Thursday, September 21, 2017

Pilihan Pakaian Wanita Yang Sering Digunakan Pada Resepsi Pernikahan


Fashion has two purpose : comfort and love. Beauty comes when fashion succeeds - Coco Chanel

Trend pakaian selalu berganti dan berubah dari waktu ke waktu, bahkan pakaian yang dulunya pernah ngetrend bisa kembali trend kembali  di masa sekarang. Berbagai mode pakaian yang ada boleh-boleh saja diikuti, tapi sebaiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Tidak semua mode pakaian cocok dipakai untuk semua orang.

Seperti yang dikatakan oleh Coco Chanel bahwa fashion itu paduan dari kenyamanan dan kesukaan. Kalau sudah nyaman dan menyukainya maka busana itu akan terlihat indah. Buat saya yang tidak terlalu mengerti fashion  pastinya akan memilih model pakaian yang saya sukai. Walaupun sedang trend, tapi kalau tidak suka maka tidak akan saya pakai.




Beberapa teman dekat yang sudah terbiasa melihat saya berpakaian akan tahu model mana yang akan saya pilih. Begitu pula waktu jalan sama Mbak Ade Anita di sebuah mall, kami mampir lihat-lihat pakaian. Mbak Ade langsung bilang "ini modelnya bajunya Lidya Banget", hehehe tau aja selera saya yang seperti apa.

Saat ada resepsi pernikahan baik keluarga atau teman, biasanya perempuan yang akan lebih lama memutuskan pakaian mana yang akan dipilih untuk dipakai. Kadang-kadang dari jauh hari sebelumnya sudah dipersiapkan. Beda dengan sama laki-laki, paling mereka mengambil kemeja batik, simple sekali ya. Tak jarang perempuan akan membeli pakaian baru atau menjahit demi ke sebuah acara.

Dalam memilih pakaian yang akan dipakai ke resepsi biasanya juga di sesuaikan dengan lokasinya, jangan sampai saltum atau salah kostum. Misalnya resepsi yang lokasinya di rumah sederhana, ya jangan sampai pakai baju yang terlalu glamour, bisa-bisa jadi tontonan orang :)

Berikut ini beberapa jenis pakaian wanita yang biasa saya gunakan saat menghadiri resepsi pernikahan:

Rok dan Blus

Kalau mau terlihat sedikit feminin, saya biasa menggunakan rok dan blus saja. Roknya pun saya pilih yang agak lebar atau bentuk A. Yang saya gunakan pada foto ini adalah jenis rok lilit yang praktis penggunannya. Biasanya kalau menggunakan rok lilit seperti ini, setelah menghadiri resepsi biasanya akan mengunjungi tempat lain yang lebih santai. Nantinya rok ini tinggal dilepas saja, karena saya sudah mendouble dengan celana panjang di dalamnya.



Batik

Nah, jenis pakaian yang terbuat dari batik ini lebih beragam dan mudah ditemukan. Bisa memilih model rok, dress, blus, outer dan lain-lain. Kalau dalam foto ini saya membeli batik sarimbit yang seragam dengan suami dan anak-anak. Jenis batik juga beragam, ada batik tulis, batik cap, dan batik lukis.


Dress

Saya lebih suka memakai dress panjang dengan model ada pinggangnya, bukan lurus dari atas sampai bawah. Jadi agak membentuk pada bagian pinggangnya. Mungkin kalau dressnya lurus bisa ditambahkan ban pinggang atau obi supaya agak lebih berbentuk.

Kebaya

Kalau kebaya sih paling jarang saya gunakan ke resepsi pernikahan, kecuali memang itu keluarga dekat dan dijadikan seragam keluarga. Sebenarnya kebaya tidak harus dipasangkan dengan kain kok, kalau ingin terlihat lebih santai bisa dipadukan dengan celana panjang.

Apapun model pakaian yang dipilih, yang penting kita pede memakainya dan di sesuaikan dengan lokasinya. Bukan hanya pakaian saja yang biasa disiapkan oleh perempuan lho, tapi pernak pernik lainnya juga turut disiapkan seperti :
  • Tas yang dipilih juga beragam seperti clucth yang kecil atau yang menggunakan tali. Tak jarang juga saya melihat mereka yang menggunakan tas besar, biasanya untuk membawa perlengkapan bayi yang di bawa ke resepsi pernikaha.
  • Sepatu atau sandal (biasanya dengan hak tinggi atau wedges). Yang paling sering saya gunakan wedges bukan high heel.
  • Aksesori untuk pakaian atau hijab, seperti bros, kalung, gelang, atau jam tangan.
Wah, repot juga ternyata ya jadi perempuan, padahal cuma mau ke resepsi aja :) Gak juga kok, itu semua bisa disiapkan dengan cepat. Dengan berpakaian pantas, maka ikut menghormati pengundang. Kalau kamu sukanya pakai model seperti apa kalau menghadiri resepsi?

Untuk inspirasi pakaian yang akan digunakan bisa lho ngintip online shop yang menyediakan fashion wanita, dari sana biasanya bisa mendapatkan ide mau pakai apa. Kalau ada yang cocok degan model dan harganya boleh lah dibeli sesuai kemampuan. Tapi tidak selamanya menghadiri resepsi harus menggunakan yang baru ya, bisa di mix n match aja dari pakaian yang lama.

No comments:

Post a Comment