Wednesday, May 4, 2016

Pecel Sajian Salad Ala Indonesia

Saya paling suka sekali makan sayuran yang diberikan bumbu kacang, baik gado-gado, karedok, atau pecel. Apalagi makan pecel hmmm jadi mendadak bisa makan sayuran banyak. Sejak kecil saya suka sekali makan bumbu pecel buat camilan, hehehe kaya gak ada makanan aja ya.

Hari ini saya lagi agak males masak jadilah saya cuma merebus sayuran lalu di siram bumbu pecel. Bumbu pecelnya gak seenak kalau dapat kiriman dari Mbak Reni Judhanto *kode nih mbak, stok bumbu pecel aku sudah habis :). Ditambah krupuk jagung makin enak , aduh jadi ngiler nih. Langsung japri mbak Reni deh buat pesen siapa tau dikasih diskon.




Jaman sekarang apa sih yang gak bisa, bumbu pecel aja diimport langsung loh dari Madiun ke Bekasi :) berkat kurir pengiriman tentu saja. Kalau mau nratktir saya gampang kok beliin aja pecel tapi kalau ditambah nasi jangan dijadikan satu ya, pisah aja (pede ada yang mau nraktir). Eh jadi inget beberapa waktu yang lalu saya pernah dibelikan pecel sama temen, uniknya didalamnya selain pakai lontong juga ada mie kuning. Rasanya hmmmm enak banget apalagi gratis.

Kalau mau makan pecel lebih sering masak sendiri dibanding beli, soalnay disekitar rumah gak ada yang jual pecel yang enak. Lagi pula lebih bersih masak sendiri tinggal cemplang cemplung aja sayurannya sesuai kesukaan. Anak-anak juga suka makan pecel, jadi praktis deh sajian sayuran yang dihidangkan di rumah.

Pecel bisa juga disebut salad ala Indonesia ya, isinya kan berbagai sayuran disiram saus atau bumbu. Kalau salad disiram pakai mayonaise, nah pecel disiram bumbu kacang. Gak kalah enaknya kok dan mengandung gizi serta serat yang banyak.

27 comments:

  1. Wuah senengnya anak2 suka pecel ya Lia, kalo anak-anakku nggak mau makan pecel *nggak mau sayurnya :D

    ReplyDelete
  2. salad dengan tampilan pecel atau sebaliknya ya? ndak tau ah, yang jelas makanan jadi lebih unik. rasanya pasti maknyus bagi dong

    ReplyDelete
  3. Itu biasa tuh pecel yg ada mie kuningnya. Biasanya ada mbok tukang pecel yg jualan di depan SD-SD negeri. Murah meriah tapi kenyang. Kadang suka ditambahi bakwan juga

    ReplyDelete
  4. duh pecelnya sangat menggoda lidah :)

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau ada pecel isi mie kuning, unik banget mb lid

    ReplyDelete
  6. Aku suka pecel tapi maunya pecel Madiun aja, tempat lahirku lo mbak Ren. Pecel daerah lain nggak doyan krn rasanya lain. Pecel Madiun gurih pedes, pakai nasi, peyek & paru goreng. Nyaaam

    ReplyDelete
  7. Yeyeyyeye aku suka sekali pecel, apalagi kalau pedes, nyaaammm
    Mbak, kapan2 kopdar yuk :)

    ReplyDelete
  8. Wah kalo de Lia di Madiun bisa puas deh maem pecelnya. Di Madiun penjual pecel ada lo 24 jam. Mau yg pedes, yg sedang, yg ga pedes ada semua. Mau lauk tempe, telor ceplok, empal daging ada semua. Mau pake krupuk, peyek atau lempeng tinggal pilih.

    Oya, jadi pesen sambel pecel dan lempengnya? Okey sabar yaa... ntar aku belanja dulu, de Lia.

    Sekalian belanja buat mbakcer lainnya yg belum kebagian.

    ReplyDelete
  9. Makan pecel itu bisa menyiasati bagi yang gak doyan makan sayur kayak aku ini lho Mba..

    ReplyDelete
  10. Aku juga pecel Mbak,bolehlah aku pesen langsung dr Madiun

    ReplyDelete
  11. Aaah :D sama mbaak :D aku suka sama makanan yang ada bumbu kacangnya :D gado-gado, ketoprak, lotek, pecel :D aaaah menggoda iman semua itu makanan :'

    ReplyDelete
  12. Aku juga Suka. Apalagi sekarang depan kantor, Ada ibu2 yg jualan Pecel, Jadina Kalo pengen, Bisa tiap Hari, hehe.

    Tapi Aku ga Bisa banyak2, Soalnya Suka mules, Mak Lid.

    ReplyDelete
  13. Saya paling suka pecel neh, hampir mirip sama lotek, kalau di Sunda mah.

    ReplyDelete
  14. mbak aku kemarin makan pecel lombok, mirip sama pecel biasanya cuma sambalnya mentah dan kacang gak diulek, pedes banget

    ReplyDelete
  15. Iya mbak, pecel itu saladnya Indonesia. Pake kuah kacang. Hmmm... Btw kalo pecel pake mayonis mungkin jg bakalan enak Kali ya?

    ReplyDelete
  16. Iya, pecel itu saladnya Indonesia ya. Makanya namanya jd Indonesian salad with peanut sauce. Etapi ada bedanya dgn salad. Salad kan biasanya mentah, kalo pecel sayurannya udah dimasak ;-)

    ReplyDelete
  17. Bagi saya, salad jawa adalah terancam dan urap, hihi

    ReplyDelete
  18. Saya juga sering beli pecel untuk makan siang, mbak Lidya. Biasanya ditambah petis, irisan timun dan kerupuk terung, uenak tenan :)

    ReplyDelete
  19. Hahahaa...mari kita todong Mba Reni lagi. Sambel pecelnya ga ada yg lawan ;)

    ReplyDelete
  20. Kalo aku beli, Mbak. Ada penjual yg enak trus murah, hihihi

    ReplyDelete
  21. Aduuh, jadi kangen sambel pecel dari mba reni niih

    ReplyDelete
  22. pecel madiun memang tiada duanya ya... kedip2 juga ah ke mba Reni hihi

    ReplyDelete
  23. peceeel, aku suka banget pecel mbak lia

    ReplyDelete
  24. Aku suka banget pecel. Tapi belum pernah nyoba pecel madiun.
    Penasaran sama rasanya :)

    ReplyDelete
  25. Aku masih nunggu kiriman sambel pecel mbak Reni :D
    la la la la :D

    ReplyDelete
  26. Kuliner pecel menjadi andalan favorit keluarga besar saya mbak :)

    ReplyDelete