Tingkatkan Ketahanan Pangan Samawa Fish Gelar Bazar dan Sosialisasi Perda

Ada yang tau Menara Samawa? Unik banget namanya, itu yang terlintas di pikiran saya. Karena penasaran langsung googling nama tersebut. Kebetulan sekali saya diundang ke sana untuk melihat kegiatan yang diadakan di Menawa Samawa berupa bazar dan Sosialisasi Perda sebagai salah satu bentuk tingkatkan ketahanan pangan untuk warga di sana.

Tingkatkan Ketahan Pangan






Tentang Menara Samawa


Sebelum bahas tentang kegiatan, saya cerita sedikit tentang Menawa Samawa dulu supaya teman-teman juga tahu tentang tempat ini.

Menasara Samasawa ini merupakan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) yang merupakan program pemerintah pertama yang menyediakan rumah DP - Rupiah yang biasa juga disebut dengan apartemen bersubsidi. Menara Samawa letaknya ada di kawasan NUANSA Pondok Kelapa tepatnya di jalan Haji Naman. Menara Samawa dibangun dan dikembangkan oleh Perumda Sarana Jaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang esensial untuk semua kalangan terutama mereka ingin rumah tinggal sendiri.

Saat ini sudah ada 1 tower yang sudah dihuni dan sedang dalam tahap penyelesaian tower selanjutnya. Lokasinya strategis sekali dekat dengan Halte trans Jakarta dan Jak Lingko. Fasilitas yang ada di Menara Samawa ini juga bisa dibilang lengkap, ada balai warga juga lho selain taman bermain untuk anak-anak.

Bicara soal warga Menara Samawa, di dalam 1 tower ini ada 1 RW dan beberapa RT. Di mana 1 RT itu terdiri dari 4 lantai unit yang ada di sana. Jadi setiap 4 lantai terhitung 1 RT. Demikian pembagian RT yang sempat saya tanyakan.


Mengintip Program Ketahanan Pangan Warga Samawa


Hari Minggu, 12 Desember 2021 lalu  Menara Samawa ini punya kegiatan bazar yang diselenggarakan oleh warga Samawa yang tergabung di Pokdakan (Samawa Fish) dan didukung oleh Pokdakan jakarta timur. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pangan dan mempromosikan UMKM yang ada di  Menara Samawa kepada masyarakat sekitar.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan Pokdakan (Kelompok Pembudidayaan-Ikan Kecil) di Menara Samawa punya 8 kolam budidaya lele yang dikelola oleh warganya. Sebagai bentuk nyata ketahanan pangan dari warga untuk warganya, bagus juga programnya.

🎀 Bazar Warga

Di Lobi Menara Samawa ada bazar yang diadakan oleh warganya. Mereka menjual berbagai produk mulai dari olahan makanan yang dibuat sendiri, minuman, hingga pakaian murah. Warga yang mengikuti bazar ditempatkan di meja atau booth-booth yang sudah disediakan di area lobi.

bazar menara samawa



Di sini saya juga menemukan booth Pokdakan Samawa Fish yang menjual ikan lele siap masak dan ikan lele segar yang masih hidup. Ikan-ikan lele ini berasal dari kolam budidaya yang dikelola oleh Samawa Fish. Dengan adanya Samawa Fish ini artinya dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan dan bisa terus berkembang ke depannya. Pada bazar tersebut juga hadir booth Poktan (Kelompok Tani) Jakarta Timur.

Oh ya, pada hari itu juga hadir Bapak H. Abdurahman Suhaimi, Lc., MA Wakil DPRD DKI Jakarta untuk melihat langsung kegiatan warga Menara Samawa. Beliau dengan antusias berkunjung dari satu booth ke booth lainnya untuk bertanya mengenai produk yang dijual.

Bapak Abdurahman Suaimi juga berkesempatan memberikan bibit pada warga untuk ditanam untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. 


🎀 Sosialisasi PERDA


Setelah melihat bazar di area lobi Menara Samawa, Bapak Abdurarahman Suhaimi menuju ke balai warga untuk memberikan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2013 tentang Kesejahteraan Sosial. Wah bagus juga programnya ya, warga diberitahukan mengenai Perda langsung oleh pemangku jabatan yang berkepentingan yaitu Wakil DPRD DKI Jakarta.

sosialisasi perda menara samawa



Ada pun tujuan diselenggarakannya sosialisasi Perda sebagai bentuk pelayanan sosial dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial.

Kegiatan positif yang diadakan oleh Samawa Fish ini perlu diacungi jempol dan didukung untuk tingkatkan ketahanan pangan apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.


Post a Comment

4 Comments

  1. Bantuan sekecil apapun akan berdampak pada rasa bahagia dan kemauan melanjutkan hidup di masa depan

    ReplyDelete
  2. Aku baru dengar nama Menara SaMaWa, bangga banget aku sama usaha yang dilakukan oleh warga SaMaWa mengenai masalah ketahanan pangan, jadi pengen nyobain semua hasilnya kaya Lele nya, pasti enak bgt

    ReplyDelete
  3. Ketahanan pangan diwujudkan dengan beragamnya lauk pauk yang dikonsumsi oleh keluarga dan ketersediannya di pasaran. Samawa Fish mendukung ketahanan pangan masyarakat dengan mengadakan bazaar.

    Semoga program yang baik ini bisa merambat ke daerah lain juga..

    ReplyDelete
  4. Saya jadi ingat doa saat ada teman menikah, "Semoga samawa." Dan tampaknya memang itu yang diharapkan dari program rusun bersubsidi ini. Lepas dari kegiatan bazar ketahanan pangan yang sangat menarik, saya malah jadi senang banget saat baca ikan lele itu budidaya warga sendiri karena tampaknya rusun ini semi coliving ya.
    Duuh.. pengen punya satu unit.....

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)