Powered by Blogger.

Pilih Mana Beli Rumah Atau Mobil Dulu

Lebih penting mana beli rumah atau mobil dulu?

Kalau dihadapkan dengan kedua pilihan ini teman-teman mau pilih yang mana dulu? Keduanya memang sama-sama penting untuk dimiliki, pilihan setiap orang pastinya berbeda tergantung kebutuhan saja. Kalau uangnya lebih dari cukup enaknya langsung membeli keduanya, tapi kalau harus memilih kembali lagi ke skala prioritas saja mana yang lebih dibutuhkan terlebih dahulu



Investasi rumah dan mobil itu penting tapi sesuai kebutuhan jangka panjang atau jangka pendek. Dilihat dulu apakah mobilnya dipakai untuk usaha dan bisa menghasilkan keuntungan  yang besar, mungkin nantinya bisa digunakan untuk membeli rumah. Atau mau investasi rumah dulu, itu sah-sah saja menurut Kenang Kana Mirdad putra dari Lydia Kandau dan Jamal Mirdad.



Pendapat yang Kenang utarakan tersebut saya dengar waktu menghadiri Press Conference Drive Home Expo 2018 di Crematology Coffee Roasters, Jakarta pada hari Rabu (24/10). Selain Kenang, pada acara tersebut juga dihadiri oleh Ibu Marine Novita (Country Manager Rumah.com) dan Ibu Regia Glamouria (Country Manager Mobil123.com) sebagai 2 sosok penting event Drive Home Expo 2018.


Faktor Penting Dalam Mencari Rumah

Menurut Ibu Marine saat seseorang akan membeli rumah 3 hal pertama yang akan dipertimbangkan adalah :
  • Lokasi
  • Biasanya akan dicari lokasi yang tidak terlalu jauh dengan aktivitas sehari-hari baik tempat kerja maupun sekolah anak-anak.
  • Keamanan
  • Apakah rumah yang kita cari mempunyai tingkat keamanan yang baik? hal ini perlu dipertimbangkan untuk kenyamanan selama tinggal di sana.
  • Akses transportasi publik
  • Nah, ini tidak kalah pentingnya jika memikili hunian tapi mempunyai akses transportasi publik yang memadai. Karena tidak semua orang mau membawa kendaraan pribadi untuk pergi bekerja, atau memang belum memiliki kendaraan sendiri.



Setelah 3 hal tersebut barulah harga rumah menjadi pertimbangan para pencari rumah. Mereka akan menyesuaikan budget setelah tahu dan nyaman dengan lokasi yang dipilih.

Berdasarkan survei saat ini usia milenial (21-29 tahun) paling banyak yang mencari rumah sebagai tempat tinggal maupun investasi. Kaum milenial ini biasanya punya mobilitas yang tinggi makanya mereka cenderung mencari properti dengan akses yang mudah sehingga Rumah.com bisa menjadi solusi mereka dalam mencari properti yang diinginkan. Makanya gak heran jika saat ini banyak pasangan yang sudah mempunyai rumah sebelum mereka menikah.

Rumah.com merupakan bagian dari PropertyGuru group, yaitu perusahaan properti online terbesar di Asia. Sebagai portal properti terdepan di Indonesia Rumah.com sebagai konsultan properti yang bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya seperti adanya pertanyaan sekitar properti, mencari agen properti, layanan iklan properti, dan memberikan informasi berita properti terbaru.



Proses Membeli Kendaraan Yang Biasa Dilakukan


Ibu Regia menjelaskan bahwa berdasarkan data GAIKINDO pasar otomotif memilki trend positif, dimana penjualan kendaraan bermotor baru mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan pesatnya perkembangan infrastruktur seperti jalan tol yang bisa mempercepat jarak dari rumah ke tempat bekerja.



Untuk mereka yang sudah berkeluarga punya kendaraan seperti mobil juga bisa menjadi faktor penting agar bisa mengakomodir keluarga saat akan bepergian. Apalagi jika dalam keluarga tersebut mempunyai anak kecil, rasanya nyaman kalau punya kendaraan pribadi.

Berdasarkan survey banyak orang mencari mobil dalam 3 bulan pertama melalui :

  • Research
  • Observasi
  • Decision Making
  • Transaction

Dari keempat proses tersebut bisa dilakukan di Mobil123.com sebagai Portal Otomotif No. 1 di Indonesia yang merupakan anak perusahaan iCar Asia Limited selalu berinovasi melalui fitur-fiturnya agar bisa mempertemukan antara pembeli dan penjual yang terpercaya dalam satu platform online maupun offline.


Drive Home Expo 2018 Juaranya Temukan Rumah dan Mobil Idaman



Ada 63% dari 1000 responden di Rumah.com yang berniat membeli properti dalam waktu 6 bulan ke depan baik first properti maupun second properti. Karena harga propeti di tengah kota yang sangat mahal, banyak kaum milenial yang mengincar properti di pinggir kota dengan harga terjangkau. Namun, mereka membutuhkan kendaraan agar bisa menjangkau tempat tinggal menuju lokasi beraktivitas.

Kolaborasi dari dua portal terbaik di bidangnya yaitu Rumah.com dan Mobil123.com menghasilkan event Drive Home Expo 2018 yang akan diselenggarakan di ICE BSD City, Tanggerang mulai tanggal 2 - 4 November 2018 mendatang. Diharapakan pada expo tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi keinginannya untuk mendapatkan properti dan mobil.

Latar belakang diadakannya expo tersebut adalah karena di Indonesia mayoritas sebelum bertransaksi mereka ingin melihat terlebih dahulu barang yang akan dibelinya dalam hal ini kendaraan dan rumah. Makanya Drive Home Expo 2018 ini adalah event satu-satunya yang bisa mempertemukan konsumen pembeli mobil dan rumah dalam satu waktu yang sama.

Buat yang akan datang ke Drive Home Expo akan banyak penawaran menarik yang bisa didapatkan mulai dari diskon pembelian, test drive kendaraan, dampai ke door prize. Bagi merkea yang datang bersama keluarga ada area bermain untuk anak-anak, jadi orangtua bisa puas melihat expo tanpa rengekan anak-anak yang ingin pulang.

Bagi teman-teman yang berniat mencari rumah atau kendaraan atau sekedar melihat peluang investasi bisa datang langsung saja ya, jangan lupa juga untuk registrasi terlebih dahulu di www.drivehomeexpo.id.

28 comments

  1. seru banget ada pameran ini ya, jadi sekali mendayung langsung bisa cari properti dan kendaraan.

    ReplyDelete
  2. Perpaduan pameran yg uniq ya untuk dua investasi jangka pendek (mobil) juga jangka panjang (rumah), dua2nya punya mnfaat yg penting

    ReplyDelete
  3. Kalo aku runah duluuu, krn blm ada pandangan mau usaha apa dengan mobil. Dulu kepikiran si mau ikut taksi online, tp gk jd, akhirnya ya gk jd ambil kredit mobil juga. Hehe

    ReplyDelete
  4. Drive Home Expo ini menarik banget yaa.. kebetulan lagi pengin cari mobil. Ini diskon berlaku pembelian kendaraan juga kah? Duh aku tertariikk

    ReplyDelete
  5. rumah dan mobil memang prioritas utama yang harus difikirkan saat baru berumah tangga ya, kalau saya pribadi rumah dulu sih tapi, karena udah gak betah numpang sama mertua hahaha *lha malah curhat coba kalau ada event kayak gini di kalimantan, jadi bisa lebih mudah membeli properti dan kendaraan

    ReplyDelete
  6. Aku sih ya pengenya rumah dulu baru mobil hehe tapi tergantung rejeki juga sih. Btw pamerannya ngebantu banget ya buat orang-orang yang cari info.

    ReplyDelete
  7. kalau aku pilih beli rumah dulu, kalau terus-terusan jadi kontraktor manaa tahaaan :D
    lagian masa mau bobo di mobil ya hehehe...

    ReplyDelete
  8. Pengennya sih 2-2nyaa bareng Lia hehehe.. tapi aku fokus ke rumah dulu waktu itu, biar dapet dan lunaaas ;). Penasaran sama expo ini deeh

    ReplyDelete
  9. Kalau aku ya beli rumah dulu lalu beli mobil kemudian. Aku baru tahu loh setelah baca postingan ini kalau ternyata ada Drive Home Expo 2018. Nice info banget ini.

    ReplyDelete
  10. Kalo suamiku dulu udah punya rumah waktu mau nikah, jadi ya beli mobil gitu anaknya lahir. Karena untuk diajakin nengok bumer dan ibu, hihii.

    Kalo anakku udah aku sarankan beli rumah dulu, beda kalo nanti dia kerja nya butuh mobil utk usaha. Atau mungkin bareng ya beli mobil ama rumah kan udah ada kolaborasi rumah.com dan mobil 123.com.

    ReplyDelete
  11. Betapa diuntungkan jadi konsumen zaman now ya, mba.
    Brand berlomba-lomba menciptakan produk dan terobosan inovatif.
    Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

    Jadi, mba,
    Tolong bungkuskan 1 mobil dan 1 rumah ya ^^

    ReplyDelete
  12. Pengennya sih beli dua-duanya ya, ya mobil ya rumah tapi mesti ada pioritas dulu ya, untungnya pameran ini memfasilitasi keinginan untuk punya dua-duanya, hehehe

    ReplyDelete
  13. Klo saya kemarin mobil dulu Mbak, meski nyicil sih. Krna mikirin tempat tinggal kami sementara tu jaraknya jauh dari tempat kerja saya maupun Suami, mana lagi waktu itu Faraz dititipin sana sini, pulangnya seringan malam, jadi kasihan aja klo terus2an kayak gitu. Sambil ngumpulin duitnya jg buat bangun rumah di tanah yg udah dibeli Suami, heheh.
    Tp emang yaah, saat ini tuh mobil udh jadi kebutuhan pokok juga, bukan tersier lagi yah. :)

    ReplyDelete
  14. Kalau bisa sih 2-2nya, hahaha
    Tapi jika milih, mungkin rumah dulu buat tempat tinggal. Kendaraan bisa sambil jalan. Dan juga sekarang banyak kendaraan umum yg oke

    ReplyDelete
  15. Dulu ku berpikir mobil dulu, tp Allah kasih petunjuk rumah dulu. Akhirnya beli rumah dulu, baru mobil. Hehee.

    ReplyDelete
  16. Dulu saya heran saat ada kenalan yg pilih beli mobil dulu daripada rumah. Tapi setelah dia cerita, baru deh paham. Memang tiap orang tuh prioritasnya beda-beda, ya.
    Btw enak ya ada event kayak gitu, bisa lihat2 properti sekaligus mobil 😊

    ReplyDelete
  17. Kenyataan yang kami hadapi saat ini mengantarkan kami memiliki kendaraan lebih dulu daripada rumah.
    Karena suami merasa bahwa rumah adalah aset tidak lancar, jadi investnya lebih ke tanah.

    Semoga ada rejeki lagi...untuk segera berjodoh dengan hunian yang nyaman dan bikin kami tenang.

    ReplyDelete
  18. Pilih dua2nya boleh gak Mba.. *Ups si dompet langsung mengkerut nih..hehe.. Tapi memang keren ya ada pameran bareng gini..

    ReplyDelete
  19. Kalo horang kayaaah boleh langsung beli dua-duanyaa, gak pake milih XD XD

    ReplyDelete
  20. Aaaiiihh kelewatan event keren ni aku, padahal deket dan lagi butuh dua-duanya #eh butuh pencerahan maksudnya

    ReplyDelete
  21. Aku pastinya butuh rumah mbak.
    Kalau mobil, saya masih bisa pakai taksi online.

    ReplyDelete
  22. Kalo kami, rumah dulu. Ini nih lagi rencana mau bangun rumah dalam waktu dekat ini. Mobil? Hmmm sepertinya setelah rumahnya dibangun, baru deh mikirin beli mobil, hehehe 😁

    ReplyDelete
  23. Rumah dong, hehehhe biar nggak keujanan nggak kepanasan ada tempat berlindung. Mobil sambil jalan insyaAllah nanti punya, aamiin. Dan keduanya ini bisa didapetin sekaligus ya mba dengan doa hehehe.

    ReplyDelete
  24. Aku pengen rumah dan mobil sekaligus, tambahin ya lid :D

    ReplyDelete
  25. Kalau saya saat ini butuh rumah dulu hehe, krn kalau mobil dipakainya cuma wiken aja, jd blm terllau penting. Kecuali kalau anak2 sekolah bisa buat antar anak :D

    ReplyDelete
  26. Kalo aku sih dulu beli rumah dulu, baru beli mobil. Soalnya sayang duitnya kalo cuma buat ngontrak.

    ReplyDelete
  27. Karena takut ngeriba dulu kami beli mobil dulu setelah nikah. Soalnya masih kejangkau beli cash walau jadul hehehe. Tp kalau rumah mesti nabung banyal dl baru bisa beli

    ReplyDelete
  28. Dulu aku suka heran Mba sama orang yang masih ngontrak tapi udah punya mobil. Dalam pikiranku ya mending rumah dulu, biar tenang. Tapi terus aku ingat, bahwa masing-masing orang punya pertimbangan sendiri :D

    ReplyDelete