Pengobatan Trigeminal Neuralgia di RS Pusat Otak Nasional

Operasi MVD di RS Pusat Otak Nasional Atasi Trigeminal Neuralgia - Bebas dari rasa sakit adalah hak asasi manusia. Tahu gak sih kebutuhan terbanyak orang datang ke dokter adalah karena adanya rasa sakit. Rasa sakit yang dialami ada yang masih tertahan, ada pula yang tidak tertahankan seperti penderita Trigeminal Neuralgia. Saking sakitnya bisa menyebabkan Suicide Disease. Ada yang tahu dengan kedua istilah kedokteran ini?

Pengobatan Trigeminal Neuralgia di RS Pusat Otak Nasional




Awareness Tentang Trigeminal Neuralgia Lewat Blogger Gathering


Trigeminal Neuralgia merupakan istilah medis yang baru saja saya ketahui ketika mengikuti blogger gathering di RS Pusat Otak Nasional (PON) beberapa waktu lalu untuk memperingati Hari Internasional Trigeminal Neuralgia Sedunia setiap tanggal 7 Oktober.

Kenapa sih penyakit Trigeminal Neuralgia diperlukan edukasi? Karena sakitnya ini bisa membuat penderitanya mengalami penurunan kualitas hidup karena tidak bisa beraktivitas normal seperti orang lain pada umumnya karena merasakan sakit sebelah yang luar biasa. Jika tidak segera diketahui penyakitnya dan tidak dilakukan pengobatan, dapat menyebabkan Suicide Disease yaitu kondisi akut yang membuat penderitanya sudah putus asa bahkan ingin mengakhiri hidupnya sendiri. 


Sharing dari Penyintas Trigeminal Neuralgia


Pada Blogger Gathering hadir pura penyintas Trigeminal Neuralgia yang membagikan pengalamannya tentang sakitnya hingga bisa sembuh saat ini. Ibu Novita dan Bapak Abdulah punya pengalaman yang mirip mengenai rasa sakitnya tersebut hingga sempat berpikir lebih baik mati saja saking frustasinya. 

Buat orang awam mungkin bingung dengan penyakit ini. Buat gambaran saja, ketika ada angin lewat, atau ada sehelai rambut menempel pada bagian yang sakit, penderita akan mengalami sakit yang luar biasa. 

Pak Abdulah harus berjuang keluar masuk rumah sakit dan berganti-ganti dokter untuk mencari tahu mengenai penyakitnya tersebut, karena sejak awal belum ada diagnosis mengenai Trigeminal Neuralgia. Selama 7 tahun akhirnya beliau mendapatkan rujukan di RS PON dan bisa sembuh.

Sedangkan Ibu Novita menceritakan pengalaman rasa sakitnya tersebut hingga harus menjalani pengobatan gigi segala macam, padahal sebenarnya beliau ini tidak sakit gigi. Hal tersebut dilakukan untuk mencari tahu penyebab sakitnya. Hingga akhirnya beliau sembuh dengan MVD di RS PON.


Mengenal Trigeminal Neuralgia dari Ahlinya


Trigeminal Neuralgia



Untuk mengenal Trigeminal Neuralgia ada dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS dan dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS yang menjelaskan semua hal pada kami dari bedah saraf RS PON.

Trigeminal Neuralgia adalah nyeri wajah sebelah yang kronis. Terjadi akibat adanya penekanan pembuluh darah yang menekan saraf no. 5 ketika keluar dari batang otak.

Ciri-ciri penyakit Trigeminal Neuralgia ini mirip dengan penyakit lainnya seperti migren, sakit kelapa, sinusitis, sakit gigi, dan sakit lainnya. Karena adanya kemiripan tersebut sehingga tidak bisa langsung didiagnosa sebagai penyakit Trigeminal Neuralgia.

Untuk menyembuhkan Trigeminal Neuralgia dapat dilakukan dengan Operasi MVD atau Microvascular Decompression. Pada operasi MVD ini dokter melakukan pembebasan penekanan pembuluh darah sehingga tidak merasa sakit lagi. Operasi MVD dapat dilakukan untuk jalan kesembuhan pasien Trigeminal Neuralgia dengan catatan rujukannya tidak terlalu lama sehingga bisa segera dideteksi dan dilakukan pengobatan.

bedah saraf RS PON



Sebelum melakukan tindakan MVD, pasien harus melalui serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu yaitu lewat interview dengan bertanya kronologis atau hal-hal yang diperlukan untuk penunjang diagnosis. Selain itu pula diperlukan pemeriksaan medis, dan pemeriksaan radiologi hingga treatment. Di RS PON pemeriksaan radiologi menggunakan MRI 3 Tesla untuk mendapatkan pencitraan yang lebih baik dan pastinya didukung tenaga ahli yang cakap.


Operasi MVD is Happy Surgery 


Pengobatan Trigeminal Neuralgia menggunakan MVD meskipun operasi tergolong aman tapi harus dilakukan dengan cermat lewat tatalaksana yang perlu disebarkan pada tenaga medis di seluruh Indonesia karena belum seluruhnya mendapatkan ilmu ini untuk menghindari risiko. Sebelum melakukan MVD tim tenaga kesehatan harus mengumpulkan data terlebih dahulu dan mempunyai standar baku serta tenaga terlatih dan alat canggih untuk melakukan operasi bedah mikro.

operasi MVD is happy surgery





MVD dilakukan di belakang telinga dengan sayatan kecil dan para dokter tetap memperhatikan faktor kosmetik sehingga bekas luka operasi tidak terlihat karena berada di di belakang rambut.

Operasi MVD is happy surgery, ini lah tagline yang diusung oleh RS PON dalam melakukan pengobatan pada pasien Trigeminal Neuralgia, artinya adalah hasil operasi pasien baik, nyeri hilang, tingkat keselamatan baik, tidak ada komplikasi, dan pasien serta keluarga bahagia.

Yuk kenali lebih dekat gejala Trigeminal Neuralgia, cari second opinion jika ada rasa sakit yang tidak tertahan pada wajah belum berangsur sembuh apalagi dalam jangka waktu yang panjang. Jangan sampai penderita terganggung akibat rasa sakitnya dan mengalami Suicide Deases. 

Post a Comment

0 Comments