Powered by Blogger.

Memasak Lebih Cepat Dengan Panci Presto

Makan ketupat atau lontong sayur sering banget, apalagi kalau lebaran. Tapi, tau gak sih saya belum pernah loh masak ketupat sendiri di rumah sebelumnya, karena males nunggunya kelamaan hihihi. Tapi, sejak ada panci presto sesekali boleh lah masak lontong sendiri.

Panci presto atau pressure cooker yang saya miliki sudah lama juga sejak Pascal kecil. Dulunya saya gunakan untuk merebus daging supaya proses memasaknya lebih cepat dan lebih empuk.



Menggunakan panci presto memang lebih cepat matang karena adanya tekanan uap yang tinggi untuk mematangkan bahan masakan tersebut. Ketika proses memasak bekerja, tutup panci ini kedap udara yang bisa membuat bahan makanan lebih cepat matang.

Berikut ini berbagai macam masakan yang dapat dimasak menggunakan panci presto yang biasa saya masak di rumah.

Daging


Anak-anak paling susah makan daging kalau tidak empuk benar. Makanya untuk makan steak aja harus pilih-pilih tempatnya supaya gak mubazir dan bisa menghabiskan seluruh makanannya. Karena di beberapa tempat dagingnya masih terasa keras sehingga sulit dikunyah dan telan.

Nah, kalau masak daging sendiri di rumah kan bisa pakai panci presto jadi bisa diatur tingkat keempukannya sesuai dengan selera anak-anak.

Ayam


Ungkep ayam pakai panci biasa juga bisa sih, gak lama juga waktu memasaknya. Tapi kalau mau lebih cepat dan lebih sehat pakai panci presto aja. Lagi pula menggunakan panci presto gak perlu khawatir ada luapan air dari panci karena aman terlindungi.


Masak Kue


Siapa bilang kalau panci presto hanya bisa digunakan untuk memasak bahan makanan utama saja, tapi juga dapat digunakan untuk memasak kue seperti sponge cake. Nah, buat teman-teman yang gak punya oven untuk memasak kue, bisa memanfaatkan panci presto. Rasa kue tetap akan lezat dan empuk kok, dan kue bisa lebih cepat matang ketimbang menggunakan oven.


Ngomongin masak pakai panci presto, teman-teman sudah tau kan cara menggunakan panci presto? gampang banget kok. Sama halnya dengan panci biasa masukan air dan bahan makanan yang akan dimasak. Tutup panci dengan rapat dan benar. Kalau panci presto saya masih model jadul jadi ada tutup kecilnya, itu jangan ditutupkan dulu. Masak dengan api besar, jika sudah ada desisan air kecilkan api pada kompor lalu tutup kecil tadi dirapatkan ke tutup panci besar. Masak deh makanan sampai matang.

Pastikan air yang digunakan untuk memasak tidak habis ya ketika memasak menggunakan panci presto.

Setelah masakan matang, matikan api lalu buka penutup kecil panci untuk mengeluarkan uap yan ada. Kalau saya sih didamkan dulu aja sampai agak dingin sebelum membuka keseluruhan tutup panci.

Gampang bukan cara menggunakan panci presto. Kira-kira mau masak apa ya hari ini pakai panci presto?

No comments