Mager Itu Membosankan, Lebih Enak Mencoba Gaya Hidup Sehat

Siapa suka mager? Memang enak banget kok mager di rumah, saya pun juga suka. Jadi inget masa-masa awal pandemi, kami melakukan semua aktivitas di dalam rumah karena takut keluar rumah. Apa jadinya kebanyakan di rumah, kerjaan hanya makan dan rebahan tapi kurang gerak. Lama-lama berat badan naik dong malah jadi gak sehat. Ternyata mager itu membosankan, lebih enak mencoba gaya hidup sehat mulai dari saat ini untuk investasi masa depan.

gaya hidup sehat




Menerapkan Gaya Hidup Sehat Dengan Memberikan Contoh

Menjalani gaya hidup sehat membuat suasana hati dan kemampuan kognitif juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain itu juga bisa bantu meningkatkan stamina tubuh serta mencegah penyakit. Praktiknya menerapkan gaya hidup sehat itu memang gak mudah, jangankan untuk orang lain, untuk diri sendiri saja berat. Padahal kita tahu gaya hidup sehat itu banyak manfaatnya baik saat ini maupun jangka panjang.

Jika ingin keluarga ikut serta menerapkan gaya hidup sehat pada keluarga terutama pada anak-anak pastinya harus diberikan contoh mulai dari orangtuanya. Bagaimana anak bisa memulai hidup sehat kalau orangtuanya sendiri belum menerapkan pola tersebut.

Kami di rumah masih berusaha untuk mencoba gaya hidup sehat dan belum sepenuhnya sempurna. Si bungsu di masa pandemi jarang sekali melakukan aktivitas gerak akibatnya berat badannya pun naik. Saya sudah panik nih, karena yang terbayang berbagai penyakit. Pastilah sebagai orangtua khawatir nanti si kecil yang menjadi besar ini obesitas, bahkan saya sampai melihat tengkuknya takut berwarna hitam. Hal ini gak bisa dibiarkan, makanya kami pun mencari cara untuk memperbaiki hal tersebut sebelum terlanjut jauh menjadi penyakit.

Kami memberikan pengertian pada anak-anak terutama masalah kesehatan supaya mereka mengerti. Memberikan contoh sebab akibat kenapa kita harus menjalani pola hidup sehat. Butuh waktu dan pembiasaan supaya kami bisa menjalaninya, tapi dengan niat dan keyakinan besar Insya Allah semua bisa dilalui.

Beberapa aturan yang bisa dijalankan bersama untuk menerapkan gaya hidup sehat antara lain:


Tetapkan Aturan Tidur 

Berhubung setiap hari ada di rumah selama pandemi, pola tidur pun menjadi berantakan. Kami mikirnya besok tidak kerja atau tidak pergi ke sekolah jadi jam tidur pun menjadi lebih malam. Esok harinya pastinya mengantuk dan lebih banyak tidur di siang hari.

Perlahan kami membiasakan diri lagi untuk tidur lebih teratur, terutama buat anak-anak karena tidak baik juga untuk kesehatan mereka. Membatasi tontonan di malam hari supaya mereka bisa tidur lebih cepat kembali. Hal tersebut juga dilakukan supaya tidak kaget di saat sekolh tatap muka mulai berjalan lagi.

Kelola Stres Dengan Baik


Siapa pun bisa mengalami stres baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Mengelola stres itu juga sama  pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh supaya kesehatan mental kita bisa terjaga.

Banyak hal bisa dilakukan untuk menghindari stres diantaranya refreshing dan olahraga. Berkomunikasi dengan teman atau jalan-jalan dengan keluarga untuk mengusir penat juga biasa kami lakukan untuk menjaga stres.


Olahraga Teratur


Supaya si kecil tidak terus bertambah beratnya secara drastis, kami pun mengajaknya olahraga secara teratur. Perlahan tapi pasti semuanya bisa dijalani. Namanya juga anak kecil diajak olahraga ada kalanya malas dan rewel tidak mau melakukannya. Tapi setelah diberikan penjelasan akhirnya mereka pun bisa sadar sendiri dan bisa merasakan manfaatnya.

Keluarga kami punya 4 olahraga favorit yang biasa dilakukan di rumah baik sendiri maupun bersama yaitu sepeda, lari, berenang, dan olahraga core & strength training.

family bike





Menjaga Pola Makan


Memilih menu makanan bergizi seimbang itu perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan membiasakan diri mengonsumsi sayur supaya mereka lebih aware tentang menjaga kesehatan diri ke depannya nanti dengan makan sehat.

Apakah mereka suka semua jenis sayur? Pastinya tidak. Maka dari itu sebagai ibu harus bisa mengolah sayuran tersebut semenarik mungkin dan memberitahukan manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya sih saya infokan kalau kurang makan sayur akan mengakibatkan kurang serat bisa berbahaya buat usus. Kalau sudah sakit, biayanya mahal dan bisa mempengaruhi masa depan. Sakit harus dirawat di rumah sakit, ketinggalan pelajaran juga hilang kesempatan mencoba berbagai hal di masa muda.

Kalau menerapkan pola makan sehat, artinya gak makan mie atau ngemil dong? Siapa bilang kita gak boleh ngemil termasuk makan mie? Justru ngemil itu juga bermanfaat untuk kesehatan kita lho diantaranya mengurangi rasa lapar dengan catatan kita mengkonsumsi camilan sehat dan tidak berlebihan. Dengan ngemil kita juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi jika camilan yang dipilih seperti buah contohnya. 

Makan mie pun tak masalah kalau memilih mie yang sehat dan terbuat dari bahan alami tanpa pengawet dan pewarna buatan dari Mie Lemonilo. Mienya juga diproses lewat pemanggangan jadi bebas lemak. Nah, menu makan malam hari ini, anak-anak minta dibuatkan mie Lemonilo. Supaya tetap bisa menjaga kaidah menu makan sehat seimbang, saya pun masak mienya dengan aneka topping yang mengandung protein hewani juga sayur-sayuran 

seblak mie lemonilo



Kebetulan sekali saya lihat di web Mie Lomonilo punya resep seblak mie yang bisa dipraktikkan langsung di rumah. Sebagai orang Sunda sudah gak asing lagi dengan makanan seperti ini. Ternyata dari Mie Lemonilo pun bisa dibuat aneka makanan yang beragam 

Sambil tetap belajar kami menjalani pola gaya hidup dengan hidup sehat dengan santai. Artinya tetap bisa menikmati hidup dengan senang-senang walaupun banyak aktivitas termasuk masalah di dalamnya tapi tetap menjaga stres. Tak lupa menjalani olahraga secara teratur sehingga tetap bisa makan enak dengan gizi seimbang. Alhamdulillah si kecil yang awalnya mager bergerak menjadi lebih rajin olahraga dan bisa menjalani hidup sehat dengan sadar.

Post a Comment

15 Comments

  1. Pas lagi hujan seharian di sini. Ngebayangin enaknya makan seblak buat ngangetin badan. Apalagi kalau rasanya pedas.

    ReplyDelete
  2. Duh aq paling susah jaga pola tidur, apalagi kalo kecentok drama wkwkwkwk makanya berat badan ga seimbang dan sering lemes. Harus berusaha nih menjalani pola hidup sehat

    ReplyDelete
  3. Setuju banget, aku juga lagi pelan2 coba menerapkan gaya hidup yang lebih sehat mbak. Tapi untuk urusan waktu tidur yang masih agak kacau nih. Karena udah terlalu lama kebiasaan tidur malam

    ReplyDelete
  4. Hwaaa...enaknya seblak mi! Di deket rumahku ada warung seblak (di gang) yang selalu ramai. Enak dan murmer pula. Tapi kalau mau lebih puas dan sehat, memang bikin sendiri. Bisa pakai bahan yang lebih sehat seperti lemonilo ini, plus nambahin bakso, ayam, atau apa pun sesuka hati.

    ReplyDelete
  5. Gaya hidup sehat peer banget buat saya, mulai sedikit2 mengubah gaya hidup tapi masih belum konsisten. Olahraga dan makanan sehat terutama nih....

    ReplyDelete
  6. gaya hidup sehat ngga bisa ditawar lagi sekarang. kudu banget sih diterapkan sejak dini. APalagi banyak faktor dari luar yang sangat tidak sehat menyerang kita termasuk dari makanan dan lingkungan

    ReplyDelete
  7. Wah saya belum pernah nyobain mie seblak lemonilo nih. Coba ah mumpung lagi mager juga. Hihi..

    ReplyDelete
  8. Masih banyak banget nih PR saya, Mbak Lidya tapi kalo urusan makan Mie Lemonilo, semua orang di rumah sini suka :D

    ReplyDelete
  9. Pas pandemi kemarin agak terlena, karena jarang keluar rumah jadi lebih jarang oleh raga juga. Tapi sekarang berusaha semangat lagi..

    ReplyDelete
  10. Menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah. Dan saya setuju sebagai orang tua harus menjalankan pola hidup sehat dengan maksimal sedini mungkin untuk jadi percontohan. Toh kesehatan tetap yang utama ya sekarang ini, ya

    ReplyDelete
  11. Kalo pas liburan di rumah mager emang menyenangkan bangettt... Tapi bener sih mbak, lebih menyenangkan kalo hidup sehat karena bisa bermanfaat untuk jangka panjang juga.

    ReplyDelete
  12. Kalau kelamaan mager malah gak asih juga kan.. badan tuh jadi kaku.
    Memang kudu bergerak sih ya, minimal jalan kaki dibanyakin atau naik turun tangga

    ReplyDelete
  13. baru nyobain mie lemonilo yang varian rasa korean spicy, wah ternyata enak ya, jadi beralih deh ke mie lemonilo

    ReplyDelete
  14. Sekarang paling susah aku menerapkan pola tidur yang sehat kak. Apalagi belakangan ini aku lagi banyak pikiran pemicu stress. Akibatnya aku pun susah tidur.

    ReplyDelete
  15. Mbak Lia nih makin terlihat muda, sehat dan ramping. Suka banget lihat fotonya. Envie pengen gitu juga. Gaya hidup sehat, makanan sehat dan olahraga memang luar biasa hasilnya

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)