Powered by Blogger.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa

"Ade, ayo sikat gigi dulu sebentar lagi imsak!" kayanya perintah ini hampir tiap hari saya ingatkan sama anak-anak di rumah di bulan Ramadan ini. Hal-hal kaya gini saya ketat banget pokoknya, soalnya sikat gigi saat puasa waktunya kan terbatas cuma bisa dilakukan saat sahur dan sebelum tidur malam. Kalau sampai kelupaan kasihan aja nanti bakteri di gigi dan mulutnya bisa berkembangbiak dan menyebabkan penyakit.



Gangguan Kesehatan Pada Gigi dan Mulut Yang Muncul Ketika Puasa


Namanya juga lagi puasa pasti gak bisa makan atau minum, padahal minum air putih itu penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa gangguan kesehatan gigi dan mulut yang biasanya muncul saat puasa antara lain bau mulut yang disebabkan meningkatkan konsentrasi sulfur pada mulut sehingga bakteri berkembang biak dan mulut menjadi bau.

Ketika puasa air liur pun berkurang yang menyebabkan penumpukan karang gigi dan plak. Kalau rutin ke dookter gigi untuk melakukan scalling atau membersihkan karang gigi Insya Allah bisa membantu.


Mengatasi Gangguan Kesehatan Pada GIgi dan Mulut Saat Puasa


Paling gak enak kalau lagi puasa itu bertemu dengan orang lain, rasanya risih ya kalau harus menutup mulut ketika berbicara. Bisa sih pakai masker tapi tetap aja jadinya gak nyaman saat mengobrol.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi dan mulut ketika puasa supaya tidak mengalami gangguan kesehatan antara lain:
  • Minum air putih yang banyak, selain bisa mengatasi gangguan kesehatan pada gigi dan mulut, minm air juga untuk mencegah dehidrasi. Meskipun sedang berpuasa kebutuhan minum tidak boleh berkurang, tinggal diatur saja kapan waktunya seperti saat berbuka puasa, malam hari sebelum tidur dan ketika makan sahur.
  • Penuhi kebutuhan serat terutama sayur dan buah baik ketika berbuka puasa maupun sahur.
  • Jangan lupa membersihkan lidah. Mungkin teman-teman sudah ada yang memiliki alat pembersih lidah ya, jangan lupa untuk digunakan setiap selesai sikat gigi. Kalau kami di rumah biasanya setiap bangun tidur juga membersihkan lidah. Kalau teman-teman gak punya pembersih lidah khusus, bisa kok menggunakan sendok karena fungsinya sama saja.
  • Setelah sikat gigi menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride juga bisa mengatasi kerusakan gigi. Nah ketika puasa berkumur bisa dilakukkan saat sahur.

Mudah-mudahan tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa bisa berguna ya. Ayo tadi habis sahur sudah gosok gigi atau  belum? Jangan lupa ya selalu menggosok gigi saat puasa yang dilakukan ketika akan tidur malam dan selesai makan sahur.


No comments