Powered by Blogger.

Tips Memakai Gigi Palsu Agar Nyaman Beraktivitas


Saat baru pertama kali menggunakan gigi palsu biasanya akan timbul perasaan tidak nyaman karena bagian gigi terasa longgar. Namun, setelah berlangsung beberapa minggu maka otot pipi dan lidah sudah mampu beradaptasi sehingga penggunaan gigi palsu lebih nyaman. Tidak hanya itu, pada awal pemakaian juga riskan timbul luka pada rongga mulut akibat gesekan gigi palsu.




Kemudian, Anda juga merasakan produksi air liur yang semakin banyak. Akan tetapi, semua masalah ini akan mereda dengan sendirinya seiring berjalannya waktu dan semakin terbiasanya Anda berlatih. Berikut ini adalah beberapa tips memakai gigi palsu beserta cara merawatnya untuk menciptakan kenyaman dalam penggunaannya.

Tips pemakaian gigi palsu untuk beraktivitas


1.   Berbicara

Pada masa awal penggunaan gigi palsu biasanya Anda akan sulit untuk mengucapkan kata-kata tertentu. Tidak hanya itu, pada masa ini gigi palsu Anda juga mungkin bisa bergeser bahkan lepas ketika tertawa, tersenyum maupun batuk. Kondisi ini sebenarnya cukup normal karena seiring berjalannya waktu dan sering berlatih, Anda akan mampu untuk menggunakan gigi palsu dengan baik. Beberapa hari pertama, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk memakai gigi palsu.

Waktu pemakaiannya adalah 24 jam termasuk saat Anda tidur. Tindakan ini bertujuan agar dokter dapat melakukan identifikasi bagian gigi palsu mana yang membutuhkan perbaikan. Dengan demikian, struktur gigi palsu akan benar-benar sesuai dengan kondisi rahang Anda. Setelah Anda merasa nyaman dengan gigi palsu, maka tidak perlu memakainya ketika tidur. Selain itu, dokter juga akan memberitahu kapan gigi palsu sebaiknya dilepas dan bagaimana cara memasangnya kembali.

2.   Makan

Selama beberapa minggu pertama, Anda pasti akan merasakan ketidak nyamanan dalam memakai gigi palsu. Pada masa adaptasi seperti ini, dokter gigi akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan dengan tekstur lunak. Caranya adalah Anda dapat memotong makanan menjadi potongan kecil kemudian mengunyahnya secara perlahan.

Apabila Anda sudah terbiasa dengan penggunaan gigi palsu, maka dapat kembali ke pola makan normal. Namun, tips memakai gigi palsu saat makan tetap harus diperhatikan. Khususnya ketika Anda mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras, tajam, lengket hingga terlalu panas. Kemudian, hindari juga penggunaan tusuk gigi sehabis makan.

 


Cara merawat gigi palsu


1.   Rendam semalaman

Setelah terasa nyaman, terkadang Anda bisa melepaskan gigi palsu pada waktu tertentu misal saat akan tidur. Gigi palsu yang tidak sedang dipakai ini kemudian bisa Anda rendam menggunakan cairan khusus dan air hangat. Ingat, air yang digunakan untuk merendam dalam kondisi hangat bukan panas. Ini dikarenakan ketika Anda merendam gigi palsu menggunakan air panas maka akan beresiko mengubah struktur dan bentuknya.

2.   Bersihkan gigi palsu

Setelah proses perendaman, Anda bisa mencuci gigi palsu ini sebelum menggunakannya kembali. Disamping itu, Anda juga disarankan untuk melakukan pencucian gigi palsu setelah makan agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan. Cara membersihkannya adalah dengan menggosok bagian gigi palsu menggunakan sikat gigi khusus. Berikutnya, oleskan gigi palsu dengan sabun serta air hangat. Hindari proses pembersihan dengan menggunakan detergen karena dapat mengikis permukaan gigi.

3.   Berhati-hati dalam memegangnya

Setelah menerapkan tips memakai gigi palsu dengan baik dan benar, maka Anda juga harus mampu merawatnya. Terutama pada saat Anda melakukan proses pencucian gigi palsu. Ini dikarenakan ketika mencuci gigi palsu Anda akan menggunakan cairan sabun sehingga berpotensi untuk jatuh.

Struktur gigi palsu sangat rapuh, jadi apabila terjatuh kemungkinan besar akan pecah. Agar dapat meminimalisir kejadian ini, Anda bisa menggunakan handuk untuk melapisi tangan dan melakukan pencucian di atas wadah berisi air.

No comments