Powered by Blogger.

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Allhamdulillah sudah memasuki hari ke 21 puasa Ramadan ya, gimana masih semangat kan puasanya? Anak-anak di rumah juga masih semangat kok.

Ngomongin puasa pada anak-anak, Pascal dan Alvin sudah terbiasa melakukan puasa full sejak TK dulu. Malah kalau ditawari setengah hari untuk belajar gak mau. Waktu pertama kali lemas menjelang Ashar, wajar aja sih. Nah lama-lama malah terbiasa, paling lebih banyak tidur aja di siang hari karena di malam harinya juga agak kurang tidurnya. Gak masalah buat saya karena tidur juga ibadah dan sangat dibutuhkan untuk anak-anak.




Untuk mengajarkan anak berpuasa itu susah-susah gampang dan tiap anak itu berbeda. Intinya gak dipaksakan untuk berpuasa full dulu kalau memang belum mampu, lagi pula belum ada kewajiban bukan kalau belum memasuki usia baliq. Allhamdulillahnya anak-anak tipe yang mudah dan gak pakai drama macem-macem.


Anak Suka Mencontoh 


Pada dasarnya semua anak itu peniru ulung baik untuk hal-hal yang baik maupun tidak. Waktu Playgroup, Alvin belum mau puasa full, tapi waktu di sekolah mengikuti berbagai kegiatan Ramadan dan ditambah lagi teman-temannya juga mau berpuasa, akhirnya dia tergiur untuk puasa juga. Sejak itu sampai saat ini selalu berpuasa full selama Ramadan.


Beri Reward Pada Anak


Reward yang diberikan pada anak bisa bermacam-macam tergantung orangtua dan si anak itu sendiri. Kalau saya biasanya tidak memberikan reward berupa uang, tetapi bertanya apa yang mau dimakan untuk buka puasa nanti. Sampai Pascal kelas 7 SMP ini pun dia jarang sekali menagih atau meminta uang, paling minta dibelikan buku saja.


Berikan Kelonggaran Aktivitas


Supaya gak bosan, berikan berbagai aktivitas yang anak-anak sukai misalnya menggambar, menonton kartun, atau bermain game. Beri kelonggaran sedikit asalkan mereka sudah menunaikan semua kewajibannya.


Istirahat Cukup


Selama berpuasa mungkin istirahat malam agak terganggu karena harus menjalani sahur pada dini hari. Minta anak-anak untuk istirahat yang cukup agar daya tahan tubuhnya tidak melemah. Berikan juga makanan bergizi supaya puasanya lebih kuat dan cukupi konsumi air putih supaya anak tidak dehidrasi.


Nah kalau teman-teman punya cerita tentang puasa anak-anak gak? yuk berbagi tipsnya juga

No comments