Powered by Blogger.

Piala Merak 2018 Apresiasi Untuk Jurnalis Yang Mengedukasi Keluarga Dalam Pemenuhan Hak Anak

"Kita harus menyelamatkan anak-anak karena masa depan kita tergantung pada mereka nantinya. Save The women, save the children - Yohana Yembesi"


Begitulah kira-kira sambutan yang diberikan oleh Ibu Yohana Yembesi Menteri PPPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) pada malam penganugerahan Piala Perak 2018 di Rumah Maroko (7/12) lalu. Beliau juga mengatakan indikator sebuah negara maju dan berkembang ada empat yaitu memperhatikan perempuan, anak, lansia, dan disabilitasnya.



Hak seorang anak agar bisa terpenuhi harus dilakukan secara bersama-sama antara orangtua, pemerintah, lembaga masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, guru, dan lainnya. Karena jika hak anak terpenuhi dengan optimal maka dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 

Setiap anak itu punya realitasnya sendiri, tapi ketika teknologi masuk maka realitasnya menjadi berbeda.

Dari berbagai pihak yang membantu memenuhi kebutuhan anak, peranan media juga penting dalam mempublikasikan berita agar anak-anak mempunyai kepentingan terbaiknya. Melalui media yang menyampaikan berita untuk mengedukasi keluarga sangat diperlukan sesuai dengan pasal 7 ayat (5) Undang-undang No.35 tahun 2014 untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030. 



Piala Merak 2018


Media-media yang sudah mempublikasikan berita dalam upayanya mengedukasi pemenuhan hak anak dan menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik (the center of journalism) maka dari KPPPA memberikan Piala Merak (Media Ramah Anak) 2018.

Dipilihnya merak sebagai simbol karena memiliki sifat kepemimpinan yang merupakan simbol bagi media, berani berada di depan, berderak, dan menyuarakan pemenuhan dan pelrindungan hak anak. Warna-warni yang dimiliki merak melambangkan ekspresi dan latar belakang anak-anak Indonesia yang penuh dengan semangat dan kegembiraan. Merak merupakan burung yang indah dan menjadi sumber inspirasi. Sebagaimana media yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat tentang nilai-nilai perlindungan dan pemenuhan hak anak.


Ada empat kategori penghargaan yang diberikan pada media yaitu :
  1. Media Menginspirasi
  2. Wartawan Menginspirasi
  3. Artikel
  4. Fotografi



Pada kategori Media Menginspirasi penghargaan diberikan pada LKBN Antara, Harian Kompas, dan Mother and Baby. Pastinya kita sudah mengenal tiga media tersebut ya. Untuk Harian Kompas setau saya ada halaman khusus untuk anak juga. Sedangkan Mother and Baby yang konsen terhadap dunia yang berhubungan dengan anak pantaslah jika diberikan penghargaan tersebut.

Dalam menentukan pemenangnya para juri sudah melakukan penilaian artikel dan foto sejak 17-27 November 2018 lalu yang mengambil tema Potret Indoensia, Kesadaran Keluarga Penuhi Hak Anak.

Dengan terpilihnya media serta wartawan yang mendapatkan Piala Merak, diharapkan tetap bisa menjaga hak anak dan menjaga kode etik jurnalistik saat memberitakan apa aja yang berkaitan dengan anak. Semoga saja media-media lainnya juga terinspirasi dan bisa ikut serta memenuhi hak para anak, karena masa depan anak ada di tangan mereka juga. 

Namun peranan media cetak juga harus diimbangi dengan media digital seperti televisi agar bisa menampilkan tontonan layak anak. Begitu pula dengan media sosial yang bisa menyebabkan anak-anak menjadi depresi karena banyak anak yang dewasa lebih awal bukan dari segi fisiknya melainkan dari media sosial.


Nah, buat teman-teman yang belum tau apa aja sih hak anak tersebut, bisa dilihat dari foto di atas ya. Yuk penuhi hak anak secara optimal supaya mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik..

No comments