Powered by Blogger.

Kenapa Memilih VPS Untuk Website eCommerce?

"Duh, kenapa ya website aku error trus? Gak bisa upload foto produk terbaru di website padahal space hosting sudah diupgrade." 



Keluhan itu disampaikan teman saya beberapa waktu lalu ketika website onlineshop miliknya tidak bisa diakses atau tidak dapat mengupload foto terbaru. Usut punya usut ternyata space pada hostingnya memang sudah melampaui kapasitas, maklumlah foto-foto produk yang diuploadnya beresolusi besar dan banyak. Bisa aja kapasitasnya ditambah lagi, tapi resource shared hosting yang digunakan saat ini sudah tidak bisa mengakomodasi keinginan teman saya ini.

Setelah saya googling dan tanya orang-orang yang mengerti termasuk suami hehehe, katanya salah satu cara mengatasinya bisa menggunakan VPS atau Virtual Private Server.


Berbagai Macam Web Hosting



Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data berupa file, gambar, email, aplikasi, dan lain-lain yang diperlukan dalam sebuat website sehingga bisa diakses masyarakat melalui internet.

Ada beberapa web hosting yang ada yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, Wordpress Hosting, Dedicated Hosting, dan VPS (Virtual Private Hosting).

Tiap hosting menyediakan space hosting dan bandwith data yang berbeda tergantung paket mana yang kita ambil sesuai dengan kebutuhan website. Saat ini banyak blog yang sudah menggunakan shared hosting untuk menjalankan blognya, sejauh ini sih aman-aman saja menggunakan hosting tersebut karena traffic websitenya tidak terlalu tinggi. Dalam menggunakan shared hosting artinya kita berbagi server fisik yang sama dengan pengguna shared hosting lainnya, atau dengan kata lain tidak ada space khusus untuk kita saja dan bisa menyebabkan waktu loading website pun menjadi lama.

Nah, dalam kasus teman saya tadi yang menggunakan shared hosting untuk website eCommerce atau onlineshop sudah tidak bisa lagi menampung data-data yang diperlukan.


Untuk itulah VPS menjadi salah satu cara terbaik yang bisa diambil untuk mengatasi masalah teman saya itu.



Mengenal VPS (Virtual Private Server)


Virtual Private Server atau disingkat dengan VPS hosting adalah salah satu layanan penyedia hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resource dedicated server. VPS ini sifatnya virtual dan private jadi penyewa mempunyai kendali penuh terhadap servernya.

Penjelasan secara singkatnya mungkin seperti ini ya mengenai VPS yaitu sebuah server yang bisa kita sewa tanpa perlu investasi atau menyediakan perangkat yang dibutuhkan seperti PC Sever sehingga tidak perlu mengeluarkan biasa besar untuk perangkat tersebut. Menggunakan VPS artinya kita tidak berbagi resource dengan pelanggan lain. Ibaratnya punya server sendiri tapi tanpa mempunyai server fisik.

Memang sih menggunakan VPS memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan menggunakan shared hosting, tapi VPS pun punya kelebihan yaitu :
  • Lebih aman dan stabil dibandingkan dengan shared hosting karena data yang tersimpan juga tersembunyi dari user server lain.
  • Menguntungkan website jika mendapatkan traffic tinggi karena tidak berbagi dengan pengguna lainnya seperi halnya pada shared hosting.
  • Penyewa VPS bebas melalukan login root dan melakukan instalasi software apapun, bahan menambahkan user baru. Wah bisa menyewakan hosting juga ke teman ya kalau kita menyewa VPS.

Domainesia adalah salah satu penyedia VPS Murah Indonesia yang bisa kita pilih saat ingin menjalankan website secara private. Tidak semua orang mengerti cara menggunakan VPS, biasanya digunakan oleh customer dengan level intermediate atau advance saja dimana mereka sudah memiliki kemampuan mengenai server termasuk cara menginstall software dari konsol atau command line Linux. Untuk memudahkan pengguna biasanya dengan memasang kontrol panel seperti cPanel di VPS, ada yang gratis juga kok.

Terdapat berbagai ukuran VM yang dapat dipilih mulai dari Rp100,000 perbulan dengan kapasitas 512 MC RAB, 1 CPU Core hingga Rp4800.000 perbulan.

Selain harga yang bervariasi sebuah penyedia VPS juga harus bisa memberikan support yang baik dan cepat pada pelanggannya.


Setelah dijelaskan mengenai VPS ini, teman saya tertarik banget beralih dari shared hosting ke VPS apalagi dia mau membuat websitenya lebih nyaman dan mengatur metode pembayaran supaya lebih aman dan cepat.

Saya sarankan juga dia membuat daftar isi atau panduan berbelanja di websitenya agar pembeli tidak bingung saat melakukan transaksi.

Apakah teman-teman juga tertarik menggunakan VPS? yuk berbagi buat yang sudah menggunakannya.






24 comments

  1. Suami saya udah sekian tahun ini berjualan dengan membuat lapak di salah satu e-commerce. Saya tuh kepikiran pengen ngebujukin dia buat bikin lapak sendiri. Apalagi kan udah jalan lumayan lama usahanya. Kayaknya saya harus tau juga hal-hal seperti ini :)

    ReplyDelete
  2. Vps meningkatkan layanan ke pembeli dan memudahkkan kita dalam menjalankan bisnis.

    Bisnis akan berkembang dengan menggunakan VPS . Amiin

    ReplyDelete
  3. baru tau aku tentang vps ini, ternyata lebih bagus ya dari shared hosting yg katanya suka down/error

    ReplyDelete
  4. Satu VPS bisa buat berapa user mba? Asik kali yaa nyewa VPS dg sesama teman blogger yg udah kenal dekat, biayanya bisa dibagi rata hehee

    ReplyDelete
  5. Naaah ini artikel yang pas nih sama saya karena kebetulan lagi belajar ttg seluk beluk dunia blogging. Saya kan langganan hosting dgn platform wp. Itu lumayan kan yaa harganya. Seandainya kapasitas media penyimpanan saya juga penuh, nambah kuota buat hosting blog saya lumayan makin merogoh kocek. Jadi mesti disiasati. Thanks for sharing, mbak. Kubintangin yaa postingannyaa :D

    ReplyDelete
  6. Aku nggak begitu paham pakai hosting, tapi setelah baca ini setidaknya tau kegunaannya.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau nih soal VPS mba, dapat ilmu baru nih 😍 😍

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya pilihan web hosting seperti ini dan banyak pilihan memang ngebantu banget orang memilih sesuai kebutuhan ya mba Lidya

    ReplyDelete
  9. Wah..aku awam banget masalah teknis blog.. Sepertinya perlu juga nih mikir ttg VPS ini.. Thx sharing ya mba..

    ReplyDelete
  10. Eh aku dulu gaptek banget dg yang namanya hosting. Makanya milih pake blogspot bukan pake WP. Tapi baca ini jadi lumayan ngeh

    ReplyDelete
  11. Bagus ya fitur2nya lengkap
    Kalau mau tenang websitenya mending di VPS ya kak
    Menarik banget dan pasti jadi pilihan favorite blogger dan sesiapa nih yg mau bikin website jualanannya mungkin.

    ReplyDelete
  12. Wah, berat kajiannya nih. Aku serahin ke kamu aja lah kalo urusan ini yaa :D

    ReplyDelete
  13. Nyimak. Makasi banget ya Mbak ilmunya tentang perhostingan ini. Aku hosting sendiri juga blog ku cuma ya nggak ngerti-ngerti banget ini teknisnya.... :)

    ReplyDelete
  14. Saya nih yg blog traveling hostingnya dah full banget krn isinya 3 domain berbagi dgn suami. Padahal blog taveling hrs banyak gbrnya. Wah lamau ada vps nih asyik nih....

    ReplyDelete
  15. Aku pernah diskusi ini sama sahabat blogger yang pakai wp.
    Doi bilang "Blog aku mah mahaaal...tapi worthed laah kalau sama sponsor post yang aku dapat. Kalau belum bisa nutupin juga, cara mensiasati nya adalah dengan sering-sering ikut lomba. Hadiahnya bisa nutupin buat bayar pengeluaran si blognya itu sendiri."

    Keren-keren banget iniiih....temen-temen yang pakai wp.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu ttg vps ini. Kalo di blogspot spt nya gak usah pake vps mmasih cukup ya .asalkan diirit2

    ReplyDelete
  17. Tulisannya bermanfaat sekali mba, jadi belajar hosting itu sebenarnya gimana, tp ini cocok ya buat website bisnis yah. Noted nih mba kali aja ke depannya pux Web bisnis juga 😄

    ReplyDelete
  18. Selama ini udah baca tentang VPS, dengan storage yang lebih luas dan nggak terbagi dengan sesama pemilik website. Terutama untuk kalangan usaha yang butuh memamerkan produk atau jasanya dengan lebih leluasa

    ReplyDelete
  19. Aaargh aku juga pake jasa domainesia utk sewa domain, tapi belum nyoba sewa hostingnya.

    ReplyDelete
  20. Aku malah baru tau soql VPS kak, selama ini jualan nebeng di Bukalapak dan E-commerce lainnya, juga Instagram dan WA. Belum begitu tau soal website buat jualan. Makasih banget infonya, jadi lebih tau soal website online store

    ReplyDelete
  21. Terus terang masih gak mudeng VPS dll apa xixixi sorry mbaaakk. Aku kalau urusan teknis biasanya kuserahkan ma suami #tutupmuka
    Tapi yg jelas dr semua hosting yg mbk Lid sebut itu aku pakai cloud osting saat ini :D
    Kyknya VPS lbh ke kendali pribadi thd servernya gtu ya?

    ReplyDelete
  22. Jujur saya buta banget soal ini. Tapi sepertinya sudah saatnya belajar dan mendalami soal hosting seperti ini. Soalnya, saya pengen punya toko online dan pengen saya seriusi. :)

    ReplyDelete
  23. Lebih nyaman pake VPS gini ya dibandingkan menggunakan shared hosting. Iya sih biayanya jadi agak mahalan dikit. Tapi kalau untuk bisnis ya tepat milih yang VPS ini.

    ReplyDelete
  24. Saya baru denger dan baca mba tentang VPS ini, sayangnya saya tidak memiliki bisnis tp akan saya infokan ke teman yang punya usaha

    ReplyDelete