Monday, November 20, 2017

Mengenal Kawasan Kota Baru Maja

To build a city where it is impossible to build a city is madness in itself, but to build there one of the most elegant and grandest of cities is the madness of genius - Alexander Herzen



Bagi mereka yang mengetahui dan gemar main Minecraft pasti sudah tidak asing lagi ya dengan membangun sebuah kota baru sesuai dengan yang ada di pikiran mereka. Begitu pula dengan anak-anak di rumah, suka sekali membangun dan menciptakan kota baru. Meskipun ini hanya permainan tapi tidak mudah loh membuat sebuah kota baru seperti ini, karena diperlukan keterampilan khusus  layaknya seorang arsitektur bagaimana membuat pondasi, terbuat dari apa material untuk pembangunan rumah atau gedung dan lainnya.

Lalu, apakah di kehidupan nyata kita bisa menciptakan sebuah kota baru? Jawabannya tentu saja bisa. Pemerintah sejak beberapa tahun lalu sudah menetapkan akan membangun 10 kota baru di Indonesia. Di dukung oleh Kementerian Perumahan Rakyat maka kota pertama yang dibangun sejak 2015 lalu adalah Kota Baru Maja di Banten. Siapa sangka Maja yang berada jaduh di pedalaman Banten, kini bisa menjadi salah satu kota baru yang siap dipublikasikan pada masyarakat.

Maja merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Keseriusan pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan lewat 10 kota baru akhirnya bisa terlaksana. Banten sebagai salah satu kota baru yang dicanangkan pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2017 terus menyelesaikan pembangunannya. Dalam membangun kota baru, tentu saja harus didukung dan dibantu oleh berbagai pihak, tidak hanya menyediakan perumahan, infrastruktur, juga transportasi yang memudahkan menuju lokasi.

Proyek Kota Terpadu Citra Maja Raya ini merupakan proyek besar yang dibangun oleh Ciptura Group dan bekerja sama dengan PT. Hanson International Tbk, dan PT Putra Asih Laksana. Kota baru Maja ini baru saja diresmikan oleh Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada hari Sarbu, 18 November 2017 lalu.

Foto : Dewi Sulistiawaty


Cara Menuju Ke Citra Maja Raya

Sebagai kota baru tentunya pengembang harus memikirkan moda transportasi yang bisa digunakan masyarakat dari Maja dan menuju tempat bekerja yang mayoritas berada di daerah Jakarta. Beruntung sekali proyek ini didukung oleh Kementerian Perhubungan yang sudah membuka akses KA Commuter line, Rel Double Track, dan sarana stasiun yang modern.

Kami pun ikut serta mencicipi pengalaman naik Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Maja. Oh ya Commuter Line yang bisa dinaiki ada dua jurusan lho menuju Stasiun Maja. Kereta jurusan Maja itu sendiri atau jurusan Rangkas Bitung. Waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam, lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan mobil.

Tentang Citra Maja Raja

Menurut Direktur Utama PT. Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata Citra Maja Raya akan dikembangkan seluas 2000 Ha. Akan ada sekitar 10.000 unit rumah yang dibangun ,dan 8.000 unit  diantaranya adalahrumah  untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program sejuta rumah yang sudah dicanangkan. Bukan hanya itu, nantinya juga akan disediakan 1.000 unit perumahan khusus MBR Bersubsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disediakan oleh pemerintah.

Wah ini berita baik  bagi mereka yang menginginkan rumah milik sendiri nih. Semoga saja tidak hanya dikembangkan di Maja saja ya.

Saya juga sempat melihat rumah contoh tipe RS di kawasan Kintamani yang memang dikhususkan untuk kawasan MBR. Kebetulan rumah contoh yang dilihat sudah dilengkapi dengan furniture, setidaknya pembeli dan pengunjung punya gambaran seperti apa nantinya rumah yang akan dimiliki.



Oh ya, rumah yang dikembangkan oleh Citra Maja Raja sudah mendapatkan pengakuan di bidang pembangunan yang berwawasan lingkungan dan memperoleh sertifikasi EDGE (Excellent Design for Greater Efficiency) lho dari lembaga International IFC (International Finance Corporation). Sertifikat ini diberikan kepada rancangan rumah yang memiliki kinerja penempatan energi dalam berbagai aspek. Hal ini diwujudkan komitmen korporasi dalam memberikan produk berkualitas kepada konsumen sejakan dengan program EcoCulture.

Foto : Dewi Sulistiawaty

Nantinya Citra Maja Raya ini juga akan terus dikembangkan sebagai kawasan perumahan skala kota menrutu Bapak Budiarsa. Dengan dilengkapi fasilitas kota lainnya seperti komersial Eco Plaza, Pendidikan, Kesehatan, Sport Club, Shutlle bus, Terminal dan fasilitas umum lainnya.

Kedepannya diharapkan Kota Baru Maja sebagai kawasan prioritas pembangunan oleh pemerintah dapat menjadi destinasi pertumbuhan ekonomi baru di Lebak, Banten.

Ciputra Group Pionir Pengembangan Kota Baru

Siapa sih yang tingakkenal dengan Bapak Ciputra, pengusahan properti yang sukses. Ciputra Group kali ini ikut berperan dalam proyek CItra Maja Raja, di Lebak, Banten. Sesuai dengan master plan-nya bahwa Citra Maja Raya dikembangkan dengan konsep kota terpadu berbasis TOD (Transit Oriented Development)

Karena sudah berpengalaman dalam menciptaan kota baru di berbagai wilayah di Indonesia ini menjadikan Ciputra Group sebagai pioner. Dan sudah terbukti dapat mengembangkan sebuah kawasan ekonomi baru di daerah tersebut.

Mau cari informasi atau mungkin tinggal di kota baru yang terpadu? bisa menghubungi

Informasi :
Citra Maja Raya
+62-21-5960888
info@citramaja.com
http://citramaja.com/

6 comments:

  1. Mungil, tapi cakep. Sekarang mah mending milih yang model minimalis aja ya, Lid.

    ReplyDelete
  2. Whoaa.. 2000 Ha, luas sekali ya. Kedepannya kalo sudah ramai penghuninya, Citra Maja Raya bisa jadi pusat ekonomi baru di Banten nih ya sepertinya :)

    ReplyDelete
  3. Perumahan MBR cukup lengkap ya fasilitas nya.

    ReplyDelete
  4. Rumah contohnya kece banget itu penataan ruangnya, biar kata RS, tp klo pinter ngatur isi ruangan jd nyaman yaa

    ReplyDelete
  5. Wah senengnya, kebetulan suamiku jg sudah ngajak ke Maja nich. Mau lihat ke sana ach, sudah ada rumah contohnya ya? seep, makasih ya mbak lidya infonya

    ReplyDelete
  6. Developer nya ga diragukan lagi ya jadi pengen punya rumah disana hehe.

    ReplyDelete