Indah Nuria Sang Breast Cancer Fighter



Stay Positive...yakin bahwa kanker bisa sembuh 
Never forget, cancer can happen to anyone, any women
~Indah Nuria Savitri~



Sebuah kalimat dari Mbak Indah yang selalu diyakininya sejak dinyatakan positif menderita kanker payudara 11 Juli 2014 lalu. Kanker, satu kata yang sangat mengerikan dan bisa mengubah hidup orang hingga 180 derajat.

Berawal dari sebuah general check up menyeluruh di New York, penyakit ganas ini terdeteksi. Memang, sebelum bertugas di kota tempat patung Liberty berada itu, Mbak Indah sudah merasakan ada benjolan payudara bagian kanannya. Melalui pemeriksaan sonogram, diinformasikan bahwa ada sesuatu di sana. Tapi baru saat benar-benar tinggal di New York, dokter menyarankan untuk pemeriksaan lengkap seperti Sonogram, Mamogram, dan biopsi.

Mbak Indah menjalani pemeriksaan di sela-sela kesibukannya di kantor PBB. Beliau masih aktif menjalani berbagai aktivitas. Semua ketakutan dan pertanyaan yang berkaitan dengan kanker selalu dijawab dengan menenangkan oleh tim dokter.

Tapi Tuhan sedang mencintainya lebih dalam, kekhawatirannya terbukti. Mbak Indah dinyatakan positif kanker payudara dan harus menjalani operasi mastektomi, rangkaian kemoterapi, dan operasi breast reconstruction.

Berada di lingkungan baru, jauh dari keluarga, dan vonis kanker adalah kombinasi yang membawanya pada titik terendah. Tapi Allhamdulillah, selalu ada orang yang memberi support setiap harinya yaitu suami dan kedua buah hati Mbak Indah, Bo dan Obi. Apalagi saat harus melakukan kemoterapi, Mbak Indah mengalami kerontokan pada rambut. Walaupun tidak sakit, tapi menghadapi kenyataan harus menjadi perempuan dengan kepala gundul sangatlah tidak mudah.

Support terbesar yang dilakukan suami untuknya adalah saat sama-sama mencukur habis rambut. Ada pepatah kalau rambut adalah mahkota perempuan, bisa saya bayangkan bagaimana perasaan Mbak Indah saat rambutnya mulai rontok. Satu demi satu, helai demi helai, habis sudah. Yang saya kagum, walau telah mencukur habis rambutnya, beliau tidak malu dan tetap menjalani aktivitas seperti biasa.

Dan setelah perjuangan panjang itu, hari ini mbak Indah adalah seorang survivor kanker payudara. Setelah puluhan kali bolak balik rumah sakit, rambut yang rontok sampai habis, saat-saat dimana kasur adalah teman sejati, kulit dan kuku yang menghitam karena obat, puluhan jarum suntik yang jadi saksi bagaimana ia terus berjuang untuk sembuh, anak-anak yang tidak putus asa untuk hidup ibunya … Mbak Indah melewatinya dan berhasil.

Untuk melakukan tindakan pencegahan supaya sel kanker tidak kembali lagi, Mbak Indah menerapkan 3 hal, yaitu :
  • Hidup lebih sehat dengan mengatur asupan makanan sehat di dalamnya. Saya sering sekali melihat menu sarapan dan makan siang Mbak Indah yang sehat. Hanya dengan buah dan sayur untuk sarapan. Sempat mikir gak laper ya sarapan seperti itu, tapi balik lagi demi kesehatan pasti bisa.
  • Olah raga teratur. Mbak Indah menjalani olah raga yoga tiap harinya supaya badan tetap fit.
  • Kurangi Stres. Dengan pekerjaannya yang segudang di kantor, belum lagi mengurus keluarga bisa dihinggapi rasa stres. Tapi Mbak Indah mampu mengatasinya, buktinya selalu semangat dan ceria dimanapun berada.

Untuk perempuan di mana pun berada ada baiknya untuk melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Dengan cara memeriksa dan meraba sekitar paryudara saat akan mandi atau tidur. Dari hal sederhana dan mudah ini bisa mendeteksi sedini mungkin jika ada benjolan. Jika sekiranya ada yang mencurigakan harus segera diperiksa ke dokter. Karena saat kanker ditemukan di tahap awal maka tingkat kesembuhan lebih besar, dibandikan saat ditemukan di tahap lanjut.

Mbak Indah yang selalu berbagi tentang kesadaran akan kanker melalui blognya mendapatkan perhatian dari banyak orang. Termasuk juga perhatian dari media seperti majalah Kartini Online. Selain itu juga beliau aktif sebagai survivor kanker dan mengkampanyekan gerakan "making strides", debgan mengumpulkan dana hingga jutaan dolar untuk membantu pasien yang didiagnosa sama dengannya. Tujuan berbagi ini adalah untuk menyemangati diri sendiri dan perempuan Indonesia.

Dari cerita yang dialami oleh Mbak Indah membuat saya ingin hidup lebih sehat lagi, karena ada keluarga yang masih butuh perhatian. Melakukan general check up juga penting ternyata supaya ada penyakit apapun terdeteksi lebih dini dan bisa disembuhkan dengan cepat.

Kata Mbak Indah "Semangat.. .Jangan pernah ragu bahwa Rabb selalu memberi skenario terindahnya untuk kita"





Post a Comment

38 Comments

  1. Saya juga setiap bangun tidur suka meraba sekitar payudara dan ketiak, jadi takut sejak adik ipar tumbuh benjolan antara ketiak dan payudara yg ternyata tumor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu pernah mbak berasa ada yg aneh tapi pas udah ke dokter ternyata bukan apa-apa

      Delete
  2. Memang ya luar biasa banget perjuangan dan semangatnya mbak indah

    ReplyDelete
  3. Perjuangan Mbak Indah sangat inspiratif. Semoga jadi penyemangat untuk para wanita lain yang mengalami penyakit yang sama.

    Trims Mbak semoga dengan tulisan ini Sadari makin difahami para pembaca ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peringatan buta aku juga mvak supaya selalu melakukan tindakan pencegahan

      Delete
  4. Mba Indah itu memang hebat ya Mba.. Dia pejuang kanker sejati menurutku.. Aku salut dengan perjuangannya melawan kanker tetap[i tetap ceria..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yg lain bisa semangat juga seperti mbka indah

      Delete
  5. Semangatnya luar biasa ya, masih bertugas dan terus traveling, seperti tak pernah terjadi apa apa. Semoga Allah selalu menguatkan hatinya.amiin ya Rabb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dan merasa bahagia supaya tetap sehat

      Delete
  6. baru tahu kalau mb Indah ternyata seorang survivor kanker, ga kelihatan ya. Semangat yg membuatnya sehat

    ReplyDelete
  7. lihat gambar di awal artikel, jadi inget film I AM HOPE
    kisah pendertita kanker akhirnya bs sembuh
    salam sehat mbak Lidya

    ReplyDelete
  8. Iya..indah itu seorang yg selalu memberi keceriaan pada sekitarnya.

    ReplyDelete
  9. Mama bo yaa, walau sakit tapi selalu tersenyuum, ngga ada keliatan menderitanyaa, ngga banyak dramaa, atleast, semua kesusahan gk ditunjukkan ke publik. Saluut

    ReplyDelete
  10. aku bnyak belajar dr mbk indah, soal semangat pantang menyerah dlm menghdapi cobaan yg dtg,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita selalu semangat ya mbak menghadapi cobaan

      Delete
  11. salut sama semangatnya mba indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga memginspirasi buat teman-teman yg punya masalah sama

      Delete
  12. Salut dengan semangat positive dan perjuangannya melawan kanker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat positif yg bisa mengalir ke semua orang yg mbak

      Delete
  13. sebagai perempuan, kita memang harus menyadari dan bisa mencegah penyakit ini ya mba... dan mba Indah adalah sosok yg kuat

    ReplyDelete
  14. SEhat selalu yah Mbak Indah :)
    semoga kitapun selalu diberi kesehatan olehNya, amin..

    ReplyDelete
  15. Perjuangan Mba Indah ini memang luar biasa. Semoga sehat terus buat Mba Indah, juga kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat buat mbak indah, mbak zy dan kita semua ya

      Delete
  16. Mba Liaaaa....terima kasih sudah berkenan berbagi ceritaku. Suatu pelajaran hidup berharga yang semoga bisa membantu saya menjadi orang yang lebih baik. Semoga semua selalu sehat yaaa...jangan lupa SADARI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu banget tau cara ngecek dari film tapi ga tau namanya mbak. Makasih ya udah boleh nulis kisahnya

      Delete
  17. merinding bacanya mbak...

    saya cowo, tapi pernah punya temen yang ibunya kena kanker payudara juga, kalo denger ceritanya bikin terharu

    salut sama mbak indah yang tetap tegar dan semangat.

    ReplyDelete
  18. Reminder untuk aku, supaya tetap optimis apapun yang terjadi.

    ReplyDelete
  19. salut sama Mbak Indah Nuria, semua sakit akan mereda kalau kita selalu bersyukur dan berpikiran positiv ya, let's go to be healty people.

    ReplyDelete
  20. Yap... semua nya sesuai skenario nya, tinggal bagaimana kita bersyukur menghadapi nya
    Semangat Mak Indah

    ReplyDelete
  21. Salut bgt dg makhluk satu ini. Selalu positif.

    ReplyDelete
  22. Ini dia yang bikin saya salut ama perjuangan mama bo :)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)