Powered by Blogger.

Terapi Stres Dengan Mewarnai Menggunakan Soft Pastel Art

"Wah ternyata bagus juga ya hasil gambar yang saya buat..." 

Terkesan memuji sendiri ya? Buat saya yang gak bisa menggambar, diajari membuat gambar dan mewarnainya pada event Soft Pastel Art workshop bikin takjub, begitu pula dengan teman-teman blogger yang hadir sore itu. Ternyata saya bisa menggambar ya :)





Sabtu (9/11) lalu saya mengikuti warkshop di Faber Castell Boutique, Plaza Senatan sekaligus mengenalkan produk terbarunya Faber Castell yaitu Soft Pastel Art.


Tentang Faber Castell


Siapa sih yang gak tau dengan produk Faber Castell yang dikeluarkan untuk segala usia? Mulai dari pensil, crayon, dan alat gambar lainnya yang berkualitas, makanya Faber Castell punya tagline Teman Sepanjang Usia.



Ada Mbak Hani yang memberikan informasi sejarah mengenai Faber Castell yang usianya sudah lebih dari 250 tahun. Setiap mau ujian pasti deh pensil 2B Faber Castell berwarna hijau saya beli juga untuk anak-anak. Ternyata produk pensil Faber Castell ada tiga macam yaitu merah, biru, dan hijau yang dibedakan pada ketahanan dan pigmentasi warna. Tahu gak sih kalau pensil yang berwarna hijau hasilnya bisa tahan hingga seratus tahun.

Nah dari segi pigmen ini dengan formulanya yang tahan cahaya lightfastness membuat pensil Faber-Castell tidak mudah patah. Mbak Hani mengatakan kalau ada produknya yang mudah patah lapor saja, kemungkinan itu produk palsu.

Selanjutnya Mbak Hani memberikan informasi mengenai produk Soft Pastel Art kepada kami. Untuk memudahkan aktivitas menggambar dan mewarnai produk terbaru ini tersedia dalam Soft Pastel Art Starter Kit yang dikemas dalam tranparent Casing dan di dalamnya terdiri dari Mini Cardboard Box of 24, Eraser Pencil Perfection with brush latex-free Eraser, Kneadable Eraser in Plastic Box, Stencil, dan Pastel Art Paper. Dengan starter kit ini kita sudah bisa memulai menggambar, paling dibutuhkan beberapa alat tambahan seperti pen, tape, dan tissue basah untuk mengelap jari ketika menggambar menggunakan jari.


Soft Pastel Art

Soft pastel merupakan jenis krayon yang mudah dicampurkan untuk menghasilkan perpaduan warna yang intens dan cemerlang. Teksturnya yang melekat sempurna di beragam jenis kertas. SOft Pastel mini cardboard box tersedia dalam kemasan berisi 24, 48, dan 72 krayon.

Ada beberapa teknik menggambar menggunakan Soft Pastel Art yaitu dengan ujung pastel, pinggiran pastel, menggosok dengan perlahan, dan mencampurkan warna. Kali ini kami diajarkan menggambar dan berkreasi dengan Soft Pastel Art dengan teknik mencampurkan warna menggunakan jari. 

Awalnya saya sempat bingung gimana sih caranya menggambar dengan jari? Untungnya Mbak Yayu Alfiani Rahayu dari Creative Team Faber Castell mengajarkan kami teknik tersebut.

Yang perlu kami lakukan untuk mencampur warna adalah dengan mengerik sedikit Soft Pastel dengan warna-warna yang akan digunakan. Lalu mengaplikasikan warna tersebut mengunakan jari pada art paper. Agar warna-warna yang digunakan tercampur merata, kami juga diajarkan teknik blending yaitu menggosokan dua jari dengan teknik memutar.



Saya baru tahu ternyata soft pastel ini bisa dihapus lho, menggunakan eraser yang sudah disediakan atau dapat pula dihapus dengan perfection eraser. Jadi gak usah takut salah ketika mengaplikasikan warna saat menggambar.

Ada satu alat bernama stencil yang bisa kita gunakan untuk mencetak gambar yang diperlukan baik dengan soft pastel maupun eraser. 


Nah, ini hasil gambar yang saya buat dengan arahan dari Mbak Yayu. Untuk menggambar domba, bulan dan bintang kita harus menyelesaikan pencampuran warnanya terlebih dahulu, barulah setelahnya dihapus menggunakan bentuk-bentuk yang ada pada stencil. Oh, ternyata mudah ya caranya.


Terapi Stres Lewat Mewarnai


Dari kegiatan menggambar dan mewarnai seperti ini merupakan salah satu cara untuk terapi stres lho. Ketika mewarnai membuat pikiran menjadi rileks sehingga bisa mengalikan pikiran dari masalah yang ada. Terapi seni seperti ini dapat membantu seseorang untuk mengeksresikan perasaannya,  karena saat mewarnai maka otak akan fokus kepada apa yang sedang dikerjakan dan perasaan atau masalah negatif pun akan teralihkan.

Kegiatan menggambar dan mewarnai menggunakan Sost Pastel juga dapat dilakukan oleh anak-anak. Mereka bisa menuangkan apa yang ada dipikirannya dan membantunya mengatasi gangguan kecemasan misalnya, maklumlah anak-anak kadang tidak bisa mengungkapkan perasaannya melalui kata-kata.


Ini hasil gambarnya Pascal menggunakan Sost Pastel. Awalnya saya bingung, dia mau gambar apa sih. Ternyata setelah selesai hasilnya seperti ini. Terlihat ya kalau anak-anak menggambar itu tidak ada rasa takut, semua dituangkan saja pada kertas. Rasanya tidak ada beban, jalani saja lalu lihat hasil akhirnya. 

Berikut ini ada tutorial menggambar menggunakan Soft Pastel agar lebih mudah dipelajari

42 comments

  1. Pascal kreatif dan pinter buangeeet
    aku juga mau ahhh, collect produk2 faber castell ini.
    belakangan daku gampang panik gitu lah, Mak.
    Mungkin mewarnai bisa jadi theraphy ye kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gitu, produk2nya kan gampil ditemukan di toko manapun.
      sukaaakkk bgt aku :D

      Delete
  2. Faber castell inovasinya mank keren banget ya. Mutunya juga tetep oke punya. Jadi gak sabar mau beliin produk ini untik anak saya

    ReplyDelete
  3. suka kagum dengan hasil gambar yg cantik. liatnya jadi adem gitu.
    kalo aku mah ga bisaan gambar. cukup jadi penikmat aja hihihi

    ReplyDelete
  4. Saya pikir mana bisa terapi dengan menggambar. Setelah baca semua ceritanya wah asyik juga. Dan itu hasilnya bikin bahagia lho... Kalau saya yg buat, pasti bikin happy dan stres bikin pergi. Jadi mua punya juga pewarnanya hehehe

    ReplyDelete
  5. Hasilnya luar biasaaa, kak Liaa...
    Aku suka banget.
    Besok aku liatin ke anak-anak aah...ternyata ada teknik dikerik.
    Kalo kaya gini, bisa jadi kartu pos yaa...hihii~

    ReplyDelete
  6. Y ampun mbk hasilnya matte banget dan bagsu banget. Emang Faber Castell jagonya crayon warnanya juga bagus stand ot tidak gampang pudar

    ReplyDelete
  7. Ooh pensil Faber Castell ternyata ada 3 macam warna. Aku juga biasanya beli yang 2B warna hijau buat anak-anak kalau ujian.
    Gambarnya baguus! Jadi penasaran nih gambar pakai soft pastel Faber Castell juga.

    ReplyDelete
  8. Waa hasilnya Pascal bagus banget! btw kalau kita yg dewasa gak punya jiwa seni tuh, pas ikut kelas gini dan liat hasilnya berasa takjub yaa sama diri sendiri. hahaha..
    btw anak aku kmaren baruuu aja beli sof pastel art ini buat bikin2 di sekolahan

    ReplyDelete
  9. Waaah pengin nyobain. Bagus2 lukisannya. Nggak perlu mirip banget sama dunia nyata karena aku nggak bisa gambar. Beginian bisa buat rileks.

    ReplyDelete
  10. Masya Allah. Hasilnya keren, Mbak Lidya ... Kuterpesona 😍

    Faber Castell yang baru ini namanya Soft Pastel Art, ya. Noted.

    Ada saja ya inovasi dari Faber Castell.

    ReplyDelete
  11. Aku pernah bebrapa kali ngerasa dengan mewwarnai ini emang berasa lebih tenang mba. Tapi sedihnya aku kurang telaten mba buat mewarnai. Hehhehe

    ReplyDelete
  12. taglinenya cakep ya mba teman sepanjang usia hehehe...dan waktu ujian juga suka beli faber castell lebih hitam yah ah jadi inget zaman sekolah

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, keren banget hasilnya. Aku jadi pingin beliin ini buat anakku deh

    ReplyDelete
  14. selama ini aku taunya terasi stress dengan mewarnai menggunakan pinsil warna atau spido aja lho mba, tapi sekarang sudah ada yang dalam bentuk crayon ya.. dan hasilnya beneran soft banget seperi namanya.. dan juga punya nilai seni juga.. ini memang untuk orang dewasa ya mbak bukan anak anak?

    ReplyDelete
  15. Aku juga ga bisa menggambar Mbak, tapi baca ulasan Mbak tuh jadi pengen belajar menggambar terus mewarnai pakai Faber Castel ssebagai terapi stress. Btw Faber Castel tuh emang juara ya, dari aku kecil tuh selalu pake pensil warna Faber Castel soalnya enak pas dipakai, enggak keras kayak yang lainnya. Ujian nasionalku juga dulu pakai pensil 2B Faber Castel hehe.

    ReplyDelete
  16. Mewarnai memang jadi terapi yang menyenangkan ya mbak..hehehe..btw aku jg pake faber castel utk anakku mewarnai atau melukis

    ReplyDelete
  17. Lucuuuu banget hasilnyaa.. dan si Obi yang hobi gambar udah pakai ini Lia.. juga tekniknya. Hasilnya kereen

    ReplyDelete
  18. Cakeeep hasil gambar dengan soft pastel art. Oh ternyata pakai krayon khusus yang bisa dihapus. Ga khawatir salah warna atau gimana ya tinggal dihapus aja.

    ReplyDelete
  19. Wah bisa jadi referensi nih buat cucu.
    Pasti antusias banget nih nia
    Iya, kagak usah kaget, gitu dong
    Eike sudah punya cucu
    Cucu keponakan sih, muahahaa

    ReplyDelete
  20. hasil mewarnai sista keren sekali, suka dengan perpaduan warnanya. WAh benar juga ya mewarnai bisa menjadi terapi stress

    ReplyDelete
  21. Aku suka banget lukisannya cantik banget yah sudah seperti ala2 pelukis gitu yah kalau pake Soft art pastel ini, duh jd pengen coba deh aplg bsa mengurangi stress

    ReplyDelete
  22. hasil gambanrnya cakep, Mba.
    Dan ternyata kegiatan menggambar bisa mengurangi stress yaa, nanti mau coba juga ahhh di rumah sama anakku :)

    ReplyDelete
  23. Hasil gambarnya Oke juga Mbak. Lucu hehe, btw saya baru tahu nih ternyata untuk menghilangkan stres bisa dengan cara mewarnai menggunakan soft pastel art ya?

    ReplyDelete
  24. Hasil gambarnya bagus, Mbak. Warna-warninya cerah dan keliatan indah. Saya baru tau menggambar dengan teknik seperti ini, jadi pengen nyobain
    Selama ini saya juga suka belinya pensil faber castell yang warna hijau. Ternyata bisa bertahan hingga 100 tahun ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pingin belajar juga teknik pencampuran warna dengan jari. Hasilnya bagus dan warnanya keliatan rata

      Delete
  25. Saya juga enggak bisa gambar mbak, kalau pakai faber castell soft pastel bisa juga enggak ya bikin gambar yang bagus hehehe

    ReplyDelete
  26. Cakeppppp banget hasilnya, mbak..
    Tapi emang bener kok, mewarnai itu terapi stres. Seolah kita ini melambatkan waktu supaya ngga tergesa-gesa. Kalau aku, biasanya colouring atau handlattering. Mari pankapan kita coba membuat gambar secantik ini.

    ReplyDelete
  27. Bener nih jitu kayaknya terapi gini, mewarnai kan bikin happt.

    ReplyDelete
  28. wah keren banget produk soft pastel art dari faber castel ya. jadi kalau mau buat crafting dan diy project di rumah, bisa pakai ini yaa. Anak-anak pun pasti suka.

    ReplyDelete
  29. Faber Castell dari dulu emang the best, ya. Wah, baru tahu kalau pensil yang warna ijo hasilnya itu bisa tahan sampai 100 tahun.

    Menggambar memang bisa mengalihkan hal negatif. Dan hasilnya pun tak jarang mengungkapkan perasaan kita. Dengan adanya faber castell soft pastel art, hasil gambar akan makin bagus dan cantik, ya.

    ReplyDelete
  30. wah kok lucu gambarnya kyk hasil print2an hehe. Kyknya aku kudu beliin buat anakku soalnya anakku suka pastel gtu mbak. Penasaran ntr cari di toko buku ah :D

    ReplyDelete
  31. Hasil gambar kamu bagus mba. Perpaduan warnanya bagus dan teknik mengkombinasikannya juga oke banget. Jadi kliatan gradasi gitu.

    ReplyDelete
  32. Kalau aku yang gambar pasti warnanya didominasi dengan warna ungu dan gradasinya behehe

    ReplyDelete
  33. Waw Faber Castel usianya sudah 250 tahun yaaa? Keren masih tetap eksis dan selalu ada inovasi baru. Saya juga suka mewarnai, Mbak, pakai pensil warna Faber Castell punya anak saya heheheh. Jadi pengin punya yang Soft Pastel Art ini. Seru banget kayaknya.

    ReplyDelete
  34. Aku tuh mau banget diajari seperti ini
    Di Surabaya ada tapi akunya ang belum diijinkan keluar karena ada bayi

    ReplyDelete
  35. Wah terapi stres dengan coloring emang sukses reduce stres ya.. Aku cukup sering nyobain dan rasanya rileks

    ReplyDelete
  36. Waah jadi bagus ya gambarnya. Faber castle nih emang top banget inovasinya. Asyik nih buat bocah yg lagi demen warnai.

    ReplyDelete
  37. Hasil gambarnya keren banget. Suka lihatnya. Faber Castel warnanya bagus ya, bisa jadi background juga nih sepertinya untuk jurnalku. Ngomong-ngomong, bermain-main dengan warna dan menggambar memang cara terbaik untuk release stres lho. Aku pun sampe sekarang masi suka gambar-gambar gitu

    ReplyDelete
  38. Bagus banget hasilnya. Kebetulan aku lg suka mewarnai juga. Bukan apa-apa, ya karena buat refreshing aja. Trus beli donk, beberapa produk faber castle. Tapi blm ketemu yang ini, hehe. Godaan nih.

    ReplyDelete
  39. Bagussss banget mba. Aku dah lama ga ngegambar. Bisa kudunya aku giniya utak atik ruangan ben anaknya betah

    ReplyDelete
  40. Mbak
    Ini aman ga buat anak 5 tahun?
    Aku lihat kudu diserut dulu ya crayon-nya 😍
    Ah ga sabar mau punya

    ReplyDelete