Makin Berjejak dan Berbagi KEB Masuki Usia 11 Tahun

Makin Berjejak dan Berbagi KEB Masuki Usia 11 Tahun - Komunita blogger perempuan pertama di Indonesia KEB sudah memasuki usia ke-11 di tahun 2023 ini. Tidak terasa perjalanan panjang KEB selama ini masih tetap eksis dan melebarkan sayapnya termasuk bertambahnya member-membernya dari berbagai daerah bahkan dari luar Indonesia. 




Perayaan HUT seperti apa di usia ke-11 ini?




Sewaktu ada informasi pendaftaran acara HUT KEB (Kumpulan Emak Blogger) beberapa waktu lalu, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar. Banyak alasan saya ingin menghadiri hari jadi KEB ke-11 tersebut antara lain bertemu dengan teman-teman blogger baik yang lama maupun baru, menjalin silaturahmi dengan para founder dan Makmin KEB yang kece serta pastinya mendapatkan ilmu juga dari pemateri yang hadir.

KEB lahir 18 tahun lalu tepatnya tanggal 18 Januari 2012, kini di memasuki usia remaja makin matang dalam segala hal. Untuk merayakan pertambahan usianya, KEB melakukan syukuran di Bali Notes Terrace, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 lalu. Ada 50 orang peserta yang hadir pada perayaan tersebut ditambah dengan para tamu undangan. Dan  tak ketinggalan para makmin yang tinggal di luar Jabodetabek pun ikut hadir.

Seperti apa keseruan HUT KEB tahun ini? Yuk disimak saja melalui tulisan ini siapa tahu kalian juga bisa ikut merasakan kebahagiaan yang sama.

Serunya Kopdar Blogger


Rasanya setelah pandemi ini, acara HUT KEB merupakan acara besar blogger yang saya ikuti apalagi momennya juga masih di tahun baru. Pas sekali kalau saya ikut berpartisipasi sekaligus bisa kopdar dengan beberapa blogger.


Senangnya bisa bertemu kembali dengan para blogger lama sejak awal saya mulai ngeblog dulu, gak usah disebut siapa ya bisa dilihat melalui foto di atas. Entah sengaja atau tidak para blogger lama ini mengambil tempat di barisan kursi paling belakang, jadi makin heboh saja suasananya. Mungkin ini juga luapan rasa bahagia kami bisa kembali berkumpul tanpa takut dengan virus yang dua tahun belakangan merajalela. Semoga kondisi semakin membaik dan KEB juga bisa makin sukses dan berbagi dengan para membernya di mana pun berada.




Ada Makpon alias Mak Founder Mira Sahid membuka acara syukuran KEB ke-11 yang diikuti oleh sambutan dari mak co-founder Indah Juli atau MakPuh. Tak ketinggalan juga sambutan dari Ketua KEB saat ini Mak Elly Nurul. Acara HUT kali ini juga ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai salah satu bentuk syukur sudah bertambah usia KEB.

MakPon bilang 11 tahun itu suatu angka yang selaras berdiri kokoh, harapannya KEB juga akan terus kokoh berdiri dengan menebar manfaat dan memberdayakan perempuan Indonesia dalam berkarya di ruang digital.

Donasi Dari KEB


Sebagai rasa syukur KEB, di tahun ini mengajak membernya untuk turut serta dalam berdonasi, baik lewat materi maupun setoran lari sejauh 11K sesuai dengan usia KEB saat ini. Alhamdulillah sudah terkumpul donasi dan siap disalurkan ke RA Miftahul Jannah, di Noborejo, Salatiga. Donasi secara simbolis diserahkan oleh Ketua KEB kepada Mak Rani Ketua KEB Solo. Meskipun donasi sudah disalurkan, namun KEB senantiasa terbuka donasi dari para membernya kapanpun.







Perempuan Berkebaya


Oh ya pada perayaan KEB kali ini ada dresscode menggunakan kebaya dan kain, meskipun gak semua menggunakannya tapi keseruannya tetap ada kok. Ditambah lagi ada fashion show mengenakan kebaya dari PBN Community yang melestarikan budaya nusantara terutama mengenai wastra dan kebaya. Salah satu pakaian tradisional dari Indonesia ini memang patut dilestarikan agar tidak hilang dan ada rasa percaya diri dari perempuan Indonesia ketika menggunakannya.




Alhamdulillah saya berkesempatan menggunakan kebaya juga dan dinyatakan sebagai best dress hari itu. Gak nyangka aja, padahal cuma turut memeriahkan acara saja.

Ilmu Yang Daging Dari Para Narasumber


Perayaan ultah KEB gak cuma soal senang-senang, makan-makan, dan kopdar saja tapi juga kami yang hadir disuguhi ilmu-ilmu yang bermanfaat dari narasumber yang hadir seperti Oktora Irahadi (CEO Infina), Ali Muakhir (Author Content Writer & Influencer), dan Abi Satria (Content Creator).

Sebagai emak atau perempuan kita juga harus meningkatkan skill, beruntunglah KEB selalu mau membagikan ilmu-ilmu bermanfaat bagi membernya agar berdaya dan jugamelek wawasan terutama di bidang digital.




Okta Irahadi memberikan insightnya mengenai "Cara Cuan Masa Kini". Jadi kita itu harus bisa mengikuti perkembangan zaman begitu pula dalam mengambil peluang yang ada. Dalam dunia online banyak kok peluang usaha yang dapat dipilih seperti freelancer, SEO Specialist, Toko Online, Dropship dan lain-lain. 

Nah, dari peluang yang ada tersebut kita harus konsisten agar senantiasa ada dan tidak tergantikan, berusaha objektif dalam menentukan target agar tepat sasaran. Menjadikan media sosial dalam ajang bersosialisasi agar mendapatkan koneksi yang baik serta meluangkan waktu untuk terus berproses.


Ada pembahasan seru juga dari Kang Ali Muakhir terutama buat emak-emak yang suka nulis blog nih yaitu "Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode EMAK". EMAK di sini singkatan dari :
  • Mendapatkan Rasa - penting mengendapkan rasa saat ada ide supaya bisa diresapi lebih baik
  • Mulai Dengan Struktur - struktur yang inspiratif yaitu kisah yang ditulis memberikah ilham, ide atau gagasan supaya bisa mencapai tujuan
  • Apa pesan yang akan disampaikan - intinya dalam menulis harus ada pesan yang bisa disampaikan di dalamnya
  • Kapan Tulisan Tuntas - yang terakhir adalah membuat jadwal kapan tulisan harus selesai

Terima kasih KEB yang sudah membuat kami para blogger lama bisa bersilaturahmi kembali dan merasakan kebahagiaan bersama di HUT KEB ke-11. Makin sukses dan memberikan ilmu pada membernya, Makin Berjejak dan Berbagi KEB Masuki Usia 11 Tahun


Post a Comment

0 Comments