Navigation Menu

5 Keunggulan Batik Tulis Pada Model Batik Couple yang Dikenakan

Tampil modis dan juga kompak bisa mengandalkan model batik couple yang memang sering menjadi pilihan sebagai busana pesta. Batik couple atau sarimbit tidak hanya dipakai pasangan dan keluarga namun juga dikenakan bersama kekasih. Modelnya yang semakin beragam menjadikannya semakin elegan dan tampil lebih modern, sehingga semakin percaya diri saat mengenakannya. Pastikan sudah memiliki batik couple yang memang mutunya bagus sehingga nyaman dikenakan sekaligus lebih tahan lama.


Jenis Batik Terbaik yang Bisa Dipilih 

Jenis batik ternyata beragam, dilihat dari segi bahan, motif, asal daerah, dan juga teknik pembuatan motif batik itu sendiri. Jika dilihat dari segi teknik pembuatannya maka Kita akan menyapa batik jenis batik tulis dan juga batik cap. Batik tulis sesuai dengan namanya memang dibuat dengan manual yakni melukis motifnya memakai tangan. Sementara batik cap dibuat dengan cara dicetak, sehingga ada cetakan khusus yang di celup ke pewarna dan ditempel ke kain lembaran.

Keunggulan Memilih Batik Tulis 

Sebagai batik yang sifatnya lebih tradisional ternyata batik tulis sering diincar oleh pecinta batik nusantara. Selain itu ada keunggulan menarik yang membuat sarimbit batik tulis semakin nyaman dikenakan, diantaranya adalah:

1. Satu motif yang eksklusif
Batik tulis dibuat dengan sistem satu lembar kain untuk satu pembatik, alhasil motif yang terbentuk akan sangat khas. Tidak ada motif serupa di lembaran kain lainnya dan ketika dikenakan maka sarimbit akan terlihat lebih eksklusif.

2. Sarimbit yang memiliki aroma khas
Sebagai batik tradisional maka pewarna dan bahan pelapis yang dipakai pada batik tulis terbuat dari bahan alami. Kita bisa menemukan warna coklat yang diambil dari akar tanaman, warna biru dari daun indigo, dan lain sebagainya. Pemakaian bahan alami ini membuat batik tulis memiliki aroma wangi yang khas dan menjadi aroma terapi menenangkan. Jadi, tidak salah memilih model batik couple  dari batik tulis.

3. Sebuah karya seni yang bernilai tinggi
Pembuatan batik tulis tidak hanya memerlukan proses panjang namun juga kesabaran, sebab pembatik harus sabar duduk melukis motif selama sekian jam. Setelahnya batik pun perlu diproses ke beberapa tahapan baru setelahnya berbentuk lembaran dan dibentuk menjadi model busana tertentu sesuai keinginan penjahit atau desainer. Proses panjang dan menjadi suatu motif yang khas membuat batik tulis termasuk karya seni bernilai tinggi dan memberi kebanggaan saat dikenakan.

4. Kain batik yang memiliki ukuran khas
Proses pembuatan kain batik tulis yang masih manual membuatnya dibuat di selembar kain dengan ukuran khas, yakni berukuran 1mx2m. Jauh berbeda dengan kain batik cap, yang dibuat di kain sangat panjang. Kemudian dipotong sesuai dengan permintaan pembeli, ukuran kain seperti ini membuatnya mudah didapatkan oleh siapa saja dan bisa dibuat model baju apa saja. Sementara pada batik tulis sebaliknya dan bisa digabungkan dengan kain polos untuk model baju tertentu sehingga semakin menarik. 

5. Kain batik yang lebih tahan lama
Pemakaian bahan alami dan ditulis di atas kain mori (kain kafan) berwarna putih menjadikannya lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Bagi yang merasa membutuhkan baju batik yang bisa disimpan cukup lama maka perlu memilih batik tulis. Meskipun untuk harga batik jenis ini jauh lebih tinggi dibanding batik jenis cap, akan tetapi sepadan dengan keunggulan yang diberikan. Miliki tampilan elegan dengan model batik couple dari batik tulis.

8 comments:

  1. Bener Mba Lidya, batik tulis itu harganya tinggi banget. Tapi, sepadan. Soalnya suka denger2 bisa digadein juga malahan. Trus kalau dijual harganya juga masih tetap lumayan. Saya punya batik tulis asli, awal beli warnanya merah maroon, setelah beberapa kali pakai malah tambah bagus warna merahnya. Bahkan cara nyucinya juga khusus euy.

    ReplyDelete
  2. Beberapa kali dibeliin couple-an ama si matt, tapi yg pas jatahku pasti ga cukup hahahaaa... gimana sih ya :))

    ReplyDelete
  3. Batik tulis itu the real batik lho. Timeless

    ReplyDelete
  4. Bikin batik tulis itu susah dan harus telaten banget. Gak heran kalau harganya tinggi, ya :)

    ReplyDelete
  5. Belum punya nih batik yang kembaran berempat, pengen beli juga jadinya

    ReplyDelete
  6. Batik tulis identik dengan aroma batiknya yang khas. Mbak Lid, motif batik couplenya cakeeep

    ReplyDelete
  7. Waah keren ya untuk dipakai sekeluarga

    ReplyDelete