Navigation Menu

Pacar Cina Menu Buka Puasa

Kalau hari Senin dan Kamis saya seneng loh, mau tau kenapa? soalnya gak perlu masak pagi-pagi buat bekal makan siang Aa dan suami karena mereka puasa. Paling bawa bekal buat Ade aja itu pun yang simple. Sebetulnya Ade juga minta puasa sunah, tapi nantilah sebentar lagi juga bulan Ramadhan. Allhamdulillah Ramadhan tahun lalu sudah bisa full puasa sampai magrib jadi excited sekali. Sudah tidak sabar ingin merasakan puasa lagi. 

Gak berasa ya sebentar lagi sudah mau memasuki bulan Ramadhan, tidak sampai satu bulan lagi tepatnya. Yuk menyiapkan semua baik stamina maupun kesiapan untuk beribadah lebih baik lagi. Yang masih punya hutang puasa jangan lupa ya dibayar (ini sih pengingat untuk diri sendiri sebetulnya).

Aa minta buka puasa senin lalu pakai bubur sumsum atau kolak, walah mana ada yang jual kalau bukan bulan puasa gini. Mau bikin juga gak bisa karena gak punya persediaan pisang. Saya menawarkan untuk buat bubur pacar cina saja, kebetulan minggu lalu saya beli di supermarket. Praktis dan cepat membuatnya gak pakai lama pula.



Saya pamerkan foto bubur pacar cina di group WA, beberapa orang tidak tahu apa sih pacar cina. Mbak Lianny Hendrawati minta resep buat bubur pacar cinanya. Padahal saya juga baru pertama kali buat sendiri, biasanya beli.

Ini dia resep Bubur Pacar Cina ala saya (karena takaran bumbunya pakai kira-kira hehehe)
  • Pacar cina di rebus sampai empuk dan tidak keras. Tandanya sudah kenyal gitu deh
  • Rebus air dan gula pasir sesuai selera karena  saya tidak pakai takaran jadi harus dicicipi dulu kadar manisnya.
  • Masukkan santan secukupnya juga sambil di aduk sampai mendidih
  • Biar wangi pakai daun pandan boleh kok
  • Kalau sudah mendidih masukkan deh pacar cina yang sudah matang tadi
  • Bubur pacar cina siap dinikmati
Oh ya saya bungkus juga bubur ini kedalam plastik es mambo untuk di bekukan, pasti anak-anak suka deh kalau dalam bentuk beku begini.


21 comments:

  1. hawa puasa rasanya udah semakin dekat, ya hehehe. Kayaknya anak-anak saya juga bakal suka kalau puasa menunya kayak gitu :D

    ReplyDelete
  2. nggak punya foto pacar cina yang belum diolah Mbak?

    ReplyDelete
  3. aku juga belum tahu sih pacar cina :D
    seger juga kalau buat buka puasa ^^

    ReplyDelete
  4. Seriusan ini mbak aku baru denger pacar cina, setauku bubur mutiara atau bubur sumsum hahhaa
    boleh nih kapan2 dicoba, kebetulan suami suka bubur

    ReplyDelete
  5. Pacar cina itu yg butirannya kecil warna warni itu kan mba,?

    ReplyDelete
  6. Mbak lia, ide bagus tuh, bikin bubur dimasukkan ke dalam plastik es mamboo lalu dibekukan. Anak anak pasti berebutan nich. Aku juga baru tahu, waktu Mbak lia share di group...kupikir mutiara gitu

    ReplyDelete
  7. Iklan marjan udah tayang di TV. Udah bisa ditebak kan itu tandanya apa??

    ReplyDelete
  8. Nggak terasa sebentar lagi sudah puasa. jadi mellow karena adit jauh T__T

    ReplyDelete
  9. Wuah segernyaaaa, dibuat es mambo gitu pasti tambah suka ya anak-anak. Makasih resepnya Lia :)

    ReplyDelete
  10. Duh, nggak sabaran mau cepet-cepet bulan puasa. Seru, bisa bikinin buat anak-anak nih :)

    ReplyDelete
  11. Rajinnya si Aa, ya... Pacar cina itu yang bentuknya kotak ya mbak?
    Kalo dibikin es gitu pasti anak-anak suka ya

    ReplyDelete
  12. Pacar cina tuh mirip hongkue ya, mbak Lidya. Saya juga baru dengar nih :)

    Marhaban yaa Ramadhan, nggak sabar nunggu bulan Ramadhan yang pasti seruu :)

    ReplyDelete
  13. pas banget untuk panas2 :)

    ReplyDelete
  14. Kelihatan segar banget. Jujur sebelumnya nggak ngeh kalau itu namanya oacar cina. Hehe

    ReplyDelete
  15. pacar cina itu, sagu mutiara kah Mba Lidya? kalo iya, mama saya dulu sering buat bubur sagu mutiara untuk buka puasa, kenyal-kenyal gitu kalo di gigit :)

    nggak terasa udah mau ramadhan yah Mba Lidya :)

    ReplyDelete
  16. Asyiik banget nih mba resepnya dari maklianny ya. Jujur aku belom pernah nyicipin tuh buburnya.

    ReplyDelete
  17. itu makanan kesukaan ibu saya. tapi ibu saya nyeutnya kembang pacar, bukan pacar cina.

    ReplyDelete
  18. Jadi inget jaman keciiiil.. Enak kenyal-kenyal gitu :)

    ReplyDelete
  19. Bukannya klo bubur itu kudu ada tepungnya Lia? Ini jadi kayak kuahnya banyak gitu ya? Mau juga aaah praktek, kayaknya gampang hihihiii

    ReplyDelete