Powered by Blogger.

THR Lebaran Anak Buat Apa?

Lihat angpau kaya di foto jadi ingat masa kecil dulu, dapet uang banyak dari sodara-sodara rasanya senang sekali. Kalau sekarang sih pastinya gak dapat lagi, yang ada malah ditagih angpau sama keponakan-keponakan.




Kalau anak-anak di rumah sih sekarang ini gak pernah berharap THR lebaran, tapi suka dapat dari saudara-saudaranya. Trus uangnya dipakai buat apa aja?

Ke Toko Buku


Nah, kalau punya uang banyak, anak-anak yang paling diingat yaitu mau beli buku banyak hihihi. Padahal hampir tiap bulan juga beli buku, cuma ya paling masing-masing satu. Boleh-boleh aja beli  buku pakai uang THR-nya tapi jangan dihabiskan semua, beli sesuai kebutuhan aja.


Ditabung


Sisa uangnya setelah dibelikan buku, saya minta mereka menabungkan uangnya di bank. Kadang disimpan dulu di rumah nanti dijadikan satu dengan sisa uang jajan mereka.


Kok uangnya gak dipakai buat beli mainan? anak-anak udah gak pernah beli mainan lagi. Mereka lebih tertarik untuk menambah device untuk mendukung hobi mereka seperti menggambar atau bermain musik.

Kebanyakan anak-anak senang mendapatkan uang ya. Saya pun ikut berbagi memberikan THR pada keponakan-keponanan terdekat. Pernah saya membagikannya menggunakan amplop warna-warni, tapi kok jadinya menambah sampah, karena banyak juga yang memberikan seperti itu dan anak-anak hanya mengambil uangnya saja lalu disimpan di dompet.

Saya juga pernah memberikan uang di dalam dompet kecil, maksudnya untuk mengurangi sampah. Lagi-lagi dompetnya terlalu kecil dan uangnya yang dikumpulkan tidak cukup lagi di dalam dompet tersebut.

Akhirnya sekarang saya putuskan untuk memberikan uang secara langsung saja, tanpa menggunakan amplop atau dompet lagi. Selain tidak menambah sampah juga irit gak harus mengeluarkan uang untuk membeli dompet kecil hihihi.

Tapi, buat teman-teman yang kreatif membuat amplop uang sendiri saya acungkan jempol loh. Saya orangnya gak agak malas membuat, ambil yang praktisnya saja. 

Boleh-boleh saja memberikan THR lebaran pada anak-anak, asalkan diajarkan juga cara menggunakan dan menyimpannya supaya mereka gak boros. Dari THR tersebut banyak hal yang didapatkan selain ikatan kekeluargaan juga kedisiplinan pada anak.

No comments