Powered by Blogger.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit dan Ambil Manfaatnya

Pengajuan kartu kredit Danamon beberapa tahun lalu, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat yang bisa saya peroleh dalam bertransaksi baik secara online maupun offline. 



Ngomongin soal kartu kredit, saya sudah memilikinya sejak tahun ke-3 bekerja dulu sekitar tahun 2003 lalu. Walaupun punya kartu kredit, tapi saya gak pernah sembarangan menggunakannya untuk keperluan yang tidak penting. Teman-teman saya malah heran karena saya bisa tahan godaan dengan berbagai penawaran menarik yang bisa saya dapatkan jika menggunakan kartu kredit. Saya malah sempat diberikan kartu kredit tambahan oleh suami, tapi karena gak pernah terpakai sama sekali akhirnya saya tutup saja. Satu kartu kredit saja sudah cukup buat saya.

Jadi, penasaran biasanya saya menggunakan kartu kredit itu buat apa saja sih?

Autodebet Tagihan Bulanan


Semua tagihan yang harus kami bayarkan tiap bulannya sudah auto debet melalui kartu kredit. Alasannya supaya tidak perlu membayarkan tagihan satu persatu seperti telepon, listrik, internet, TV Kabel, asuransi dan lainnya. Jadi setiap bulan hanya perlu satu kali saja membayar tagihan, karena semuanya sudah dihandle oleh satu kartu kredit tersebut. Lebih praktis dan hemat waktu buat saya.


Membayar Tagihan Online


Kartu kredit juga saya pergunakan untuk membayar tagihan domain blog setiap tahunnya. Lho kok gak transfer ke rekening aja sih bayar tagihannya? Gak bisa, soalnya saya menggunakan penyedia jasa domainnya dari luar jadi dibutuhkan kartu kredit atau paypal yang otomatis terkoneksi ke kartu kredit juga.

Kadang-kadang di rumah juga butuh membeli e-book atau membeli buku dari amazon, nah di sini peran kartu kredit pun bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online.


Booking Tiket dan Hotel


Mau traveling, kartu kredit jadi andalan banget supaya bisa booking tiket dan hotel secara online. Penggunaan kartu kredit saat melakukan reservasi tiket pesawat terkadang akan mendapatkan penawaran menarik seperti fasilitas ruang tunggu yang terpisah dengan penumpang lainnya hingga penawaran diskon yang bisa dimanfaatkan. Jika bepergian ke luar negeri kartu kredit juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang praktis ketika kita tidak mempunya mata uang di negara tersebut.

Kebutuhan Darurat


Kebutuhan darurat yang saya maksud di sini adalah transaksi di rumah sakit. Tahu sendiri bukan biaya pengobatan itu mahal. Allhamdulillah meskipun menggunakan kartu kredit terlebih dahulu, setelah selesai semua biaya bisa di reimburse ke kantor suami sehingga tidak ada tagihan yang tertunggak.


Belanja Bulanan


Siapa bilang kalau saya tidak pernah menggunakan kartu kredit untuk belanja. Dengan menggunakan kartu kredit untuk belanja bulanan otomatis akan mendapatkan point reward yang bisa digunakan ketika berbelanja lagi.

Selain itu kartu kredit juga saya gunakan untuk membayar transaksi dalam jumlah yang besar seperti beli barang elektronik, furniture, dan lain-lain. Lumayan bisa mendapatkan tambahan point reward juga. Oh ya biasanya untuk transaksi seperti ini kami sudah mempunyai budgetnya terlebih dahulu, jadi setelah tagihan kartu kredit datang bisa langsung dibayarkan total tagihannya.


Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Kartu Kredit 

Setelah tahu manfaat yang bisa diambil jika menggunakan kartu kredit, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini supaya tidak terjebak atas penggunaan kartu kredit :

  • Berbelanja bulanan menggunakan kartu kredit boleh-boleh saja tapi harus menetapkan budget bulanan sesuai dengan pemasukan tiap bulannya. Meskipun limit kartu kredit besar bukan berarti bebas menggunakan keseluruhan limit tersebut.
  • Sebisa mungkin bayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera sebelum jatuh tempo supaya tidak dikenakan bunga. Membayar tagihan minimum selain mendapatkan bunga, bulan selanjutnya tagihan akan terus bertambah dan lama-lama akan membengkak. Nah, di sini lah beberapa kesalahan orang menggunakan kartu kredit sehingga ada istilah gali lubang tutup lubang.
  • Usahakan membayar tagihan tidak mendekati tanggal jatuh tempo untuk menghindari keterlambatan pembayaran apalagi jika bank yang dituju tidak real time payment. Pembayaran yang melebihi tanggal jatuh tempo akan dikenakan biaya keterlambatan di bulan berikutnya. Lumayan lho biayanya bisa untuk belanja lagi.
  • Teliti dan periksa dulu tagihan sebelum dibayar, siapa tahu saja ada transaksi yang memang tidak kita lakukan. Atau ada kesalahan di merchant tempat kita berbelanja, karena namanya juga human error kadang terjadi double transaksi.

pengajuan kartu kredit danamon



Siapa bilang menggunakan kartu kredit pasti terjerat hutang yang banyak? Kalau menggunakannya dengan bijak malah bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan bukan! Nah, kalau teman-teman berniat mengajukan kartu kredit bisa langsung meluncur aja ke web berikut ini https://www.cekaja.com/banks/danamon/kartu-kredit

38 comments

  1. Wah ane belum punya nih kak kartu kredit padahal pengen banget punya itu kartu untuk belanja online getu hikz ;)

    ReplyDelete
  2. Nah ini jadi inget kasus karyawan yang pake kartu kredit ga bisa bayar keselnya minta digampar wkwkwk..

    Emang kalau pake kartu kredit itu harus bijak, dan reminder kalau pake kartu kredit berarti puya utang yang harus dibayarkan jangan sampe terlena :)

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya, kalau buat saya CC hanya memudahkan transaksi offline sih.
    Karena kalau online, sekarang udah ada yang namanya debit online.
    Saya biasanya bayar booking hotel yang kudu pakai CC, pakai Debit online.
    Cuman emang kekurangannya ga dapat poin atau apa gitu.

    Kalau untuk belanja bulanan mungkin oke juga, asal dibayar tepat waktu semuanya :)

    ReplyDelete
  4. aku nggak berani pake kartu kredit karena takut khilaf. jadi suami aja yang pake. hehehe. ditawarin sih kartu tamnbahan tapi terpaksa ditolak karena alasan tadi. cemen emang aku

    ReplyDelete
  5. dulu saya punya CC Mbak, emang membantu banget itu sejak menikah, bisa belanja bulanan dulu sebelum gajian, klo kepepet keperluan habis bisa ditalangin dulu tapi saya tutup karena PakSu butuh sesuatu yg mengharuskan si CC itu ditutup, hikss, sedih akutuuhh.
    Ini udah 2x mengajukan tapi belum goal juga.
    padahal dulu CC juga biasa dipakai sodara untuk nyicil keperluan mereka :D

    ReplyDelete
  6. banyak yg bilang kartu kredit itu bisa dimanfaatkan asal bijak dan tau celahnya hihi tapi aku masih takut-takut mau apply sm suami tuh

    ReplyDelete
  7. Kusampe sekarang masih belon berani bikin CC kakak. Jadi aku pinjem CC kamu aja yaaa wakakaka

    ReplyDelete
  8. Kartu kredit itu jika kita bijak menggunakannya akan sangat membantu ko.. dulu saat aku masih kerja aku pakai kartu kredit, sejak dirumah saja aku ngga pakai lagi.. karena memang sekarang kartu kredit suami yang kita gunakan.. jadi satu pintu aja.. sekarang kalo mau buat kartu kredit bisa melalui cekaja.com ya mba

    ReplyDelete
  9. Pake CC ini memang godaannya besar ya mba,banyak promo dimana2 kalau pake CC harus kuat tahan godaan wkwk makanya smpe skrg saya belum berani apply-nya

    ReplyDelete
  10. Iya ih bener banget teh.
    Kartu kredit itu gak nyeremin, yg bikin serem justru adalah pemegang kartunya yg gak tau gimana make cc dg bijak

    ReplyDelete
  11. Bener mbak, punya kartu kredit harus bijak menggunakannya agar tidak terjerat nafsu yang berujung pada tagihan yang membengkak... Hiks... Aku dulu takut mau buka kartu kredit, takut nafsu berbelanja makin besar... Tapi setelah baca tulisan mbak Lidya jadi tahu kalau kartu kredit itu bisa diatur kegunaannya sehingga pemiliknya sangat terbantu dan tidaj merasa terbebani... Seperti mudahnya bayar listrik, internet, tv kabel dll....

    ReplyDelete
  12. Pakai CC udah 10 tahun dan senang banget dan merasakan manfaat pakai CC dan thanks God sampai saat ini masih aktif menggunakannya karena banyak promo menarik mbak.

    ReplyDelete
  13. Pakaimkartu kredit memang harus bijak. Biasanya saya pakai kalau lagi ada kebutuhan mendesak

    ReplyDelete
  14. Aku nggak berani mba.. Ada dua kali seles tlp nggak aku tanggapi karna takut nggak terkontrol

    ReplyDelete
  15. Pengguna kartu kredit memang harus teliti dan juga bijak. Jangan sampai terlalu asyik mengambil dana tapi susah buat membayar cicilan :(

    Makasih remindernya mba

    ReplyDelete
  16. Sepakat mba. Memang perlu banget berhati2 dalam menggunakan kartu kredit. Asal tahu batasan dan menggunakannya sebagai alat bayar, bukan alat ngutang hehehe.

    ReplyDelete
  17. Punya kartu kredit itu fleksibel ya mbak. Kalau nau bayar bayar belanja di toko online luar negeri juga pakai kartu kredit ya. Aku nyoba nih belanja ke luar negeri, tp pinjem CC temen. Blm berani pakai CC sendiri. ­čśé

    ReplyDelete
  18. Ternyata ada banyak manfaat positif dari kartu kredit asal sigunakan secara bijak. Ya, beberapa langkah yang Mbak Lidya lakukan sangat tepat.
    Barusan saya baca surat pembaca di koran "Pikiran Rakyat", ada nasabah yang prores pada pihak bank karena relah bayar tepat waktu dan oleh pihak bank malah sicatat di hari lain. Jainya kena denda yang lumayan besar. Ratusan ribu. Wow.
    Faktor human error bisa saja membuat orang radu untuk bikin kartu kredit. Malanya pihak bank sangat perlu menjaga kredibilitas agar tak terjadi hal demikian.

    ReplyDelete
  19. Konon beberapa promo klo bayar tepat waktu bs dapat bunga 0% ya
    Bermanfaat juga u bayar macam-macam
    Tapi saya pribadi memang sementara belum perlu sih

    ReplyDelete
  20. Mbak Lid, aku punya kartu kredit namun sampai tahun ke dua belum pernah aku pakai. Ya dulu juga nggak pengen sih sebenarnya, tapi kata CS nya siapa tahu suatu hari butuh untuk keperluan mendadak. Sampai sekarang masih nganggur kartu kreditnya, padahal bisa ya untuk booking tiket gitu.

    ReplyDelete
  21. Inilah yang membuat kita jadi lebih senang karena kita bisa belanja dan tidak punya utang.

    Kembali ke diri kita bahwa berani pegang kartu kredit maka harus berani dislipin bayar

    ReplyDelete
  22. AKu punya beberapa Lia dan memang menikmati diskon-diskonnya aja, soalnya lumyana, terutama dibresto dan hotel. Tapi memang harus disiplin. Jangan sampai nunggak dan kena bunga.. jadi rugi

    ReplyDelete
  23. Memang tergantung orangnya sih ya. Kalau orgnya konsumtif ya bhay, CC-nya bikin dia jadi ketergantungan. Beda sama org yg gak konsumtif, punya CC gak punya CC ya selow aja, paling dipakai buat pembelian yg susah pakai tunai. Tapi masalahnya org dai CC0nya tuh suka menggoda nawarin naikin loimit CC wkwkwkwk

    ReplyDelete
  24. Mengambil kartu kredit harus dipikirkan betul ya urgensitas penggunaannya. Agar tidak menyesal di kemudian hari.

    ReplyDelete
  25. Yang paling nyenengin punya kartu kredit aksesnya itu enak, hehehe apalagi tinggal tarik
    tapi harus bijak juga ya Mba LId. kalau nggak nanti malah kejlomprong.
    Skip yang nggak penting, buat belanjannya.

    ReplyDelete
  26. Wahhh penggunaan kartu kredit ternyata gak seseram yang saya bayangkan yaa, Mba (bila digunakan secara bijak, tentunya) :)

    ReplyDelete
  27. Sampai saat ini saya belum kepikiran buat pakai kartu kredit, Mba. Salah satu alasannya adalah saya tinggalnya di kota kecil, jadi masih bisa menggunakan uang tunai saat bertransaksi, dan kalo belanja ke mall, biasanya pake debit card bayarnya :)

    ReplyDelete
  28. Sampai sekarang amel ga punya kartu kredit mba Lid soale takut ga bijak heuheu padahal promo yang di tawarkan menggiurkan banget. Kalau udah gitu suka takut khilaf euyy hehe.

    ReplyDelete
  29. Sampai sekarang sih aku belum berminat buat bikin kartu kredit kak, masih takut belum bisa bijak menggunakan nya gitu, makasih sharenya ya kak

    ReplyDelete
  30. Ini dia, kadang orang salah memanfaatkan kartu kredit yang dimilikinya. Jadinya malah hidup terlalu konsumtif dengan segala kemudahan yang diberikan. Padahal kan harusnya disesuaikan dengan kemampuan diri dalam mencari pendapatan.

    ReplyDelete
  31. Iya, ka Lid.
    Kakakku sering nawarin tiket pulang, hahaha...katanya karena ada promo dari Kartu Kredit nya.

    Eleeuh~
    Praktis pissan nyaa...jaman sekarang mah...

    ReplyDelete
  32. Bener kak, pake CC itu harus bijak banget. Kalo nggak ya kita akan kejebak hutang. Aku sih pake hanya kalo ada promo aja. Selebihnya debit atau cash

    ReplyDelete
  33. Mantap nih cekaja bisa lengkap bahkan bisa buat biikin cc dari sana. Manfatkan Kartunkredit inindengan bijak

    ReplyDelete
  34. Bener banget. Punya kartu kredit mah kudu eksta bijak. Dan aku gak masuk golongan itu. Pernah sampe kaget dengan tagihannya. Belanjanya sedikit demi sedikit, eh tagihannya menjadi bukit. Ihiks...

    ReplyDelete
  35. Suamiku juga pake kartu kredit hanya untuk transaksi yang harus menggunakan kartu kredit. Asal selalu tepat waktu bayar tagihannya ya.

    ReplyDelete
  36. Nah ini yang perlu dibaca banyak orang yang mikir kalau pakai kartu kredit artinya bisa enak-enakan sama pengeluaran. Mestinya malah harus lebih ati-ati ya.

    ReplyDelete
  37. Banyak transaksi yg mengharuskan punya kartu kredit..tp akhirnya ga jadi lagi ga jadi lagi...banyak perrimbangan juga sih heu.

    ReplyDelete
  38. Suamiku nih, apa-apa ada kartu kreditnya. Cuma ya saya wanti-wanti harus bijak pemakaiannya, soalnya utang tuh gak berasa kalau tinggal gesek2 aja.. Dan emang setelah nikah saya jadi rem yang pakem banget buat suami, gak boleh sembarangan pake pokoknya

    ReplyDelete