Sunday, November 26, 2017

Mengenal Keunggulan Air Cooler Demi Segarkan Udara Sekitar

Kondisi udara di sekitaran tentu saja bisa jadi pengaruh dari ragam faktor mulai dari perubahan iklim, polusi dan masih banyak lagi. Namun semenjak isu global warming yang kian menjadi bahan perbincangan, memang banyak yang merasakan jika udara kian lama menjadi seolah kian panas, terlebih ketika waktu tengah hari dengan matahari yang menemani. Kipas angin saja kadang tak cukup untuk bisa mengatasi kegerahan di kondisi seperti ini. Namun tenang karena kini sudah ada alat khusus yang bernama air cooler.



Prinsip kerja alat ini sebetulnya hampir sama dengan kipas angin. Perbedaannya adalah jika kipas angin menghasilkan penghembusan angin ke ruangan, maka alat yang satu ini mengkombinasikan hembusan angin dengan media air es, air dingin hingga ice pack. Dibanding hanya memakai kipas angin, alat ini mampu mendinginkan udara di sekitarnya hingga 5 derajat lebih rendah sehingga akan udara sekitar kian terasa sejuk. Perbedaan piranti ini dengan AC adalah dimana AC mendinginkan udara, namun piranti ini hanya sekedar menyejukkan saja.




Pada dasarnya penggunaan air cooler sendiri kini sudah mulai banyak di kawasan perkotaan mengingat udara perkotaan yang cenderung lebih panas. Umumnya tidak ada efek samping bagi kesehatan dalam pemakaiannya, namun memang ada jarak tepat pemakaian misalnya jarak aman adalah sekitar 4 meter dari tubuh untuk alat dengan tipe kecil. Mengingat alat ini bekerja demi meningkatkan kelembaban udara, maka ruangan pun akan menjadi lembab dimana jamur serta virus kerap muncul di kondisi ini. Untuk itu pastikan menempatkan alat ini di ruang dengan sirkulasi udara yang bagus.

Banyak sekali keunggulan yang dimiliki alat ini, yaitu:

  • Mampu menghasilkan udara lebih sejuk di dalam ruangan jika dibanding kipas angin yang biasa.
  • Tetap mampu bersinergi pada ruang terbuka dengan baik sehingga bisa dipakai di ruang tertutup maupun terbuka, tak seperti AC yang hanya bisa dipakai di ruang tertutup saja.
  • Harganya relatif lebih murah apabila dibanding harga AC dan juga tidak butuh instal rumit ketika pemasangannya.
  • Untuk konsumsi listrik pada alat ini pun lebih rendah sehingga penghematan listrik tetap bisa dijalankan. Beberapa merek bahkan bisa membebankan hanya 60 hingga 100 watt saja ketika penggunaan awalnya dan 50 watt setelah berjalan. Coba bandingkan dengan AC yang sekali hidup bisa makan 300 watt.
  • Perawatan dan pengoperasian juga tidak sulit.
  • Bisa dibawa kemana-mana karena memang didesain portable sehingga bisa memindahkannya ke ruangan lain jika dibutuhkan.

Ternyata banyak sekali keunggulan yang dimiliki alat yang satu ini bukan? Untuk menjaga kondisinya selalu baik, maka tentu saja kita juga harus tahu cara perawatannya diantaranya:

  • Gantilah air yang ada di tangki tiap 3 hari sekali lalu bersihkan tangkinya tiap sebulan sekali. Caranya pun mudah karena kamu hanya butuh menyemprot air bertekanan ke permukaan tangki sehingga debunya bisa rontok lalu lap dengan kain.
  • Lanjut dengan bersihkan filter airnya tiap sebulan sekali dengan rutin. Dengan begitu filter bisa berfungsi secara optimal saat penyaringan debu atau kotoran.
  • Jaga selalu kebersihan bagian filter imlet dan ounlet sehingga bisa dioperasikan secara total.


Untuk mendapatkan air cooler  kini bisa pesan secara langsung di situs belanja online terpercaya. Harganya pun bervariasi dan hanya mulai dari ratusan ribu saja. Murah namun punya banyak manfaat bukan?

No comments:

Post a Comment