Navigation Menu

Konten Menarik Untuk Ciptakan Peluang



Kopdar Blogger yang diadakan di Burger King, Plaza Pestival, Jakarta Minggu 6 Maret 2016 lalu bukan hanya sekedar kopdar biasa. Kopdar yang penuh ilmu yang bisa diambil dari dua pembicara yang hadir dengan tema Digital Marketing Sharing.

Sebelum kopdar dimulai, Mas Niko dari CNI mengumumkan pemenang livetwit sesi pertama. Nah disini kebanyakan kami tidak menyimak informasi yang diumumkan sebelumnya. Ternyata livetwit sudah dimulai sejak jam 9 pagi. Pelajaran buat saya dan teman-teman untuk menyimak, membaca dan teliti. Karena setiap livetwit mempunya rule yang berbeda.



Wah cerianya Bang Kornelius Ginting mendapatkan hadiah livewtit

Saat ini digital marketing di Indonesia makin berkembang, maju, dan mengalami perubahan yang besar. CNI sebagai salah satu sponsor terlaksananya kopdar blogger ini pun sedang membangun dunia digital melalui geraicni.com yang sudah didevelop sejak dua tahun lalu, namun baru 1 tahun belakangan dimanage serius.


Digital Marketing - Niko Riansyah

Mas Niko Riansyah sebagai Social Media Community - CNI Indonesia membagikan ilmunya mengenai Digital Marketing. Beliau ini lah yang melakukan advertising untuk CNI. Berdasarkan survey pada tahun 2020 nanti akan ada lebih dari 7 juta orang akan terhubung ke internet melaui mobile atau gadget. Berkebal dari sini lah Mas Niko melakukan digital marketing untuk CNI.

Digital Media tools yang dilakukan untuk CNI meliputi berbagai media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, Youtube, Google+, Blog, dan Mail Chimp. Wah saya dapat ilmu baru nih dari sharingnya Mas Niko yaitu mengenaik Mail Chimp yaitu email engine untuk email newsletter bergambar. Melalui tools ini kita bisa memantau banyaknya klik dan lalui lintas dari email.

Social Media tumbuh melalui tiga cara yaitu :
  • Digital advertising
  • Marketing konten
  • Content Plan
Dalam melakukan marketing konten, harus diperhatikan kedetailan informasi dan kualitas gambar yang bagus. Konten adalah bagian terpenting dari sosial media. Contohnya pada media sosial yang dimiliki oleh CNI, di Facebook dan Twitter tidak hanya membahas produk yang sedang dijual saja. tetapi juga menyajikan tips kesehatan, juga adanya interaksi antara pembaca dengan CNI. Dari konten yang menarik bisa dialihkan ke produk yang sedang dijual. Intinya berjualan di sosial media itu adalah Don't Hard Sell, Tell Stories Well, tidak menjual secara hard selling namun melalui cerita lebih mengena.

Digital advertsing CNI dilakukan lewat Google Ads  melalui google search, video ads, dan display ads. Sedangkan Facebook Ads melalui promote page, boost page, dan promote website geraicni. Wah ini membuka mata saya yang juga sedang berjualan online. Ternyata bisa memaksimalkan pemasaran dari berbagai cara seperti yang diutarakan oleh Mas Niko.

Dalam melakukan promosi sebaiknya juga diperhatikan waktu terbaik dimana banyak diakses oleh pembaca. Biasanya sih sekitar jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Kebiasaan oran Indonesia juga tidak mengakses web pada hari libur, kecuali mengakses media sosial. Pemilihan keywords juga sangat penting dalam mempromosikan sebuah iklan pada tulisan. Iklan haruslah sesuai dengan konten isinya.

Saya kagum juga ternyata Mas Niko mempelajari digital marketing itu secara otodidak, melihat latar belakang pendidikannya dari perhotelan. Katanya mempelajari digital marketing itu bisa melalui internet dan video di youtube. Mas Niko saja bisa, berarti saya juga harus bisa.


Mengelola dan Produksi Konten - Ani Berta


Melalui konten Teh Ani bisa mendapatkan opportunity seperti sekarang ini. Bukan perjalanan yang singkat, tapi panjang, penuh ketekunan, dan butuh proses. Sebagai blogger kita butuh dan harus memperhatikan konten yang menarik, dibarengi dengan ilmu. Ilmu bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya dari orang yang sudah sukses.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat konten adalah motivasi yang besar dan menghilangkan rasa malas. Walau saat ini sudah banyak konetn berbayar, sebaiknya kita terus menciptakan konten berkualitas walaupun tidak berbayar. 

Kesuksesan Teh Ani berawal sebagai volunteer pada web perempuan dengan menuliskan  konten tentang anak dan perempuan. Dimana pada web tersebut dibutuhkan informasi bermanfaat yang bisa diakses oleh banyak orang. Dari situlah Teh Ani bisa mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Australian Aud, KPPA, dan kemitraan NGO. Dan yang baru saja adalah di daulat sebagai pembicara pada acara konferensi Wanita di Kuala Lumpur.

Berikut tips dari Teh Ani untuk membuat konten yang menarik untuk penunjang digital marketing, branding dan networking:

Berburu Konten

Banyak sekali tempat yang bisa dijadikan untuk berburu konten disekitar kita. Misalnya infromasi membuat NPWP atau Paspor.  Jadi ingat pengalaman saya menuliskan tentang cara menggunakan E-Money untuk naik Commuterline. Ternyata ini bermanfaar sekali ya, bagi penumpang yang baru pertama kali naik kertea di Jabodetabek. Hal kecil mungkin bagi sebagian orang tapi menjadi penting, menarik, dan bermanfat bagi orang lain.

Dari sebuah acara kita bisa mendapatkan konten melalui narasumber. Sebagai blogge rkita tidak hanyak mengandalkan dari press rilis saja tapi juga harus menggali lebih banyak lagi dari narasumber yang hadir, melalui interview lebih lanjut. Kalau mempunyai angle yang berbeda dengan orang lain kita bisa mendapatkan konten yang lebih bagus.

Berburu konten melalui berita di televisi juga bisa diolah menjadi konten yang orisinil, tapi jangan ditelan mentah-mentah informasi tersebut. Cari dulu kebenarannya melalui analisa dan browsing. Ciptakan keunikan sendiri tidak hanya ikut-ikutan tren, itulah pesan Teh Ani,

Saat berburu nara sumber yang sulit dihubungi, kita bisa mendatangi beliau ditempatnya untuk menggali lebih dalam lagi informasi yang ingin kita dapatkan. Utarakan alasan yang kuat kenapa sih kita ingin mewawancarai beliau. Sebelum melakukan interview sebaiknya kita sudah mengetahui dulu infromasi umum mengenai beliau supaya bisa masuk dan lebih lancar dalam melaukkan interview. Untuk memperkuat konten kita bisa melakukan riset melalui buku dan data statistik.

Manfaat mempunyai blog lebih dari satu adalah untuk branding. Saya pernah bertanya kepada Teh Ani kenapa sih belum punya blog yang menggunakan domain sendiri? Teh Ani menjawab katanya kalau sudah bisa melakukan setting sendiri beliau baru mau punya blog dengan domain sendiri. Akhirnya sekarang Teh Ani sudah punya blog dengan domain sendiri.

Strategi Pembagian Konten

Saat menghadiri berbagai event biasanya kita akan menuliskan reportasenya. sebaiknya buat jadual rutin dan berkala agar kita bisa menulis lebih teratur. Manfaatkan waktu luang untuk membuat draft, buat bank tulisan keuntungannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka draft tersebut bisa digunakan. Selalu berfikir kritis, kreatif, dan mampu membuat opini  yang inovatif.

Breakdown tema, dilakukan agar kita bisa mendapatkan beberapa konten sekaligus walau dari satu kegiatan. Contohnya saat Teh Ani menghadiri acara Sahabat JKT bisa menghasilkan 4 tulisan.




Menyebarkan Konten

Konten yang kita buat di share ke berbagai media sosial, tujuannya adalah agar orang lain bisa membaca dan makin bermanfaat. Saran Teh Ani buatlah kategori atau label pada postingan agar memudahkan kita dalam pencarian. Ini salah satu cara jika kita tidak mempunyai blog khusus atau niche.

Memiliki konten yang berkualiats maka dapat menciptakan peluang, akan meningkatan brand endorsment, brand ambasador, content writer, dan speaker.




"The Strength of the work automatically create opportunities  - Ani Berta




Geraicni yang sudah mensponsori kopdar blogger ini mempunyai prinsip utama tetap ada pada MLM, sedangkan digital marketing dilakukan untuk mengikuti perkembangan dunia teknologi dan pasar. Pemasaran CNI pada dunia digital marketing melalui program affiliate. Blogger juga bisa ikut serta melakukan penjualan melalui progam ini dengan memberikan opportunity.

Dengan adanya geraicni.com memberikan kemudahkan kita dalam berbelanja online produk-produk dari CNI. Saya pun mencoba kemudahan ini dengan berbelanja RJ Total Clean agar kebersihan keluarga tetap terjamin dimana pun berada. Apalagi untuk anak-anak saat akan makan ketika diluar rumah.


Cara berbelanja di geraicni ini mudah dan cepat. Setelah memilih produk yang diinginkan dan melalukan proses checkout, saya tinggal mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang dibeli. Setelah melakukan transfer lakukan konfirmasi. Tinggal tunggu deh barangnya sampai di rumah.

Setelah melakukan pembayaran kita konfirmasi dan bisa melihat status pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dari Bank Mandiri, BCA, Visa dan Mastercard.

Histiry pembelian kita bisa dilihat apakah status sudah dikonfirmasi atau belum.


PR yang harus saya lakukan setelah menghadiri Kopdar Blogger ini adalah :
  • Mempelajari Mail Chimp 
  • Merapikan Label

18 comments:

  1. Terima kasih sudah hadir di acara ini ya Lid :)
    Keren infografisnya hehehe

    ReplyDelete
  2. makasih ya mbk lid udh share ilmu manfaat begini, narsumnya mbk ani berta pula

    ReplyDelete
  3. Senengnya bisa dapat kesempatan berharga menimba ilmu langsung dr ahli2nya. Makasih sdh share ilmu berharganya, dek Lia.

    ReplyDelete
  4. Waaah tinggal aku nih yg belum praktikkin ilmunya Uchan. Keren kontennya juga, bermanfaat bgt. Aku masih megap-megap utk bisa menulis konten yg bermanfaat dan dicari orang, hiksss.

    ReplyDelete
  5. Memang butuh perjalanan yang panjang, penuh ketekunan, dan butuh proses ya untuk bisa expert di suatu bidang. Kuncinya memanfaatkan peluang ya. Waaah ilmunya keren dan bermanfaat sekali bun, terima kasih sudah berbagi :D

    ReplyDelete
  6. nah, ini poin yang menurut saya sangat penting. ruh dari blog adalah tell the story, kebanyakan blog sekarang malah bermetamorfose menjadi web reportase, hehe

    ReplyDelete
  7. makasih sharenya mba, bikin infografis pakai apa mba Lidya?

    ReplyDelete
  8. makasih sharingnya mba... masalah utama saya skarang, ngilangin rasa malas dulu :D

    ReplyDelete
  9. mail chimp kayaknya pernah denger tapi belum pernah coba :)

    ReplyDelete
  10. Wuih, lengkap banget, mba Lidya. Konten emang paling dibutuhkan sekarang ya. Selain itu basic exsperience tentunya lebih disukai.

    ReplyDelete
  11. Infografisnya keren mbak. Acaranya juga paten

    ReplyDelete
  12. Keren infonya, Mba.
    Banyak ilmu yg bisa dishare.

    ReplyDelete
  13. acara kemarin itu sarat ilmu banget ya mba Lid.., seneng deh ketemu para pembicara yang keren dan teman2 FB yang asik2..

    ReplyDelete
  14. Aku merasa byk bljr dari acara ini, bnr2 nambah wawasan :)

    ReplyDelete
  15. wuidiihh Mba Lydia sibuk banget yah banyak undangan gathering nya. mantaappss

    ReplyDelete
  16. Waaa kali ini postingannya berat tapi penuh gizi. Semoga artikel2 blog selalu memberikan manfaat.

    ReplyDelete