Ini Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Test Drive Suzuki

Test drive mobil perlu dilakukan dengan persiapan yang matang agar Anda bisa mengendarai mobil dengan lancar.

test drive
pic source : Suzuki.co.id



Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan test drive agar nantinya tidak mengalami kendala. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum test drive.

Mengatur Posisi Duduk yang Nyaman


Cara test drive mobil Suzuki yang pertama dan harus diperhatikan adalah mengatur posisi duduk yang nyaman. Anda bisa mencoba untuk mengatur kursi yang akan diduduki terlebih dahulu untuk mencari posisi paling nyaman dan bisa berkonsentrasi saat melakukan test drive.

Mengatur posisi yang nyaman ini berlaku ketika Anda bertindak sebagai pengemudi maupun sebagai penumpang. Pengaturan kursi ini tentu saja dapat dilakukan di setiap baris tempat duduk mobil agar pengemudi dan penumpang tetap nyaman.

Posisi tempat duduk ini bisa diatur sesuka hati, namun Anda harus tetap berhati-hati saat sedang di posisi sebagai pengemudi. Saat menjadi pengemudi, Anda harus berada di posisi paling nyaman, namun tetap harus bisa menatap jalanan dengan leluasa.

Mulai Menyalakan Mobil


Hal berikutnya yang harus disiapkan saat melakukan test drive adalah mulai menyalakan mobil Suzuki. Pastikan posisi kunci mobil sudah dalam kondisi on, sehingga Anda bisa menyalakan kendaraan ini dengan baik.

Saat akan menyalakan mobil, pahami terlebih dahulu cara kerjanya agar Anda tidak melakukannya dengan sembarangan. Di samping itu, menyalakan mobil dengan perlahan sesuai dengan tahapan yang benar, agar mesinnya tidak mudah rusak.

Pastikan lampu indikator juga sudah dalam keadaan on saat Anda akan menyalakan mobil. Biarkan mobil tetap dalam kondisi menyala sekaligus untuk membuat mesinnya mulai panas. Hal ini akan membuat mobil bisa beroperasi dengan lancar dan performanya bisa maksimal.

Mencoba Mendengarkan Bunyi Mesin


Setelah menjalankan mesin, sebaiknya Anda mencoba untuk mendengarkan bunyinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah bunyi mesin mobil dalam kondisi normal atau tidak. Mencoba mendengarkan bunyi mesin ini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan.

Mendengarkan bunyi mesin saat mobil baru saja menyala bertujuan untuk mengecek normal atau tidaknya komponen tersebut. Pada umumnya, mesin mobil yang bermasalah akan menimbulkan bunyi tertentu ketika baru dinyalakan, sehingga Anda bisa memastikan kondisinya kembali.

Jika Anda mendengar bunyi yang aneh dari mesin mobil, maka lakukan pengecekan kembali sebelum melakukan test drive. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda mendapatkan mobil dengan performa terbaik yang layak untuk dibeli setelah dicoba.

Mencoba Memperhatikan Transmisi Mobil


Hal berikutnya yang harus dicek sebelum melakukan test drive adalah mencoba memperhatikan transmisi mobil terlebih dahulu. Ada dua jenis transmisi mobil yang tersedia, yaitu manual dan otomatis, sehingga Anda harus memahami cara kerjanya dan perbedaan keduanya.

Pengecekan transmisi ini dilakukan dengan cara pemindahan posisinya untuk mengecek performanya. Pada umumnya, transmisi yang kondisinya baik tidak akan mengalami gangguan berupa jeda atau hentakan keras saat Anda melakukan perpindahan posisi.

Percobaan perpindahan posisi ini sangat perlu dilakukan karena transmisi berperan penting ketika Anda berkendara. Transmisi berhubungan dengan kecepatan mobil yang dikendarai di berbagai medan, dan ini juga berlaku pada saat Anda melakukan test drive.

Mulai Melakukan Test Drive dengan Tenang


Hal berikutnya yang harus dilakukan setelah melakukan berbagai pengecekan tersebut adalah melakukan test drive. Lakukan ini dengan santai agar Anda bisa sekaligus mengecek performa mobil. Di samping itu, pastikan Anda sudah menentukan rute yang terdiri dari beberapa kontur jalan.

Saat melakukan test drive ini, sebaiknya Anda meminta ditemani rekan atau pegawai showroom. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mencoba duduk di posisi pengemudi maupun penumpang. Manfaatkan waktu yang disediakan sebaik mungkin saat Anda melakukan test drive.

Mengecek lampu Indikator


Hal terakhir yang perlu dilakukan setelah test drive adalah mematikan mesin mobil dengan benar.
Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk menyalakan mesin kembali. Tujuannya agar Anda bisa mengecek kinerja lampu indikator, apakah dapat berfungsi dengan normal atau tidak.

Apabila ternyata terdapat masalah dengan lampu indikator ini, sebaiknya Anda harus melakukan pengecekan lanjutan. Pastikan bahwa mobil yang akan Anda beli dalam keadaan prima dan performanya mumpuni. 

Post a Comment

1 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)