Sayangi Tubuhmu, Jangan Skip Makan Buah Mulai Sekarang!

Paling suka makan buah apa? Pilih-pilih buah yang kita sukai memang hal yang wajar, tapi ada baiknya kita mengonsumsi beragam buah yang ada supaya dapat merasakan manfaat yang maksimal dari buah-buahan. Yakin kalian sayang tubuh? Makanya Jangan skip makan buah mulai sekarang! Gimana sih caranya supaya suka makan buah?

Jangan Skip Makan Buah



Buah-buahan adalah sumber nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Namun, seringkali mengajak si kecil untuk makan buah bisa menjadi tugas yang cukup menantang. 

Untuk membantu orangtua mengatasi masalah anak suka makan buah, berikut ini lima cara yang dapat dilakukan agar si kecil mau makan buah:

Jadikan Makan Buah Kebiasaan & Orangtua Sebagai Contoh


Anak-anak itu peniru ulung orang terdekat termasuk orangtua. Gimana anak mau suka buah kalau orang tua sendiri tidak pernah konsumsi buah dalam keseharian. Maka dari dari jadilah teladan yang baik bagi anak-anak, tunjukkan kepada mereka kalau kita juga suka buah dan mengajak anak-anak untuk makan buah bersama sebagai salah satu kebiasaan yang baik.

Memang tidak mudah membiasakan diri dan keluarga untuk konsumsi buah secara rutin, tapi dengan niat dan kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang terbaik pula.

Ada kalanya orang tua memang alergi atau tidak suka terhadap salah satu buah, sebisa mungkin jangan menunjukkan kepada anak dan tetap memberikan buah tersebut untuk dicoba oleh anak-anak.


Jadikan Buah Sebagai Camilan


Ajarkan anak-anak konsumsi buah sebagai camilan dibandingkan makanan manis lainnya. Pilih buah-buah yang mudah untuk dikonsumsi. Jika diperlukan bisa juga loh membuat buah dengan tampilan menarik atau dijadikan variasi lain seperti membuat smoothies buah, dijus atau puding.

Kenalkan Buah Sedini Mungkin & Jelaskan Manfaatnya


Jangan menunggu anak besar baru mengenalkan buah, sebaiknya dikenalkan sedini mungkin agar lidah mereka sudah terbiasa mengonsumsi aneka buah-buahan yang ada. Buah-buahan mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita antara lain sebagai sumber vitamin, sumber air dan gizi, sumber antioksidan, serta mencegah penyakit tertentu. Beberapa buah juga dapat digunakan untuk obat luar.


Ajak Membeli & Memilih Buah di Pasar


Sesekali Libatkan si kecil dalam proses membeli buah di pasar atau toko. Biarkan mereka memilih buah yang mereka suka. Ajak mereka berbicara tentang warna, bentuk, dan rasa buah-buahan yang berbeda. Ini dapat menjadi pengalaman yang edukatif dan menyenangkan, sehingga mereka akan merasa lebih terhubung dengan buah-buahan yang mereka pilih.

Bermain Games Buah


Supaya si kecil suka buah bisa juga mengenalkan buah lewat games agar lebih menyenangkan. Banyak permainan berbasis buah yang dapat dimainkan salah satunya ada pada website https://www.culinaryschools.org/. yang menawarkan ratusan permainan online gratis untuk membantu anak-anak mengenal makanan, memasak, seni kuliner dan bisnis restoran.

Kategori games yang bisa dipilih meliputi Food Education Games, Serving Eater, dan Fun Food-Themed Games. Pada kategori Food Education Games di sini orang tua dan anak bisa bermain untuk mengetahui makanan mana sih yang sehat dan tidak sehat. Bentuk permainan yang didukung oleh gambar bergerak dan berwarna serta ditambah musik membuat anak-anak tertarik memainkannya dan tanpa disadari mereka juga sedang belajar.

Ada beberapa permainan yang sudah saya coba yang berhubungan dengan buah sehingga bisa mengajarkan anak mengenal buah-buahan.


Fruit Words Game


Pada games Fruit Words Game, selain mengenalkan aneka buah-buahan, si kecil juga bisa berlatih mengeja dan mengetikkan nama buah yang tertera di layar. Terdapat 25 buah yang berbeda untuk diselesaikan misinya. Di sini orang tua dapat menemani anak bermain sambil memberikan edukasi terhadap buah-buahan yang muncul serta menyebutkan manfaatnya untuk kesehatan.


Fruit Words Game



Food Word Game


Sedangkan untuk Food Wrrd Game di sini pemain bertugas untuk memilih nama buah untuk dicocokan dengan gambar buah yang ada lewat cara menyeret nama yang tertera ke arah tempat yang benar. Ada 6 buah yang tampil untuk diberikan nama sesuai dengan buahnya masing-masing.


Food Word Game


Dengan menerapkan lima cara di atas, semoga dapat membantu si kecil untuk menyukai dan menghargai manfaat buah-buahan. Ingatlah bahwa kesabaran dan konsistensi dalam mengajarkan gaya hidup sehat sangat penting. Selamat mencoba, dan semoga si kecil segera menjadi pencinta buah yang hebat!


Post a Comment

0 Comments