Navigation Menu

Rumah Pintar Terkoneksi Lampu Pintar Dari Philips Hue


The right light is designed to be seen - Sebuah cahaya bisa mempengaruhi mood


Saat dalam perjalanan tiba-tiba teringat lampu teras rumah belum dinyalakan, duh padahal hari ini bakal malam sampai rumah. Ada rasa kekhawatiran saat meninggalkan rumah kosong namun lampu mati. Akan terlihat dari luar kalau di rumah tidak ada penghuninya. Sebetulnya sih khusus lampu teras sudah kami pasang fitting lampu khusus yang memilki sensor khusus supaya bisa menyala dan mati sendiri lampunya berdasarkan cahaya matahari. Tapi ya percuma saja kalau saklarnya dalam keadaan mati.

Ada gak sih lampu yang bisa membantu kami dalam keadaan lupa seperti ini?

Jawabannya ada, kebetulan sekali nih saya menghadiri Philips Lighting Week Blogger Gathering pada hari Sabtu, 19 November 2016 lalu di Atrium Senayan City, Jakarta. Di sana saya dan teman-teman Blogger akan mengetahui tentang Philips Hue yang bisa membantu kita semua dalam hal pencahayaan.  Hadir sebagai pembicara siang ini adalah Indah Suzanti (Product Marketing Home PT. Philips Indonesia) dan Ario Pratomo (Pengusaha dan Tech Vlogger).



Menurut Ibu Indah Suzanti ini adalah persembahan dari Philips Lighting yang menghadirkan inovasi modern. Dengan hadirnya Philips Hue bisa memberikan tampilan yang berbeda pada tiap ruangan di rumah dengan pencahayaan yang dapat diatur. Semua aktivitas bisa dijalankan dengan mudah hanya dalam satu genggaman saja.

Bapak Ario Pratomo juga memberikan pengalamannya setelah menggunakan Philips Hue di rumahnya. Bapak Ario dalam kesehariannya menghabiskan waktu di dalam ruang kerjanya, sehingga harus dibuat sedemikian rupa agar tetap nyaman. Dengan menggunakan Philips Hue , Bapak Aryo bisa mengatur pencahayaan di ruang kerjanya. Dengan 16 juta warna aktivitas pekerjaannya akan tetap semangat dan mempengaruhi moodnya untuk bekerja.

Ternyata pencahayaan itu juga penting untuk kesehatan. Misalnya untuk tidur sebaiknya tidak menggunakan lampu yang terang. Menggunakan lampu tidur berwarna merah lebih baik agar tidak menggangu siklus tidur. Tiap warna bisa menimbulkan efek yang berbeda.Pada bidang design interion pencahayaan juga merupakan hal yang penting bisa.

Philips Lighting Week 

Sebuah pameran yang menampilkan sistem dan pencahayaan inovatif dari Philips Lighting. Dimana Philips yang mempunyai komitmen memberikan pencahayaan lebih dari sekedar penerangan (Light Beyond Illumination). Pada pameran kali ini Philips menghadirkan sistem pencahayaan yang terkoneksi untuk rumah dan kota pintar (smart home, smart cities).


Pada pameran ditampilkan Monas sebagai icon kota Jakarta yang diberikan pencahayaan dengan lampu warna warni. Untuk orang awam pastinya akan berfikir rumit ya, akan banyak peratalan yang diperlukan untuk menampilkan banyak cahaya lampu untuk menyinari monumen tersebut.

Siapa sangka untuk menyinari monumen tersebut hanya membutuhkan Philips Hue yaitu lampu pintar dan dapat terkoneksi dan memudahkan kita semua.

Nah Philips Hue juga bisa diaplikasikan untuk pencahayaan di rumah loh. Jadi tidak hanya sebuah monumen atau bangunan pencakar langit saja yang terkoneksi dengan lampu pintar. Sekarang berkenalan dulu ya dengan Philips HUE.

Philips HUE, sebuah pencahayaan terkoneksi nomor satu di dunia untuk pencahayaan rumah. Menawarkan cara revolusioner untuk pengalaman dan interaksi dengan cahaya rumah. Mendefinikan ulang bagaimana teknologi LED digunakan dan membuat cahaya terintegrasi dengan dunia untuk meningkatkan kehidupan kita.

Yang dibutuhkan untk membuat lampu pintar di rumah persembahan Philips HUE adalah :
  • HUE Starter Kit WCA
  • HUE Single Bulb
  • HUE Go
  • HUE Lightstrip Plus 2m
  • HUE Lightstrip Plus 1m Ext
  • HUE Bridge
  • HUE DIM Switch
Kelebihan Philips HUE adalah pencahayaan yang terkoneksi dapat dikontrol melalui aplikasi, tombo, suara. Semua software ekosistem Philips Hue adalah open source dan semua produk compatible dengan Philips Hue.

Asyik kan dimana pun kita bisa mengontrol semua pencahayaan lampu di rumah. Tidak ada kata lupa lagi deh lampu belum dinyalakan atau tidak. Tidak hanya itu saja Philips Hue bisa mengontrol semua pencahayaan di rumah seperti perubahan warna lampu, redup atau terang lampu di sebuah ruangan. Semuanya bisa diatur dalam satu genggaman melalui smartphone kita hanya dengan mendownload aplikasi Philips Hue di App Store atau Google Play

Aplikasi yang didownload bisa menjalankan perintah yang kita ingin kan hanya dengan membuka aplikasinya. Juga menerima perintah suara, praktis bukan. Mau baca buku, tidur, santai atau berbagai kegiatan pencahayaannya bisa disesuaikan melalui sentuhan pada aplikasi.


Setelah mendownload aplikasi kita bisa mengontrol ruangan.


Video berikut bisa dilihat bagaimana mudahnya aplikasi Philips Hue untuk merubah pencahayaan di rumah.




4 Cara Mudah Mengaplikasikan Philips Hue di rumah


Cara kerja Philips Hue ini intinya adalah ada Bridge, router dan koneksi internat. Semua perintah akan bekerja melalui alat-alat tersebut.


Lalu, Philips Hue itu bisa diaplikasikan di ruangan mana saja sih di rumah? Semua ruangan bisa diaplikasi kan kok. Malah lebih hemat juga karena tidak perlu memasang berbagai macam lampu dengan warna yang diinginkan. Cukup melalui aplikasi semua warna bisa dipilih. Maklum lah di rumah isinya tidak hanya satu orang, tentu saja mempunyai keinginan yang berbeda sesuai dengan mood atau kegiatan yang sedang dijalaninya.

Pencahayaan di kamar tidur yang bisa berubah warna sesuai keinginan dan mood seseorang yang akan tidur.

Pencahayaan di ruang TV

Di ruang makan pun pencahayaannya bisa di atur

Begitu pula pencahayaan diruang tamu

Bekerja lebih konsentrasi dan rilexs dengan pencahayaan dari Philips Hue


Wah asyik ya Rumah Pintar Terkoneksi Lampu Pintar Dari Philips Hue. Kita bisa menikmati pengalaman tanpa batas untuk pencahayaan, bebas berekspresi. Karena Philips Hue memiliki 16 juta warna yang bisa disinkronisasi dengan lagu atau film. Aplikasi yang sudah didownload pada smartphone, kita bisa mendownload gambar lain yang nantinya warna pencahayaan pada gambar tersebut bisa diaplikasikan pada pencahayaan ruangan di rumah.

Menciptakan momen sesuai dengan aktivitas dengan Philips Hue, semuanya bisa diatur. Gak akan lupa lagi deh mematikan lampu dan menyalakan lampu walaupun sedang tidak berada di rumah. Karena sudah terkontrol dengan Philips Hue yang sudah terkoneksi dengan aplikasi pada smartphone.

Jadi, yakin dong kalau Philips Hue bisa membantu kita punya rumah pintar. Pada event Philips Ligting Week yang berlangsung tanggal 14-20 November lalu, pengunjung bisa melakukan pre-order Philips Hue di counter Lazada. Berbagai penawaran menarik diberikan saat promosi pre-prder berlangsung diantaranya adalah hadiah langsung Philips Hue Single Bulb senilai 800 ribuan untuk setiap pembelian Philips Hue Starter Pack. Dan berbagai hadiah menarik lainnya seperti hadiah langsung POlo Shirt Hue dan berkesempatan mengikuti lucky dip.

0 comments: