Powered by Blogger.

Langkah Mudah Mencuci Gorden Minimalis Agar Selalu Nampak Baru

Desain rumah yang cukup populer belakangan ini memang mengambil gaya minimalis modern. Para arsitek berusaha untuk membuat rumah dengan konsep indah, meskipun hanya dengan mengandalkan ukuran lahan yang terbatas. Inilah mengapa banyak kemudian masyarakat yang ikut tertarik mengaplikasikannya. Mereka bisa membuat sebuah bangunan cantik dan nyaman meskipun hanya dengan sedikit lahan saja. Berbarengan dengan konsep rumah tersebut juga populer beberapa properti juga furniture dalam rumah yang mengaplikasikan konsep sama, mulai dari meja, sofa, hingga gorden minimalis juga ada.



Sebuah rumah memang kurang lengkap tanpa keberadaan ventilasinya, baik dalam bentuk jendela atau tidak. Beberapa orang juga lebih senang mengaplikasikan kaca untuk pencahayaan, sehingga ketika datangnya siang, mereka akan merasakan sinar matahari yang menembus secara langsung ke bagian dalam rumah tersebut. Namun nantinya menuju malam hari bisa ditutup menggunakan gorden. Cukup efektif dalam menjaga privacy agar tak terlihat oleh orang lain dari luar rumah.


Gorden minimalis  ini banyak dijual di pasaran dengan beragam bentuk, eye-catching dengan berbagai pilihan warna, Anda dapat menyesuaikannya dengan desain atau konsep ruangan keluarga. Gorden ini selain berfungsi sebagai penutup ruangan juga dapat difungsikan sebagai alat untuk mempercantik rumah memang, untuk itu jangan lupa untuk sering-sering mencucinya agar terlihat selalu bersih. Karena banyak diantara masyarakat yang jarang sekali membersihkan hiasan rumah ini, paling-paling 3 bulan sekali. Padahal ini bisa menyebabkan timbulnya jamur di beberapa bagian.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencuci gorden dalam rumah, agar senantiasa bersih, yaitu:

  1. Ketahui terlebih dahulu bahan gorden rumah Anda, memang tak bisa dipungkiri bahwa tak semua bahan gorden mudah dibersihkan, apalagi untuk Anda yang menggunakan bahan-bahan premium seperti diantaranya adalah kain sutera. Jatuhnya memang bagus dan terlihat lembut kualitas tinggi, hanya saja proses pencucian juga agak sulit. Bahan ini rewel, ia tak bisa dicuci menggunakan mesin.
  2. Sebaiknya pisahkan dengan baju atau kain lainnya saat akan mencuci, utamanya yang mudah luntur, proses pencucian akan jauh lebih mudah dengan direndam terlebih dahulu. biasanya karena terlalu lama digantung maka debu dan kotoran akan lebih mudah mengepel pada hiasan tersebut. Agar hilang seluruhnya maka Anda harus merendam terlebih dahulu, lakukan selama beberapa menit ditambah dengan detergen.
  3. Setelah direndam Anda bisa langsung menguceknya, agak berat memang, sebenarnya tak masalah juga bagi Anda yang ingin menggunakan mesin cuci. Namun kembali lagi kenali bahan pembuatan gorden tersebut, karena tak semuanya cocok dicuci menggunakan mesin. Langkah pencucian sama dengan mencuci baju pada mesin. Hanya saja pilih mode pencucian yang tinggi, apalagi jika kainnya tebal. 
  4. Gunakan pewangi, agar wangi tahan lama, maka tak ada salahnya mengaplikasikan pewangi juga dalam cucian Anda. Namun juga jumlahnya harus lebih besar sehingga semua bagian gorden tersentuh aroma pewangi. 
  5. Keringkan dengan mesin pengering, langsung dalam mesin cuci tersebut, karena ukurannya yang besar dengan kain tebal, maka membutuhkan waktu agak lama jika harus dikeringkan langsung, Anda dapat mengimbanginya dengan mesin pengering. 
  6. Setrika, sebelum disimpan maka ada baiknya bagi Anda untuk menyetrika agar nampak lebih halus dan rapi. 

 Mudah bukan, sekarang gorden minimalis Anda bisa dipasang kembali untuk hiasan interior rumah, selalu bersih dan tampak baru.

15 comments

  1. Nyunci sendiri gorden lumayan rempong ya Mba..secara gorden itu bahannya berat.. Kalo masih baru cenderung ke binatu aja nyucinya.. Tai kalo gordennya dah agak lama aku cuci sendiri.. Biar gak terlalu rempong memang kudu direndam dulu agak lama pake air detergen..

    ReplyDelete
  2. klw di keringin d mesin pengering gtu klw aku sering kali kainnya rusak kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. nyerah deh kalau mesti cuci gorden :( kasih ke laundry hehe

    ReplyDelete
  4. ouwhh..gituu yahh caranya mba....bermanfaat sekali mbaa...nanti di cobaa dehhh...

    ReplyDelete
  5. saya malas mencuci gorden rumah Mbaa karena berat dan nampak ribet saat mencucinya. baiklah nanti tak praktekin cara yang ditulis Mba Lidya di atas :)

    ReplyDelete
  6. Kalau saya malah gak pernah pakai mesin cuci kalau buat goden, Lid. Jadi cuci manual aja :D

    ReplyDelete
  7. Rumah Home Sweet Home bunda kalo waktunya gorden kotor, cucinya pasti pake mesin cuci, sehingga gak berapa lama nunggu kering setelah dijemur sebentar, tapi kalo vitrage-nya terkadang di angin-angin aja udah kering. Lama gak mampir ke blognya Lidya.

    ReplyDelete
  8. biasanya aku kalo mau cuci Gorden kasih ke Laundry aja mbak :)

    ReplyDelete
  9. Gordenku biasanya masuk mesin cuci, habis dikeringkan langsung pasang lagi di jendela ntar kering sendiri. Tapi tergantung bahan juga sih ya, makanya aku pilih bahan yang biasa aja, yang gampang perawatannya.

    ReplyDelete
  10. Mudah-mudahan cepat dapat rumah jadi bisa merasakan cuci gorden sendiri

    ReplyDelete
  11. betul juga mbak... kalo asal asalan nyuci gordengnya bisa bikin rusak malah... terimakasih infonya

    ReplyDelete
  12. wah... jadi tau nih cara nyuci gordeng biar ga cepet rusak dan bisa bersih terimakasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  13. Aku kalau mencuci gorden selalu kupisah MBak, apalagi Gorden yang berat, Makasih ya sharingnya

    ReplyDelete