Navigation Menu

Ketahui Kegunaan dari Sebuah Kalkulator Sebagai Alat Hitung

Kalkulator merupakan sebuah alat hitung yang dapat digunakan untuk memecahkan semua masalah dalam hal perhitungan. Bagi seorang pelajar yang masih duduk di bangku sekolah mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat hitung ini. Dimana penggunaannya sering berada di meja sekolah. Alat penghitung ini digunakan sebagai alat untuk menjabarkan sebuah rumus yang sulit untuk diketahui kedalam deskripsi yang tepat. Dari perkembangannya, dahulu ketika seseorang ingin menghitung maka menggunakan alat sempoa. Hingga kini munculnya sebuah alat hitung modern yang telah terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis biasa dan jenis ilmiah.




  • Jenis biasa,
Merupakan jenis alat hitung yang memiliki tombol lebih minimalisir atau lebih sedikit dibanding dengan jenis ilmiah. Dimana pada jenis ini memiliki bentuk fisik yang telah disesuaikan dengan fungsi kegunaannya yaitu sebagai alat hitung biasa.

  • Jenis ilmiah,
Merupakan jenis alat hitung yang memiliki tombol lebih banyak dibanding dengan jenis biasa. Pada jenis ilmiah ini biasanya digunakan untuk memecahkan angka yang lebih rumit, seperti pada rumus trigonometri dan lainnya.

Seseorang menggunakan kalkulator bukan hanya untuk sekedar menghitung angka yang sederhana saja, tapi terkadang juga digunakan untuk memecahkan angka yang lebih kompleks. Dalam kegunaan inilah maka saat ini banyak sekali alat hitung yang memiliki fungsi lebih besar dan luas dengan tombol-tombol yang lebih lengkap. Keuntungan dari sebuah alat hitung ini sangat banyak sekali. Terlebih jika alat ini digunakan dalam pelajaran matematika yang perhitungannya masih sederhana serta perhitungan yang sudah rumit. Beberapa keuntungan yang dapat terlihat yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan untuk mengembangkan konsep,
Walaupun sifatnya sebagai alat hitung tapi jenis alat ini bukan hanya digunakan untuk menghitung karena alat ini bisa digunakan untuk mengembangkan konsep. Bagi para pelajar akan mampu mengembangkan konsep pada bidang ruang lingkup bilangan dan perhitungan.

  1. Dapat digunakan untuk drill,
Adanya sebuah alat hitung berupa alat ini yaitu dapat digunakan untuk drill. Dimana para pelajar tidak perlu menggunakan komputer maupun PC ketika melakukan perhitungan. Jadi, adanya sebuah alat hitung ini dapat dikatakan bahwa seorang pelajar akan lebih terasah dalam hal keterampilan dasar.

  1. Dapat meningkatkan pemecahan masalah,
Ketika seorang pelajar dihadapkan pada soal perhitungan pastinya mereka akan lebih berkonsentrasi dalam memecahkan masalah pada angkat tersebut. Angka yang diberikan pada setiap soal merupakan bilangan nyata dengan angka realistis. Bilangan tersebut bisa dibilang lebih tinggi dari pikiran yang mereka bayangkan, tapi adanya sebuah alat hitung inilah maka bilangan dapat terpecahkan. Jadi, penggunaan alat hitung sangat berguna dalam meningkatkan pemecahan masalah baik bilangan sederhana maupun bilangan rumit.


Begitu banyak manfaat yang didapat dari sebuah alat yang bernama kalkulator ini, maka dapat disimpulkan bahwa alat hitung ini bukan hanya dapat memecahkan sebuah masalah perhitungan sederhana, tapi juga bisa memecahkan masalah pada angka yang sulit. Alat hitung tersebut bukan hanya digunakan pada pelajaran matematika saja, karena dari perkembangannya jenis ilmiah bisa digunakan untuk memecahkan masalah pada bidang ilmu pengetahuan lain. Alat hitung ini bukan hanya digunakan oleh para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah saja, namun para profesi seperti astronom. Profesi ini juga sangat membutuhkan alat hitung tersebut untuk bisa memecahkan sebuah masalah dalam hal perhitungan jarak.

0 comments: