Navigation Menu

Merawat Peralatan Dapur Dengan Scotch-Brite(TM)

Kesehatan dan kebersihan sangat berhubungan satu sama lain. Sebagai ibu tentu saja harus konsen akan hal ini demi anggota keluarga. Memasak untuk keluarga salah satu cara agar kesehatan terjamin. Setelah memasak semua peralatan harus di cuci bersih untuk menghilangkan noda dan kuman serta bakteri.

Di keluarga saya sih paling suka makan ikan dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia. Asyik sih masak sendiri semua bahan terjamin. Yang paling berat adalah mencuci semua peralatan dapur yang sudah digunakan. Lemak membandel dari minyak yang menempel saat memasak, kotoran dari bumbu-bumbu. Hingga kerak yang menempel pada peralatan bikin pekerjaan mencuci makan waktu. Tapi itu sih dulu sebelum mengenal Scotch Brite(TM).

Merawat peralatan daput dengan Scotch-Brite(TM) menjadikan kegiatan mencuci lebih menyenangkan. Apalagi produknya mempunyai fungsi yang berbeda membantu saya membersihkan semua peralatan makan. Dengan 3 kali lebih bersih, 3 kali tanpa gores.

Beberapa produk Scotch-Brite(TM) yang saya gunakan untuk merawat peralatan dapur yaitu :



Spons Hijau Scotch Brite(TM)



Berukuran 100mm X 75mm X 30 mm khusus untuk alat memasak seperti panci, penggorengan dan lain-lain. Ada dua sisi dengan warna kuning dan hijau. Sisi kuning untuk membersihkan menggunakan cairan pencuci piring lalu untuk hasil maksimal gunakan sisi hijau. 



Spons Anti Gores Scotch-Brite(TM)



Berukuran 109mm X 86mm X 30mm terdiri dari dua sisi berwarna kuning dan orange. Untuk peralatan memasak berbahan teflon atau sejenisnya yang mudah tergores dan anti lengket. Saat pemakaian  spons tidak menggores peralatan sehingga awet dan tahan lama. Terdiri dari 3 warna yaitu pink, orange, dan tosca.




Spons Tempat Makan Anak Scotch-Brite(TM)



Untuk tempat makan anak agar terawat dan lebih bagus gunakan spons khusus yang berwarna kuning dan pink. Kebanyakan tempat makan anak terbuat dari plastik sehingga mudah tergores jika tidak menggunakan spons khusus



Spons Tempat Minum Scothc-Brite(TM)



Cara praktis membersihkan botol minum anak-anak menggunakan spons khusus tempat minum ini. Bagian dalam dan luar terjangkau oleh spons hingga mencuci lebih bersih dan maksimal. Bentuknya lebih panjang dari spons lainnya, Makanya sabut ini disebut Sabut Spons Slim karena mudah menjangkau bagian dalam tempat minum.


Peralatan dapur kini bersih semua, kesehatan keluarga pun terjamin. Tapi jangan lupa spons untuk mencuci juga harus dirawat dan dibersihkan setelah selesai. Karena spons ini bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa berpindah pada peralatan dapur dan makan. Gak mau dong kalau anggota keluarga terserang penyakit seperti diare.

Ada 3 tips merawat spons dari Brite Queen nih supaya bersih dan tidak terkontaminasi oleh kuman yaitu :
  1. Mencuci, tidak hanya peralatan dapur yang disuci spons pun harus dicuci bersih. Selesai mencuci peralatan jika ada sisa makanan harus dibersihkan dengan air hingga bersih. Peras air pada spons. Spons yang basah akan menimbulkan bakteri berkembang biak di dalamnya.
  2. Menggantung. Setelah di keringkan simpan spons dengan cara menggantung. Atau intinya tidak disimpan di dalam tempat sabun cuci piring, apalagi dengan merendamnya.
  3. Mensterilkan. Spons yang sudah dicuci agar lebih steril bisa dikeringkan pada oven atau microwave selama 2 menit. Atau bisa juga dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.


Spons cuci ini juga harus rutin diganti untuk hasil yang maksimal saat membersihkan. Dan menurut pengalaman saya dengan mengganti spons secara rutin akan menghemat cairan pencuci piring juga. Kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan sekali spons ini harus diganti agar kebersihan terjaga saat mencuci semua peralatan.


Produk Scotch Brite(TM) sangat mudah ditemukan diberbagai supermarket atau mini martket terdekat dengan rumah.


25 comments:

  1. Pake scoth brite memang bikin piring2 dan alat2 dpur kita kinclong setelah dicuci ya Mba.. Aku juga pakai soalnya..

    ReplyDelete
  2. Memang perlu pake spons khusus untuk mencuci piring dan perlengkapan dapur agar terjaga hyginies-nya ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Hehe, aku malah ga merhatiin merknya, Mba Lid. Kayaknya juga spt ini, deh. :)

    ReplyDelete
  4. Aku dah lama juga pake produk ini neh, awet ya mak.

    ReplyDelete
  5. Sponnya berbagai macam ragam dan ukuran.
    Aku juga menggunakan spom ini.

    ReplyDelete
  6. pakai scotch brite, nggak khawatir dengan minyak dan lemak yang lengket ya mbak lid :-)

    ReplyDelete
  7. Saya jg pakai scotch brite tp yg hijau, tnyt bnyk macamny ya :D

    ReplyDelete
  8. nyuci piring pake spon memang lebih nyaman yah Mbak Lidya, busa sabunnya lebih banyak jadi lebih hemat dan tentu lebih bersih :)

    ReplyDelete
  9. Iya betul, sebulan sekali spons sudah harus ganti baru ya agar kebersihan terjaga.
    Menyenangkan sekali cuci piring dengan menggunakan spons Scotch Brite ini :)

    ReplyDelete
  10. Spons andalan dari jaman baheula. Dari nenek, mama sampai akupun pakai Scotch-Brite :3

    ReplyDelete
  11. scoth brite ini memang favorit aku, bagus2 barangnya

    ReplyDelete
  12. Iya, spons yang suka direndam di air sabun suka bikin bau dan banyak bakterinya, jadi suka lengket-lengket gitu.

    ReplyDelete
  13. Spon sejuta umat ya scotch brite ini kayaknya bun :D

    ReplyDelete
  14. Lho lho, aku pengen tempat makan yang ada stiker Scotch Britenya jugaakkk ^^

    ReplyDelete
  15. Begitu ngomongin spon, orang langsung kepikiran sama scotch-brite. Saya juga pake di rumah :) produknya bagus sih. apapun pembersihnya, gosokan scotch brite pasti membersihkan. Duh, jadi ikutan bersemangat...

    ReplyDelete
  16. Aku juga pakai, gampang buat cuci2, secara aku hobi cuci L))

    ReplyDelete
  17. baru tau ternyata Scotch Brite punya banyak varian, terimakasih atas infonya sangat membantu tipsnya

    ReplyDelete
  18. inget spons inget Scotch Brite kalau gini yah...

    ReplyDelete
  19. Kesukaanku dari scotch brite itu lap dapurnya. Soalnya ajaib, bisa ngeresap air dan minyak dalam hitungan detik. Dan gampang dicuci. Jadi bersihin dapur, cepet dan langsung kinclong :D

    ReplyDelete
  20. Saya sudah pakai spon scotch brite sejak lama mbak Lidya dan terima kasih tips merawat spon nya :)

    ReplyDelete
  21. Awet mb...aku milih spons ini alasannya itu. Jadi yang sisi kuning-ijo nggak gampang lepas..

    ReplyDelete
  22. aku juga suka pakai scotch brite, tapi kok gantinya suka2 hati ya.. kalau nggak udah rusak banget, nggak diganti :D

    ReplyDelete
  23. Spons andalan dari jaman dulu. Gak gampang rusak dan gak gampang murudul. :)

    ReplyDelete
  24. Sangat membantu untuk ibu rumah tangga macam aku :)

    ReplyDelete