Powered by Blogger.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Berobat ke Luar Negeri

Buat pasangan menikah siapa sih yang gak mau diberikan keturunan, kayanya hampir semuanya mau deh. Ada pasangan yang satu dua tahun sabar menanti kehadiran buah hati, namun tahun berikutnya sudah merasa khawatir. Berbagai cara dilakukan agar bisa hamil termasuk mendatangi dokter-dokter ahli baik di dalam maupun luar negeri.

Kok sampai mendatangi dokter di luar negeri segala sih? Bukan karena tidak percaya dengan kemampuan dokter di dalam negeri, tapi banyak orang ingin mencari second opinion. Alasan lain mungkin saja ingin refreshing atau honeymoon sambil berobat ke luar negeri. Namanya ikhtiar bukan, boleh kok tiap orang menentukan pilihannya masing-masing.





Nah, negara yang paling sering dikunjungi untuk berobat di luar negeri adalah Singapura dan Malaysia. Penang merupakan salah satu tempat di Malaysia yang banyak dipilih karena mempunyai beberapa rumah sakit terbaik dan jaraknya relatif dekat dari Indonesia. Selain itu, tenaga medis dan peralatan medis yang dimiliki sudah modern dan canggih sehingga bisa mendapatkan diagnosa yang cepat dan akurat.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum beribat ke luar negeri antara lain:

Siapkan Rekam Medis


Di dalam negeri, pasien yang sudah berobat mempunyai rekam medis sendiri yang berisi catatan pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan kondisi pasien selama melakukan pengobatan. Bawa saja semua dokumen yang berhubungan dengan pengobatan seperti hasil laboratorium atau minta surat keterangan dari dokter yang merawat selama ini agar dokter yang menangani bisa menganalisa terlebih dahulu untuk menentukan pengobatan yang terbaik dan sesuai.


Jangan Lupa Membawa Dokumen Perjalanan


Dokumen perjalanan seperti paspor yang masih berlaku masa aktifnya jangan lupa untuk dibawa ya. Kamu juga harus tahu berapa lama akan tinggal di sana, jangan lupa untuk menyiapkan hotel dan tiket pesawat untuk pulang supaya tidak ada masalah selama tinggal.


Pakai Asuransi atau Biaya Sendiri?


Syukur-syukur kalau asuransi kesehatan yang dimiliki bisa mencover biaya pengobatan selama di luar negeri. Umumnya mereka yang beribat ke luar negeri sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai kisaran biaya yang harus disiapkan. Kalaupun sudah dicover asuransi pastinya harus menyiapkan dana lainnya untuk kebutuhan akomodasi selama di sana.


Siapkan Tempat Menginap

Jika pengobatan dilakukan lebih dari satu hari, tentunya diperlukan tempat untuk menginap baik di tempat kerabat maupun hotel terdekat dengan rumah sakit. Biaya penginapan selama di sana juga harus sudah disiapkan anggarannya supaya tidak over budget, begitu pula dengan biaya makan dan transportasi selama pengobatan.

Cari Panduan berobat ke Luar Negeri 


Bagi mereka yang pertama kali akan berobat ke Penang pastinya harus mencari banyak informasi yang dibutuhkan mengenai pengobatan yang akan dilakukan. Di dalam negeri sendiri saja kita harus cari tahu dulu, apalagi ini di negeri orang.

Kalau bingung memilih rumah sakit mana yang cocok untuk pengobatan, bisa menghubungi www.medisata.com yang merupakan perwakilan rumah sakit Malaysia dan Singapura di Indonesia yang akan melayani calon pasien yang membutuhkan informasi dengan biaya 100% gratis.

Layanan yang diberikan oleh Medisata antara lain :

  • Memberikan rekomendasi dokter yang cocok untuk pasien
  • Bingung dengan  biaya yang harus dikeluarkan? Medisata juga akan memberikan perkiraan biaya berobat selama di rumah sakit Penang sesuai dengan sakitnya
  • Jangan main datang langsung ke rumah sakit, cek terlebih dahulu jadwal dokternya, apakah avalaible sesuai dengan jadwal kunjungan kita ke Penang.
  • Jika jadwal dokter sudah cocok, jangan lupa untuk membuat appointent lewat Medisata. Gak mau kan sudah jauh-jauh datang ternyata kita belum terjadwal.
  • Gak tahu lokasi rumah sakit yang dituju? Medisata juga melayani penjemputan dari bandara.
  • Jika diharuskan mengikuti pemeriksaan lebih dari satu hari, booking hotel juga bisa diatur langsung.
Ada 6 rumah sakit di Penang yang top yaitu Island Hospital, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye Specialist Centre, Pantai Hospital Penang, Mount Mirial Cancel Hospital, dan KPJ Penang. Masing-masing rumah sakit mempunyai dokter favorit yang ahli dibidangnya masing-masing. Island Hospital merupakan rumah sakit Penang favorit pasien dari Indonesia, ada sekitar 900 pasien asal Indonesia yang berobat ke sini.

Setelah berkonsultasi dengan Medisata, kamu pun bisa langsung menyiapkan semua untuk segera berangkat ke Penang dan menerima pengobatan yang diinginkan. 



Rumah sakit
daerah

Butuh bantuan pilih dokter / RS terbaik di Penang

22 comments

  1. Baru sadar pentingnya kesehatan setelah merasakan sakit yang mengharuskan saya kontrol rutin ke dokter. Sakit itu repot tetapi jadi pengingat akan nikmat syukur kala sehat. Juga, jangan menyerah untuk ikhtiar selama ada obatnya.
    Menurut saya bagus sekali ada layanan kesehatan di atas untuk berobat ke Malaysia. Memudahkan ikhtiar pengobatan.
    Alhamdulillah, saya rasa di sana bisa lebih mudah bagi kita. Selain dekat, kultur budayanya tak jauh beda dengan Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Mudah2an tidak pernah harus berobat apalagi ke luar negeri..tapi post ini penting juga utk diketahui ya..siapa tahu bisa menolong yg membutuhkan..

    ReplyDelete
  3. Gak sulit ya kalau mau berobat ke luar negeri. Asalkan dokumen lengkap aja.

    ReplyDelete
  4. Kadang pas mau berobat di luar negeri sebetulnya banyak juga yang binggung mau kemana, penangananya seperti apa. Kalau ada yang mendampingi seperti ini jadinya lebih mudah ya

    ReplyDelete
  5. Temenku cerita dia lenihnnhaman berobat ke luar negeri, alasannya perlatannya lebih lebgkap dan biayanya juga lebih kurah. Ada tambahannya tuh, sekalian jalan jalan katanya.

    ReplyDelete
  6. Sering nih aku denger orang yang pada berobat ke Penang. Apalagi masyarakat di Sulawesi, katanya lebih suka berobat ke Penang :)

    ReplyDelete
  7. Ibuku kan anaknya cuma aku, Mbak. Dulu aku sering ditinggal karena beliu berobat ke sana ke mari siapa tahu bisa punya adik akunya. Tapi, ya sampai sekarang memang cuma aku.

    Makanya, syukur alhamdulillah banget aku dikasih cepet punya anak. Kalau lihat tetanggaku yang belum punya anak sampai 8 tahun menikah ya kasihan banget.

    ReplyDelete
  8. Mantan bosku pun waktu sakit berobatnya juga di Penang. DI lingkaran pergaulan mereka kayaknya lebih suka memilih berobat ke Singapura atau Malaysia. Katanya diagnosanya lebih cepat dan langsung ketahuan sakitnya apa dan butuh pengobatan seperti apa gitu

    ReplyDelete
  9. Berobat keluar negeri memang harus butuh prepare banget ya. Klo gak bisa yang sakit tambah sakit, yang mendampingi juga tidak nyaman

    ReplyDelete
  10. waaah iya ya kalo berobat ke luar negeri segala sesuatunya emang harus di siapkan, kebayang kalo ada dokumen penting yang ketinggalan agak ribet juga ngurusnya yaa, huhuhu, jangakan keluar negeri, sesama indonesia aja kalo ada yang ketinggalan ribet harus diambil dulu hihihi

    ReplyDelete
  11. Jadi tahu tentang Mesidata mbak. Ternyata berobat ke luar negeri sangat mudah bila prosedurnya diikuti secara lengkap dan runut ya mbak. Kupikir kalau berobat ke LN itu butuh biaya yang berlipat-lipat mbak, ternyata ada yang gratis juga. TFSm mbak jadi nambah pengetahuan nih.

    ReplyDelete
  12. Wah, baru tau tentang medisata, pastinya membantu banget warga Indonesia yang ingin berobat ke luar negeri terkhusus Malaysia dan Singapura. Betul,berobat ke luar negeri salah satu ikhtiar saja. Asal mampu, dan memenuhi syarat-syaratnya agar mudah dan lancar, mengapa tidak?

    ReplyDelete
  13. Aku banyak baca teman-teman yng berobat di Penang, khususnya untuk pasien kanker. Memang dokternya oke yang tidak seramai Indonesia mungkin ya

    ReplyDelete
  14. Ternyata prosedurnya ga terlalu sulit ya kalau dokumen lengkap dan bisa lewat medisata aja biar lebih mudah lagi. Semoga kita sehat dan keluarga sehat selalu ya mba Lid.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ada Medisata jadi bisa buat alternatif yang butuh berobat tanpa harus ke luar negeri ya Mba. Aku pernah medikal di Hongkong aja peraturannya ketat banget, harus memang dipersiapkan matang2

    ReplyDelete
  16. Kalau bisa dapat info terlebih dahulu pastinya persiapan untuk berobat ke luar negeri jadi lebih matang ya, ada medisata jadi lebih memudahkan

    ReplyDelete
  17. Sayangnya kadang RS satu dg yang lainnya di Indonesia ga terintegrasi data medisnya. Pindah RS ngulang lagi rekam medisnya. Makanya itu kali ya yg bikin orang Indonesia mending langsung berobat aja ke ln

    ReplyDelete
  18. Sepupu saya kemarin dapat si kembar baby juga dari pengobatan dan konsultasi dari RS di Malaysia. Dokternya sangat ramah dan benar2 profesional, seolah2 merasakan apa yg diinginkan pasien.

    ReplyDelete
  19. Sejauh ini aku belum kepikiran berobat sampai ke luar negeri. Harapannya sih janhan sampai ya mba. Moga kita semua selalu sehat wal afiyat ya mba. Amin

    ReplyDelete
  20. Senang yaa...berobat dengan cara yang gak biasa.
    Berwisata ke Penang.

    Andaikan Indonesia memiliki fasilitas seperti di Penang..

    ReplyDelete
  21. dokumen penting sekali ya kalau berobat di LN. buat yang pengen berobat artikel ini sangat bermanfaat banget. apalagi yang belum pernah ke LN sama sekali.

    ReplyDelete
  22. Kadang suka takut kalau dibilang berobat keluar negeri
    Mungkin karena pikirku tak ada keluarga
    Tapi demi kesembuhan ya nggak ada salahnya dicoba

    ReplyDelete