasaran dan ingin tahu lebih lanjut keseluruhan isi tulisan tersebut dengan memberikan sentuhan rasa. Tulisan pada blog tentunya mempunyai ciri atau perbedaan dari media mainstream lainnya. Dibutuhkan sebuah story telling untuk diterapkan dalam sebuah tulisan tersebut.

Perlu diingat kalau setiap penulis itu mempunyai rasa yang berbeda dalam menuangkan idenya pada sebuah tulisan dengan membuat sebuah feature stories yaitu dengan mengajak pembaca dengan bercerita. 

Contohnya ketika menuliskan sebuah produk untuk anak ke dalam artikel, jangan langsung menuju produk tersebut. Tetapi sentuh dulu ibu sebagai seseorang yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab dalam memilih produk untuk anaknya. 

Kalimat pertama yang mempesona dibutuhkan dalam membuat postingan

Terdapat beberapa jenis feature atau rasa yang bisa digunakan agar sebuah tulisan menjadi berbeda. Apabila kita ingin menyentuh hati pembaca, masukkan human of interest dalam tulisan tersebut.

Berikut ini jenis-jenis feature sebagai bahan referensi dalam menulis :
  • Feature sidebar
  • Feature biografi
  • Feature profil
  • Feature perjalanan
  • Feature dibalik layar
  • Feature sejarah
  • Feature musiman
  • Feature tren
  • Feature petunjuk praktis atau tips
  • Feature ilmiah dan sebagainya.


Dalam sebuah hard news atau tulisan berbau iklan pun, bisa kok mempunyai rasa atau dijadikan feature. Dengan cara story telling kita dapat menyampaikan apa yang ditulis dan mengajak orang lain untuk merasakan tulisan tersebut. Dengan demikian pembaca akan lebih menyukai apa yang kita tulis.

Bicara tentang rasa dan kepekaan, Mbak Dini juga pernah mengalami kesulitan saat menuliskan novel yang berlatar belakang India. Beliau merasa tidak ada cinta dalam tulisannya, karena Mbak Dini terlanjur membenci India. Hal itu bermula ketika beberapa tahun lalu saat bertugas menjadi reporter di salah satu televisi, Mbak Dini pernah bersumpah tidak akan berkunjung kembali ke negara itu karena memiliki banyak pengalaman buruk. 

Bagaimana sebuah tulisan bisa menjadi bermakna kalau penulisnya sendiri membenci hal yang sedang ditulisnya. Tak kenal maka tak sayang, Mbak Dini pun tak ingin tulisannya begitu hambar dan datar begitu saja. Oleh karena itu, beliau menantang dirinya sendiri dan bertekad kembali ke negara tersebut. Ternyata kunjungannya yang kedua ini, Mbak Dini mempunyai pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Bisa dikatakan dari benci menjadi cinta.

Dengan cinta kita dapat mengerjakan segala sesuatu dengan mudah, bukan hanya pada penulis novel saja, ini juga berlaku bagi Blogger. 

Cinta bisa didapatkan di tempat yang tidak disukai. Cinta membutuhkan keikhlasan bukan pemaksaan

Oh ya, ada tips menulis features dari Mbak Dini yaitu dalam menulis menggunakan teknik why, what, dan how, tetapi jangan terlalu banyak basa basi atau pidato yang membuat pembaca menjadi bosan. Penting sekali dalam menulis memiliki premis atau benang merah sebuah cerita, dengan demikian dalam cerita mempunyai titik fokus tersendiri dan tidak melantur kemana-mana.

Wah, saya seperti mendapat pencerahan setelah mendapatkan ilmu dari Mbak Dini nih. PR nya adalah memperbaiki tulisan-tulisan saya ke depannya dan berikan rasa serta cinta di dalamnya agar lebih bermakna.

Tanda Cinta Sponsor Pada Talkshow

Hari itu kami sebagai peserta talkshow yang datang, selain mendapatkan ilmu dari Mbak Dini, juga dihadiahi berbagai hal yang menyenangkan. Acara tersebut tidak akan terlaksana kalau bukan karena Indonesia Social Blogpreneur (ISB) yang bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga terselenggaranya talkshow  yang bermanfaat.

Sebuah acara yang didukung oleh tempat yang nyaman dan memadai, membuat materi yang didapatkan akan terserap dengan baik. Untungnya C2Live sebagai media partner menyediakan tempat di JSC Hive.  Menurut Mas Enrico Lukman, C2live merupakan sebuah jaringan media yang mengumpulkan dan mendukung blogger, penulis, serta pembuat konten di Indonesia dalam membagikan cerita-cerita mereka yang menganggumkan.




Acara tanpa makan-makan rasanya belum afdol ya, apalagi hari makin siang dan perut sudah menagih untuk diisi.  Kulina yang sudah menyediakan makan siang untuk kami dengan menu ayam betutu.



Agar peserta talksow makin tambah cantik Shafira sebagai brand fashion muslim yang sudah terkenal sejak 1989 ikut hadir pula siang itu dengan membagikan tutorial memakai hijab. Sebagai pendiri Shafira Ibu Feny Mustaga ingin menciptakan brand hijau premium di kala itu, karena masih sedikitnya orang yang menggunakan hijau waktu itu.



Nama Shafira terinspirasi dari kata shaf dalam barisan sholat yang rapi dan fir dari kata safir. Jadi Ibu Feny menginginkan wanita Indonesia senantiasa rapi dan cantik. Saat ini Shafira juga mengeluarkan produk lain yang bernama Zoya, bisa di bilang ini masih saudara kandung alias adik kakak. Oh ya Zoya juga punya produk kosmetik lho.

Sebagai Blogger memang tidak bisa dipungkiri kadang-kadang menuliskan sebuah postingan dengan tambahan produk dari berbagai brand. Perlu dipraktekkan nih tips dari Mbak Dini, kalau menulis sponsor pun bisa diselipkan sebuah rasa. Kenali dulu produknya supaya ada keterkaiatan dan cinta saat menuliskannya nanti.

Terima kasih ISB, ditunggu acara lainnya yang selalu penuh dengan ilmu dan kegembiraan

Comments

  1. Ilmu bermanfaat, gathering yang manis dan hadiah2 manis juga :)

    ReplyDelete
  2. story telling sekarang ini makin umum dipakai oleh brand. Bosen kali ya jualan secara hard selling. Dengan story telling lebih memikat konsumen.

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuun, tulisanku masih jauh dari features story. Musti rajin latihan, Lid ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. Itu mbak dini fitrian yaa, keren banget ilmunya, ketjeh penulisnya ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  5. Feature stories sebenernya banyak yang nulis jenis itu, hanya saja teknik nulisnya mengutamakan pokok pesan dulu. Hihihi. Aku gitu juga kok, abis itu poles sana sini berharap ada yg mau baca. Gak suka gpp, dibaca aja udah seneng.

    ReplyDelete
  6. Dengan cinta memudahkan semuanya ya Lyd. Dari opening ampe closing

    ReplyDelete
  7. Mba lidya, dulu aku fikir menulis ya menulis aja yang penting selesai dan gak ada tahapannya. Ternyata, sepulangnya dari kelas kmrin, aku banyak banget dapet masukan. Alhamdulillah, jadi tau

    ReplyDelete
  8. faktor human interest bisa kita taruh di semua tulisan ya... walaupun itu soal review

    ReplyDelete
  9. Wah Mbak Lidya sepertinya paham betul apa yang disampaikan Mbak Dini. Tulisannya langsung to the point, tanpa basa basi. Good jooob.

    ReplyDelete
  10. Udah lama aku butuh materi yang kaya begini, jadi seneng pas bisa ikutan

    ReplyDelete
  11. Aku kalo curcol baru bisa nulis bertutur, tapi kalo event, agak susaah XD

    ReplyDelete
  12. Menulis dengan cinta dan rasa, aaah semoga kita nnt bisa menulis seperti itu ya mba lidya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts