Powered by Blogger.

Jangan Panik, Ini Cara menghilangkan ketombe

Waktu menjemput Pascal pulang dari outbound, mata saya langsung tertuju ke rambutnya karena melihat ada serpihan putih di atas kepalanya. Saya pikir oh mungkin habis kegiatan mandinya kurang bersih atau belum keramas. Tapi setelah saya kibaskan serpihan kotoran tersebut, kok di kulit kepalanya masih ada, paniklah saya wah ini sih ketombe, lalu buru-buru deh cari tahu cara menghilangkan ketombe.

Karena sudah besar, anak-anak memang mengurus dirinya sendiri termasuk mandi dan keramas setiap harinya. Walaupun cuma masalah ketombe kok saya merasa sedih dan gagal merawat anak hiks.



Penyebab Munculnya Ketombe


Tenang...tenang... saya menenangkan diri sendiri dan meyakinkan bukan gagal merawat anak. Ketombe muncul di kulit kepala karena berbagai sebab.

Mengelupasnya kulit kepala normal terjadi pada tiap orang, artinya mengganti sel-sel kulit baru. Nah buat orang yang berketombe ini pengelupasannya berlangsung sangat cepat jadi menumpuk dan menyebabkan ketombe pada kulit kepala.

Setelah googling di web kesehatan terpercaya akhirnya saya gak terlalu panik lah. Menurut penelitian ketombe itu dipicu oleh jamus mallesezia yang hidup di kulit kepaka manusia yang sehat, Jadi sebenarnya di semua kulit kepala kita ada jamur tersebut, tapi pada orang-orang tertentu bisa menyebabkan ketombe karena sistem kekebalan tubuhnya beraksi berlebihan dengan jamur tersebut yang memakan kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati sehingga kulit kepala mengelupas dan menghasilkan serpihan.

Untuk kasus ketombe pada remaja, bisa jadi saat keramas tidak bersih atau masih ada sisa sampoo yang tersisah dikulit kepala. Namanya juga anak-anak ya suka mandi terburu-buru.


Cara Menghilangkan Ketombe


Walaupun anaknya gak merasakan gatal, tapi gak enak juga kan dilihatnya makanya saya berusaha mencari cara menghilangkan ketombe tersebut. 

Saya pernah membaca kalau minyak kelapa bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Karena gak punya minyak kelapa, saya pun menggunakan bio oil yang memang saya stok di rumah untuk mengatasi berbagai keluhan kulit. Malam hari saya oleskan bio oil pada kulit kepalanya menggunakan kapas dengan perlahan. Keesokan harinya saya minta Pascal untuk keramas dengan bersih.

Oh ya untuk sampoonya sengaja saya belikan sampoo anti dandruff supaya ketombenya cepat hilang. Allhamdulillah beberapa hari kemudian ketombenya pun gak muncul lagi.

Saya berpesan pada anak-anak kalau keramas itu membilas sampoonya sampai bersih jangan sampai ada sampoo yang tersisa pada rambut maupun kulit kepala.

No comments