Cara Mengenalkan Bisnis Pada Anak Secara Menyenangkan

Cara Mengenalkan Bisnis Pada Anak Secara Menyenangkan - Anak belajar bisnis sejak dini? Boleh kok itu bagus untuk bekal masa depannya setelah dewasa nanti. Mengenalkan bisnis pada anak bukan berarti terjun langsung melakukan proses jual beli melainkan lewat berbagai cara.


Tidak ada niat sedikitpun untuk mempekerjakan anak di bawah umur dengan mengenalkan bisnis pada mereka. Dengan belajar bisnis sejak dini maka anak-anak akan belajar untuk beradaptasi dan menjadi survive ketika mengalami kesulitan. Boleh saja orangtya membantu tapi di sini kita mengajarkan kemandirian pada anak.

Mengajarkan bisnis pada anak lewat berbagai cara diantaranya adalah :


Ajarkan Nilai Uang Pada Anak


Kebanyakan anak kecil hanya tahu kalau uang bisa digunakan untuk belanja atau membeli barang saja. Anak-anak ini belum tahu akan nilai uang dari yang terkecil hingga besar.

Sesuaikan dengan usia anak ketika mengenalkan nilai uang baik itu uang kertas maupun uang receh. Berikan penjelasan nilai uang tersebut ketika membeli barang maupun sekedar memperlihatkan bentuk uang dan nominalnya pada anak.


Anak Juga Perlu Mengelola Uang 


Bagi anak yang sudah mulai bersekolah dan mendapatkan uang saku untuk digunakan jajan atau keperluan di sekolah sudah saatnya mengajarkan pengelolaan uang. Jangan sampai mereka hanya bisa menggunakan uang tersebut untuk jajan atau membeli barang namun kita bisa mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab.

Mulailah memberikan uang saku mingguan atau bulanan supaya anak bisa bertanggung jawab dalam mengelola uang tersebut supaya bisa cukup bahkan ada sisa untuk ditabungkan. Ajarkan anak untuk menyisihkan uang jajannya untuk ditabung di awal bukan sisa itu penting supaya anak tidak boros kelak sudah dewasa. Uang tersebut bisa ditabung di rumah atau mengenalkan bank pada mereka sebagai alternatif tempat menyimpan uang.

Pentingnya Membuat Target


Ketika anak punya keinginan, maka ada target yang harus dimiliki dan dijalankan sesuai rencana. Contohnya ingin memiliki suatu barang, dari uang jajan yang ditabung tersebut bisa digunakan untuk keperluan itu. Yang perlu diingatkan adalah menggunakan uang yang ada untuk keperluan yang sesuai kebutuhan bukan karena keinginan saja.


Bermain Sambil Belajar Proses Jual Beli

Di sekolah tertentu kadang ada program market day. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk anak belajar mengenal bisnis sejak dini. Biasanya mereka akan membawa dagangan berupa barang, makanan maupun minuman yang akan dijual dan dipasarkan di sekolah pada saat market day. Meskipun yang membelinya teman-teman sendiri, mereka juga bisa belajar proses jual beli secara langsung. Di sini anak-anak bisa belajar berhitung berapa jumlah modal, pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan.


Belajar Bisnis Lewat Games


Banyak games pada web yang menyajikan permainan yang berhubungan tentang keuangan dan bisnis untuk anak secara menyenangkan di web Mortgage Calculator Money Games.

Saya sudah mencoba beberapa games yang menyenangkan dan menginspirasi untuk belajar bisnis dan keuangan diantaranya adalah :


Flower Shop


Flower Shop atau Toko Bunga gak identik dengan perempuan saja loh, anak laki-laki juga dapat memainkan games ini untuk belajar bisnis di dunia bunga. Di sini anak-anak dapat belajar melihat aneka bunga untuk dijual.

Flower Shop



Pada games Flower Shop kita sebagai pemain harus dapat melayani pelayan dengan baik dan tepat waktu dengan memberikan bunga sesuai pesanannya. Karena games ini untuk anak-anak maka cara bermainnya pun lebih mudah. Ketika pembeli datang untuk order bunga akan keluar gambar bunga yang dimaksud. Lalu sebagai pemilik toko bunga harus mengambil bunga yang sesuai sebelum waktunya habis agar mendapatkan uang.

Flower Shop games



Pemain juga harus berpikir cepat dan smart. Jangan hanya melayani pembelian bunga saja tapi tidak memperhatikan stok bunga yang semakin menipis karena akan membuat pelanggan kecewa ketika bunga yang diinginkan habi stoknya.

Dari permainan ini anak diajarkan bagiamana cara melayani pelanggan, mendapatkan keuntungan dan mengembangkan produknya yang bisa dijalankan pada level berikutnya.


Jewel Shop


Games lain yang sudah saya coba ada Jewel Shop. Sambil bermain bisa berandai-anadi punya toko permata sungguhan, asyik sekali pastinya. Tidak ada yang tidak mungkin kok di dunia ini, saya pun bisa memiliki toko permata jika ada niat dan mengusahakan semaksimal mungkin. Ketika sudah memiliki toko pastinya harus bisa mempertahankan toko tersebut agar selalu punya keuntungan dan melayani pelanggannya dengan baik dan tidak mengecewakan.

Jewel Shop



Seperti halnya di dunia nyata, dalam permainan games Jewel Shop pun kita harus bisa mempertahankan toko tersebut dan melayani orderan dari pelanggan yang datang untuk memesan model permata yang diinginkan.

Pelanggan yang datang akan memberikan orderan dalam bentuk gambar pada gelembung di atas kepala mereka. Sebagai pemilik Jewel Shop harus segera melayani pelanggan dan memberikan pesanan yang sesuai. Jangan lupa juga untuk memesan stok permata sebelum stok habis agar bisa selalu melayani pembelian.

Selain kecepatan, ketepatan memberikan orderan pada games ini juga mengajarkan kita untuk melatih jiwa bisnis yang besar agar toko permata yang dimiliki tetap eksis.

Belajar bisnis lewat cara menyenangkan ternyata tidak terasa seperti belajar sungguhan namun mendapatkan manfaat yang besar terutama bagi anak-anak yang sedang belajar bisnis.

Website games mortgagecalculator.org/money-games/ selalu menghadirkan berbagai games menarik, menyenangkan dan bermanfaat untuk belajar keuangan dan bisnis. Kalian juga dapat memainkan game 
lainnya seperti Chicken Clicker, Corporate Overlord, Idle Pet Business dan lainnya. Games-games yang ada pada web juga akan ada penambahan loh jadi makin banyak pilihan games yang tersedia.






Post a Comment

0 Comments