Stay Positive...yakin bahwa kanker bisa sembuh 
Never forget, cancer can happen to anyone, any women
~Indah Nuria Savitri~



Sebuah kalimat dari Mbak Indah yang selalu diyakininya sejak dinyatakan positif menderita kanker payudara 11 Juli 2014 lalu. Kanker, satu kata yang sangat mengerikan dan bisa mengubah hidup orang hingga 180 derajat.

Berawal dari sebuah general check up menyeluruh di New York, penyakit ganas ini terdeteksi. Memang, sebelum bertugas di kota tempat patung Liberty berada itu, Mbak Indah sudah merasakan ada benjolan payudara bagian kanannya. Melalui pemeriksaan sonogram, diinformasikan bahwa ada sesuatu di sana. Tapi baru saat benar-benar tinggal di New York, dokter menyarankan untuk pemeriksaan lengkap seperti Sonogram, Mamogram, dan biopsi.

Mbak Indah menjalani pemeriksaan di sela-sela kesibukannya di kantor PBB. Beliau masih aktif menjalani berbagai aktivitas. Semua ketakutan dan pertanyaan yang berkaitan dengan kanker selalu dijawab dengan menenangkan oleh tim dokter.

Tapi Tuhan sedang mencintainya lebih dalam, kekhawatirannya terbukti. Mbak Indah dinyatakan positif kanker payudara dan harus menjalani operasi mastektomi, rangkaian kemoterapi, dan operasi breast reconstruction.

Berada di lingkungan baru, jauh dari keluarga, dan vonis kanker adalah kombinasi yang membawanya pada titik terendah. Tapi Allhamdulillah, selalu ada orang yang memberi support setiap harinya yaitu suami dan kedua buah hati Mbak Indah, Bo dan Obi. Apalagi saat harus melakukan kemoterapi, Mbak Indah mengalami kerontokan pada rambut. Walaupun tidak sakit, tapi menghadapi kenyataan harus menjadi perempuan dengan kepala gundul sangatlah tidak mudah.

Support terbesar yang dilakukan suami untuknya adalah saat sama-sama mencukur habis rambut. Ada pepatah kalau rambut adalah mahkota perempuan, bisa saya bayangkan bagaimana perasaan Mbak Indah saat rambutnya mulai rontok. Satu demi satu, helai demi helai, habis sudah. Yang saya kagum, walau telah mencukur habis rambutnya, beliau tidak malu dan tetap menjalani aktivitas seperti biasa.

Dan setelah perjuangan panjang itu, hari ini mbak Indah adalah seorang survivor kanker payudara. Setelah puluhan kali bolak balik rumah sakit, rambut yang rontok sampai habis, saat-saat dimana kasur adalah teman sejati, kulit dan kuku yang menghitam karena obat, puluhan jarum suntik yang jadi saksi bagaimana ia terus berjuang untuk sembuh, anak-anak yang tidak putus asa untuk hidup ibunya … Mbak Indah melewatinya dan berhasil.

Untuk melakukan tindakan pencegahan supaya sel kanker tidak kembali lagi, Mbak Indah menerapkan 3 hal, yaitu :
  • Hidup lebih sehat dengan mengatur asupan makanan sehat di dalamnya. Saya sering sekali melihat menu sarapan dan makan siang Mbak Indah yang sehat. Hanya dengan buah dan sayur untuk sarapan. Sempat mikir gak laper ya sarapan seperti itu, tapi balik lagi demi kesehatan pasti bisa.
  • Olah raga teratur. Mbak Indah menjalani olah raga yoga tiap harinya supaya badan tetap fit.
  • Kurangi Stres. Dengan pekerjaannya yang segudang di kantor, belum lagi mengurus keluarga bisa dihinggapi rasa stres. Tapi Mbak Indah mampu mengatasinya, buktinya selalu semangat dan ceria dimanapun berada.

Untuk perempuan di mana pun berada ada baiknya untuk melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Dengan cara memeriksa dan meraba sekitar paryudara saat akan mandi atau tidur. Dari hal sederhana dan mudah ini bisa mendeteksi sedini mungkin jika ada benjolan. Jika sekiranya ada yang mencurigakan harus segera diperiksa ke dokter. Karena saat kanker ditemukan di tahap awal maka tingkat kesembuhan lebih besar, dibandikan saat ditemukan di tahap lanjut.

Mbak Indah yang selalu berbagi tentang kesadaran akan kanker melalui blognya mendapatkan perhatian dari banyak orang. Termasuk juga perhatian dari media seperti majalah Kartini Online. Selain itu juga beliau aktif sebagai survivor kanker dan mengkampanyekan gerakan "making strides", debgan mengumpulkan dana hingga jutaan dolar untuk membantu pasien yang didiagnosa sama dengannya. Tujuan berbagi ini adalah untuk menyemangati diri sendiri dan perempuan Indonesia.

Dari cerita yang dialami oleh Mbak Indah membuat saya ingin hidup lebih sehat lagi, karena ada keluarga yang masih butuh perhatian. Melakukan general check up juga penting ternyata supaya ada penyakit apapun terdeteksi lebih dini dan bisa disembuhkan dengan cepat.

Kata Mbak Indah "Semangat.. .Jangan pernah ragu bahwa Rabb selalu memberi skenario terindahnya untuk kita"