Navigation Menu

Pentingnya Content Marketing Strategy Untuk Bisnis Online


Bisnis online atau offline? keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di era digital seperti saat ini karya UKM



Rumah Baju Ambu


Ibu Lisma D. Gumelar owner dari Rumah Baju Ambu yang juga istri dari Miing alias Deddy Gumelar menekuni bisnisnya dari nol. Sebagai anggota UKM binaan Smesco yang juga menjabat sebagai ketua ikatan perancang busana muslim,Ibu Lisma mendirikan Rumah Baju Ambu pada tahun 2006.

Dulunya beliau bekerja pada salah satu Bank dan memutuskan untuk menggeluti usaha sendiri di rumah. Berawal dari kecintaannya membuat dan mendesain pakaian yang dipakainya sendiri. Akhirnya bisa menjadi bisnis yang bisa diandalkan saat ini. Banyak teman-teman dari Ibu Lisma yang menyukai pakaian yang dikenakannya dan ikut memesannya. Pakaian yang dibuatnya memang bisa dipakai untuk kaum muslim tetapi bisa juga dipakai oleh siapapun yang tidak berhijab. 

Untuk pemasaran produk-produknya Ibu Lisma melakukan secara mobile dan menjual langsung di rumah produksinya di Bandung. Yang kemudian beralih melalui pameran-pameran baik di dalam maupun luar negeri. Saat bergabung di ikatan perancang busana muslim, beliau merasakan peluang yang lebih besar di bisnis ini.

Langganan Ibu Lisma banyak juga yang berasal dari luar daerah sepeti Sumatera, Makasssar dan daerah lainnya. Kebanyakan sih mereka yang mempunyai butik untuk memesan pakaian pada Ibu Lisma untuk dijual kembali.

Dulu beliau pernah memasarkan produknya secara online melalui web. Tetapi beliau menemukan produknay dijiplak dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Padahal Ibu Lisma sudah membuat pakaiannya dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Dari situ Ibu LIsma tidak lagi mengupload foto-foto produknay secara online, karena pakaian yang dibuatnya tidak dibuat secara masal melainkan segmented.

Pakaian yang dibuat oleh Ibu Lisma dibuat dengan kualitas sesuai dengan art fasion. Seperti adanya aplikasi corneli (dibuat diatas tile dengan mesin khusus) pada pakaian yang dibuatnya.

Dari bisnisnya ini juga Ibu Lisma telah membuka lapangan pekerjaan bagi lingkungan di sekitarnya. Dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk membantunya. Saat ini jumlah pekerjanya ada 29 orang.


Salah satu pakaian rancangan Ibu Lisma yang bertema Traditional Glamour Carving. Pakaian yang dibuat terinspirasi dari keunikan seni ukiran tradisional yang ada di Indonesia dan menggunakan sistem corneli.


Bursa Sajadah Online


Bapak Derry dari Bursa Sajadah Online memaparkan tentang bagaimana sih Bursa Sajadah bisa memasarkan produknya secara online. Sebagai toko perlengkapan muslim dan oleh-oleh haji dan umroh berdiri pada tahun 1998. Awalnya Bursa Sajadah hanya menjual produk-produknya secara offline. Barulah pada tahun 2015 mulai menjalankan produknay secara online.

Walaupun dijalankan secara online tapi Bursa Sajadah juga mengajak pengunjungnya untuk datang langsung ke tokonya. Jadi dengan kata lain pengunjung melihat-lihat produk secara online dan ketika membeli mereka datang langsung ke toko. Di sini peranan online terhadap offline sangat penting sebagai katalog online.

Kelebihan berjualan secara online yang dipasarkan melalui web, blog, sosmed dan affiliasi adalah semuanya mudah di track. Tidak seperti berjualan secara offline, tidak bisa langsung bisa di track.

Di Indonesia menurut bapak Derry masyarakatnya lebih menyukai bertransaksi melalui dua arah seperti chat. Begitu pula dengan pelanggan bursa sajadah, 75% transaksinya juga melalui chat. Pemasaran produk-produk yang ada di bursa sajadah juga dipasarkan melalui market place.

Dalam memasarkan produk secara online kita harus konsistensi dalam hal foto. Dan mencantumkan deksripsi yang lengkap untuk memudahkan pembeli. Sedangkan untuk strategi marketing yang dijalankan melalui facebook ads dan google adwords.


Digital Consultant


Bapak Edwin SA sebagai principal and head of consulting Bangwin Consulting juga memberikan sharing tentang konten marketing. Dimana konten marketing itu sendiri adalah cabang marketing yang berkembang dan jawaban dari kelelahan banyak orang yang melihat iklan. Cerita atau konten sangat penting agar bisa bersaing dengan produk lain.

Peranan konten editor dalam suatu web bisnis online juga penting. Dengan memberikan manfaat lebih dan solusi saat menjual secara online. Karena saat melakukan bisnis online kita harus memikirkan bagaimana berkoneksi dengan pembeli.

LLP Smesco


Bapak Bagus Rahman dari Pengembangan LLP Smesco mengatakan bahwa Smesco membantu para UKM dengan memberikan Co Working space khusus di Semco bagi yang ingin berjualan secara offline. UKM online di Indonesia menurut bapak Bagus masih sangat sedikit. Menurut survey pembeli online terbanyak saat ini ada dibagian fashion.

Smesco Trade didirikan dan dikembangkan agar bisa menjadi market place terbesar di Indonesia. Smesco Trade mempunyai keunggulan karena mempunyai toko online dan offlne, wajar saja kalau mempunyai target pada tahun 2021 menjadi market place. Yang unik di Smecotrade akan menjadi market place yang menjual produk-produk Indonesia 


Product Coaching



Di sesi terakhir mbak Sefa Firdaus menjelaskan cara mengambil foto produk yang bagus. Namanya akan berjualan online tentu saja foto produk adalah hal utama yang harus diperhatikan. Masa sih jualan produk online tapi fotonya asal-asalan, tidak akan menarik pembeli bisa-bisa.

Mbak Sefa menerangkan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat mengambil gambar untuk produk. Mulai dari backdrop, kamera, lighting, detil yang harus diperhatikan sampai post production. Pesan Mbak Sefa jangan takut untuk mengedit foto supaya tampak lebih bagus. Bukan untuk memperbaiki tapi untuk mempercantik.

0 comments: