Powered by Blogger.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit dan Ambil Manfaatnya

Pengajuan kartu kredit Danamon beberapa tahun lalu, ternyata dapat memberikan berbagai manfaat yang bisa saya peroleh dalam bertransaksi baik secara online maupun offline. 



Ngomongin soal kartu kredit, saya sudah memilikinya sejak tahun ke-3 bekerja dulu sekitar tahun 2003 lalu. Walaupun punya kartu kredit, tapi saya gak pernah sembarangan menggunakannya untuk keperluan yang tidak penting. Teman-teman saya malah heran karena saya bisa tahan godaan dengan berbagai penawaran menarik yang bisa saya dapatkan jika menggunakan kartu kredit. Saya malah sempat diberikan kartu kredit tambahan oleh suami, tapi karena gak pernah terpakai sama sekali akhirnya saya tutup saja. Satu kartu kredit saja sudah cukup buat saya.

Jadi, penasaran biasanya saya menggunakan kartu kredit itu buat apa saja sih?

Autodebet Tagihan Bulanan


Semua tagihan yang harus kami bayarkan tiap bulannya sudah auto debet melalui kartu kredit. Alasannya supaya tidak perlu membayarkan tagihan satu persatu seperti telepon, listrik, internet, TV Kabel, asuransi dan lainnya. Jadi setiap bulan hanya perlu satu kali saja membayar tagihan, karena semuanya sudah dihandle oleh satu kartu kredit tersebut. Lebih praktis dan hemat waktu buat saya.


Membayar Tagihan Online


Kartu kredit juga saya pergunakan untuk membayar tagihan domain blog setiap tahunnya. Lho kok gak transfer ke rekening aja sih bayar tagihannya? Gak bisa, soalnya saya menggunakan penyedia jasa domainnya dari luar jadi dibutuhkan kartu kredit atau paypal yang otomatis terkoneksi ke kartu kredit juga.

Kadang-kadang di rumah juga butuh membeli e-book atau membeli buku dari amazon, nah di sini peran kartu kredit pun bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online.


Booking Tiket dan Hotel


Mau traveling, kartu kredit jadi andalan banget supaya bisa booking tiket dan hotel secara online. Penggunaan kartu kredit saat melakukan reservasi tiket pesawat terkadang akan mendapatkan penawaran menarik seperti fasilitas ruang tunggu yang terpisah dengan penumpang lainnya hingga penawaran diskon yang bisa dimanfaatkan. Jika bepergian ke luar negeri kartu kredit juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang praktis ketika kita tidak mempunya mata uang di negara tersebut.

Kebutuhan Darurat


Kebutuhan darurat yang saya maksud di sini adalah transaksi di rumah sakit. Tahu sendiri bukan biaya pengobatan itu mahal. Allhamdulillah meskipun menggunakan kartu kredit terlebih dahulu, setelah selesai semua biaya bisa di reimburse ke kantor suami sehingga tidak ada tagihan yang tertunggak.


Belanja Bulanan


Siapa bilang kalau saya tidak pernah menggunakan kartu kredit untuk belanja. Dengan menggunakan kartu kredit untuk belanja bulanan otomatis akan mendapatkan point reward yang bisa digunakan ketika berbelanja lagi.

Selain itu kartu kredit juga saya gunakan untuk membayar transaksi dalam jumlah yang besar seperti beli barang elektronik, furniture, dan lain-lain. Lumayan bisa mendapatkan tambahan point reward juga. Oh ya biasanya untuk transaksi seperti ini kami sudah mempunyai budgetnya terlebih dahulu, jadi setelah tagihan kartu kredit datang bisa langsung dibayarkan total tagihannya.


Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Kartu Kredit 

Setelah tahu manfaat yang bisa diambil jika menggunakan kartu kredit, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini supaya tidak terjebak atas penggunaan kartu kredit :

  • Berbelanja bulanan menggunakan kartu kredit boleh-boleh saja tapi harus menetapkan budget bulanan sesuai dengan pemasukan tiap bulannya. Meskipun limit kartu kredit besar bukan berarti bebas menggunakan keseluruhan limit tersebut.
  • Sebisa mungkin bayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera sebelum jatuh tempo supaya tidak dikenakan bunga. Membayar tagihan minimum selain mendapatkan bunga, bulan selanjutnya tagihan akan terus bertambah dan lama-lama akan membengkak. Nah, di sini lah beberapa kesalahan orang menggunakan kartu kredit sehingga ada istilah gali lubang tutup lubang.
  • Usahakan membayar tagihan tidak mendekati tanggal jatuh tempo untuk menghindari keterlambatan pembayaran apalagi jika bank yang dituju tidak real time payment. Pembayaran yang melebihi tanggal jatuh tempo akan dikenakan biaya keterlambatan di bulan berikutnya. Lumayan lho biayanya bisa untuk belanja lagi.
  • Teliti dan periksa dulu tagihan sebelum dibayar, siapa tahu saja ada transaksi yang memang tidak kita lakukan. Atau ada kesalahan di merchant tempat kita berbelanja, karena namanya juga human error kadang terjadi double transaksi.

pengajuan kartu kredit danamon



Siapa bilang menggunakan kartu kredit pasti terjerat hutang yang banyak? Kalau menggunakannya dengan bijak malah bisa mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan bukan! Nah, kalau teman-teman berniat mengajukan kartu kredit bisa langsung meluncur aja ke web berikut ini https://www.cekaja.com/banks/danamon/kartu-kredit

1 comment

  1. Wah ane belum punya nih kak kartu kredit padahal pengen banget punya itu kartu untuk belanja online getu hikz ;)

    ReplyDelete