Rekomendasi Oleh-Oleh dari Surabaya, Buah Tangan Dari Kota Pahlawan!

Selain DKI Jakarta, Surabaya adalah kota terbesar di Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar yang terletak di Provinsi Jawa Timur, bertetangga dengan Malang dan juga Sidoarjo. Dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, Surabaya punya beberapa destinasi wisata yang menarik.

Rekomendasi oleh-oleh dari Surabaya





Untuk pergi ke Kota Surabaya, kamu bisa menempuhnya melalui jalur darat, tepatnya menggunakan kereta api. Kamu bisa memesan tiket kereta api melalui Traveloka dan menikmati promo tiket kereta api di Traveloka. Saat sampai ke Surabaya, jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh untuk saudara di rumah, ini rekomendasi oleh-oleh dari Surabaya yang dapat kamu beli.

 

1.       Kue Spikoe Resep Kuno Surabaya


Jika kamu ingin membeli kue yang lembut dan juga manis, Spikoe dari Surabaya ini bisa jadi pilihan. Dengan olesan selai di bagian tengah, kue ini memiliki rasa yang manis yang pas, sehingga cocok untuk dijadikan kudapan saat menikmati teh di sore hari.

Kue Spikoe sendiri merupakan kue lapis yang terdiri dari tiga tekstur lembut. Kue ini merupakan bisnis keluarga yang sudah berjalan sejak tahun 1976.

2.       Sambal Khas Bu Rudy


Saat berkunjung ke Surabaya, tidak lengkap rasanya jika tidak pergi ke Jalan Dharmahusada di Gubeng, Surabaya. Lokasi tersebut merupakan tempat berdirinya tempat makan dan pusat oleh-oleh sambal yang terkenal, yaitu Sambal Bu Rudy.

Bagi pecinta cita rasa pedas, Sambal Bu Rudy ini memiliki rasa pedas tersendiri yang mampu meningkatkan selera makan. Produk sambal dari Bu Rudy ini terdiri dari tiga rasa, yaitu Sambal Bawang, Sambal Terasi, dan juga Sambal Ijo.

Selain produk sambal, ada juga oleh-oleh lain seperti makanan ringan ataupun produk olahan ikan yang dibekukan.

3.       Siropen Telasih


Bosan dengan sirup yang ada di rumah? Kamu bisa nih mencoba sirup yang sudah melegenda yaitu Siropen Telasih. Siropen Telasih merupakan sirup dari Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1923, dan didirikan oleh JC Van Drongelen dan Hellfach.

Ada banyak varian rasa Siropen Telasih yang bisa kamu coba, mulai dari rasa cocopandan, rasa melon, rasa mawar, rasa leci, rasa frambozen, dan masih banyak lagi varian rasa sirup ini.

4.    Sambal Cuk!


Selain Sambal Bu Rudy, Surabaya juga punya produk sambal yang tidak kalah pedas dan nikmat yaitu Sambal Cuk! Sambal ini memiliki banyak varian rasa, seperti sambal bawang, sambal udang ebi, sambal original, sambal bawang petai, dan masih banyak lagi. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 22 ribu hingga 27 ribu.

5.    Almond Crispy


Jika ingin membeli kudapan dengan rasa manis, kamu bisa membeli makanan Almond Crispy, yaitu makanan dengan bentuk yang tipis serta cita rasa yang manis dan gurih. Camilan ini dibuat dari beberapa bahan seperti gula, telur, tepung, dan juga susu bubuk.

Ada beberapa rasa yang bisa kamu coba, seperti rasa cokelat, keju, coklat keju, green tea, dan rasa lainnya. Di atas almond crispy tersebut, ada taburan topping kacang almond dan juga keju parut yang menambah rasa makanan jadi lebih gurih dan crunchy.

6.    Cakwe Peneleh


Mungkin kamu sudah sering mengkonsumsi makanan ringan yaitu cakwe. Cakwe adalah makanan yang terbuat dari tepung dengan rasa yang gurih dan lezat. Cakwe Peneleh merupakan kudapan yang juga memiliki rasa khas. Selain itu, Cakwe Peneleh juga memiliki variasi berupa isian ayam dan juga udang.

7.    Guna-Guna Snack


Guna-Guna snack merupakan toko makanan ringan dari Surabaya dengan berbagai macam produk, seperti kue semprit keju, bakso goreng, hingga keripik kentang. Selain itu, Guna-Guna Snack juga menyediakan makanan lain seperti macaroni schotel dan chicken puff.

Kamu bisa mengunjungi tempat Guna-Guna Snack yang berlokasi di Jl. Jajartunggal Utara Vii J-19 Jav 308, Jajar Tunggal, Surabaya, Jawa Timur.

8.    Kaos Cak Cuk


Selain makanan, kamu juga bisa membawa pulang oleh-okeh berupa pakaian yang dapat kamu beli di Kaos Cak Cuk. Kaos Cak Cuk merupakan pakaian dengan desain berupa tulisan khas Surabaya dengan desain yang menarik dan lucu.

Selain kaos, di toko Cak Cuk ini juga ada beberapa barang lain seperti gantungan kunci, mug, tas, hingga beberapa makanan ringan. Kamu bisa datang ke toko Cak Cuk ini di Jl. Dharmawangsa No.53 A, Kecamatan Gubeng.

9.    Sirup Mangrove


Karena berbatasan dengan laut, Surabaya memiliki hutan bakau atau magrove yang berlokasi di Rungkut. Penduduk di sekitar pun mengolah mangrove ini menjadi sirup dengan rasa yang cukup unik, yaitu rasa manis dan asam menjadi satu, dan jadi lebih segar jika dikonsumsi dengan menggunakan air dingin.

Sirup mangrove ini mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu vitamin A dan Vitamin C, serta antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kamu.

10.   Kue Bikang


Tidak hanya cakwe, namun di peneleh juga ada makanan khas Surabaya lainnya yaitu kue bikang. Kue bikang merupakan kue yang dibuat dengan bahan dasar seperti tepung beras, gula, dan juga santan. Kue ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut, namun ada tekstur yang krispi di bagian bawah kue.

Berkunjung ke Surabaya jadi lebih lengkap jika membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk sanak saudara di kota asal. Selain kuliner, Surabaya juga memiliki banyak tempat bersejarah, karena itu Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan.

Post a Comment

0 Comments