Navigation Menu

Asal Ada Samsung Galaxy S8, Ketinggalan Dompet Pun Tidak Masalah

Pernah mendengar joke yang sering dikatakan banyak orang, bahwa lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggan ponsel atau smartphone? Apakah kebiasaan ini bisa dikategorikan dengan nomofobia?

Istilah nomofobia pertama kali muncul pada tahun 2010, yaitu sindrom ketakuan saat tidak mempunyai ponsel atau tidak mempunyai akses pada ponsel. Jaman makin berkembang, ketergantungan akan ponsel tidak hanya untuk kebutuhan menelpon atau sms saja. Sebuah ponsel sekarang harus mempunyai akses data ke internet. Baik sekedar chat, browsing, belanja, bahkan melakukan berbagai aktivitas.



Kalau saya apakah sudah termasuk kategori nomofobia? Bisa ya atau tidak. Sebenarnya tergantung kebutuhan juga kok. Adakalanya harus menyimpan ponsel pasti saya lakukan, seperti sedang nonton bioskop atau ke masjid.  Tapi saat pergi dari luar rumah untuk melakukan berbagai aktivitas, wajib buat saya untuk membawa ponsel.

Lupa membawa ponsel? pasti saya akan kembali lagi ke rumah untuk mengambilnya. Lain halnya saat saya ketingalan dompet, apalagi jarak ke rumah untuk balik lagi lumayan jauh. Biasanya saya ga akan  balik lagi, dengan syarat ada ponsel yang saya bawa. Loh...loh... ga takut nanti kalau butuh uang untuk transaksi?. Tenang aja semua transaksi saat ini bisa dilakukan dari ponsel melalui aplikasi sesuai kebutuhan. Tentunya semua harus sudah diisi saldo di masing-masing aplikasi.

Untungnya saat ini ada Samsung Galaxy S8 yang dapat membantu aktivitas harian saya dalam bertransaksi. Bukan hanya itu saja sih kemampuan smartphone ini memang mumpuni. Dengan kapasitas baterai 3000 mAh membuat saya seharian bisa menggunakan ponsel ini tanpa harus takut kehabisan baterai, tentu saja dengan catatan tidak terlalu banyak chat ya.

Ditunjang dengan jaringan 4G makin cepat saya mengakses segala sesuatu yang membutuhkan koneksi internet. Apalagi ukuran ponselnya sesuai dengan saya yang suka ukuran besar yaitu 5,8 inch. Dilengkapi dengan fasilitas finger print dan irish scanner. Bukan hanya mendeteksi sidik jari tapi juga mendeteksi retina mata.

Berikut daftar aplikasi wajib di Smartphone yang bisa  saya gunakan dengan Samsung Galaxy S8, tanpa harus mengeluarkan uang cash atau membawa dompet sekali pun, yaitu :

Perbankan

Transaksi online perbankan saat ini sudah bisa diakses secara mobile baik menggunakan MBanking maupun Bank Online dari web. Mau transfer uang, bayar belanjaan, isi pulsa, atau lain-lainnya semuanya sudah bisa dilakukan dari ponsel. Beberapa bank masih menggunakan token untuk transaksi online via web, namun bank lainnya sudah menerapkan sistem password atau pin yang dinamakan OTP atau One Time Password yang dikirimkan melalui sms ke nomor yang terdaftar.

Waktu saya tidak bawa dompet, dengan mudah saya masih bisa beli makan, atau membeli kebutuhan di kantor. Tinggal pinjam uang saja ke teman, lalu saya menggantinya dengan transfer. Pernah juga malah ditraktir makan hehehe, ini bukan modus loh, murni ketinggalan dompet kok.

Kendaraan Online

Melalui aplikasi kendaraan online baik motor, maupun mobil bisa dipesan melalui ponsel.  Yang paling penting di sudah ada saldo pada aplikasi, jadi tidak perlu membayar secara cash. Saat tidak membawa uang atau dompet ini menjadi andalan saya. Makanya jangan lupa untuk selalu top up saldo ke aplikasi, selain tujuannya lebih mudah juga lebih murah, karena beberapa penyedia aplikasi memberlakukan sistem diskon juga membantu saat tidak membawa uang cash.

Dompet Elektronik atau E-Wallet

Membawa dompet elektronik lebih mudah, aman, praktis , dan lebih hemat. Ga perlu bawa dompet hehehe. Penggunaan e-wallet ini bekerja sama dengan bank tertentu. Dalam satu ponsel bisa kok menggunakan beberapa aplikasi dompet elektronik dari bank yang berbeda. 

Saat ini dompet elektronik juga sudah bisa bertransaksi di minimarket atau commuter line. Tinggal tap stiker khusus yang biasanya bekerja sama dengan provider telco. Top up-nya bisa dilakukan melalui atm atau internet banking.

Dari semua daftar aplikasi yang saya miliki di atas bisa didownload melalui smartphone  Samsung Galaxy S8. Dengan OS terbarunya Nougat mampu menjalankan berbagai aplikasi yang berat sekaligus, karena memiliki RAM yang cukup tinggi yaitu 4GN. Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan Samsung Pay yang terintegrasi dengan Visa, MasterCard certified sehingga memudahkankan kita bertransaksi melalui smartphone.

Dompet ketinggalan? ga perlu khawatir lagi pakai saja aplikasi yang berada pada smarthone. Bisa kok menggunakan ponsel dengat bijak tanpa harus mengalami  nomofobia


1 comment:

  1. keren ini smartphonenya...
    semua aplikasinya membantu banget ..
    bener mbak Lid, kalau ketinggalan hp mah kudu balaik lagi

    ReplyDelete