Powered by Blogger.

Perluas Wawasan Teknologi Digital Melaui Indonesia Knowledge Forum VII

"Ibu mau foto atau dapetin merchandise? Isi dulu surveynya ya, cukup discan aja QR Codenya pakai ponsel dan diisi secara online!" 

Begitulah informasi yang saya dapatkan dari salah satu penjaga stand yang ada di Indonesia Knowledge Forum.

Istilah QR Code saat ini memang sudah tidak asing lagi digunakan. Teman-teman juga pastinya sudah sering menemukan QR Code di dalam berbagai kesempatan, bahkan untuk membaca sebuah informasi di suatu web juga kita hanya dengan menscan kode tersebut.

QR Code atau Kode QR merupakan bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Jenis kode matrix yang dikembangkan oleh Denso Wave ini dapat mudah dibaca menggunakan pemindai QR (Quick Response).

Bicara mengenai Indonesia Knowledge Forum, saya baru saja menghadiri pembukaan Conference & Expo di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta pada hari Selasa (9/10) lalu.


Indonesia Knowledge Forum VII 2018



Sejak registrasi peserta sudah dihadapkan dengan teknologi digital melalui tanda pengenal yang  memuat QR Code dan dijadikan sebagai tiket masuk ke area IKF. Tidak hanya itu saja, banyak booth-booth yang melakukan aktivitas dengan pengunjung menggunakan tanda pengenal tersebut.

Event IKF tahun 2018 ini adalah pagelaran yang ke VII dengan mengusung tema "Fostering Innovation and Creating Value Through Digital Transformation". Acara dibuka dan diresmikan oleh Bapak Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur BCA). Menurut beliau era teknologi bisa mengubah segalanya dan menjadi tantangan berbagai pihak untuk ikut serta mendalanginya tentunya dengan kemauan dan perjuangan yang berat agar bisa masuk di dunia tersebut.

PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) ingin berbagi pengetahuan dan inspirasi demi kemajuan dunia usaha dan masyarakat Indonesia dengan implementasinya melalui BCA Learning Service sehingga terlaksananya Pesta Akbar Pengetahuan Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII 2018.

Dalam event yang berlangsung selama 2 hari tersebut dari tanggak 9 - 10 Oktober 2018 akan ada 20 orang pembicara yang inspiratif yang berasal dari berbagai industri dan ikut membagikan ilmu serta pengalamannya dalam membangun inovasi dan memperkuat nilai transformasi digital.


Dunia Digital


Memasuki dunia digital saat ini, BCA juga sudah turut serta di dalamnya, di mana 90% transaksi di BCA sudah dilakukan secara digital seperti Mobile Banking, produk digital VIRA, SAKUKU dan lainnya.



Masyarakat sudah mulai terbiasa melakukan berbagai kegiatan secara digital, namun supaya bisnis fintect bisa berjalan dengan lancar  harus melalui beberapa tahapan penting yaitu :
  • Critical mass
  • Produk yang digunakan harus user friendly, sehingga masyarakat bisa dengan mudah menggunakannya.
  • Trust, kepercayaan pengguna terhadap suatu produk harus dijaga.
  • Financing dengan platform digital
  • SDM yang harus bisa memposisikan dirinya pada bisnis digital.

Sistem Digital Di Bidang Perhubungan



Pada kesempatan tersebut juga hadir Djoko Sasono - Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang menyampaikan informasinya mengenai dunia digital yang ada pada bidang perhubungan. Menurut beliau IT bisa meningkatkan efiseinsi dan mempercepat dunia perhubungan.




Sistem digital sudah digunakan dibeberapa moda transportasi untuk kemudahan seperti Commuter Line yang menggunakan kartu bank sebagai tiket, atau di bandara yang bisa check in secara online, dan penggunakaan kartu bank sebagai sarana pembayaran di jalan tol.

Ke depannya sistem digital ini akan dipakai untuk moda transportasi lainnya karena di pelabuhan sistem ini belum banyak dikelola. 

Beberapa pembicara lainnya yang ikut menyampaikan ilmunya antara lain Anton Hermanto Gunawan seorang Economist, Ongki Kurniawan - Executive Director of Grab Indonesia, Benedicto Haryono - CEO & CO Founder Koinworks, Bill Zeng - APJ Cloud Collaboration Evangelist as CISCO, dan lain-lainnya.

Beruntung sekali saya dan teman-teman Blogger bisa hadir di event besar seperti itu secara cuma-cuma tapi bisa mendapatkan ilmu yang dibagikan oleh pemateri yang hadir. Untuk tiket 1 harinya peserta harus mengeluarkan uang seharga 1 juta rupiah, dan untuk 2 hari seharga 3,5 juta rupiah. Tiket tersebut sudah termasuk akses ruang makan dan berbagai kegiatan yang ada di sana.


26 comments

  1. Waw, tiketnya mahal ya mba,tpi koq promonya kurang ya di sosmed? Klo di jakarta sy yakin teknologi QR code udah merata di smua mall,restoran dan toko, untuk daerah nih yang bingung, alhamdulillah saya sudah tau ttg QR code lewat PayTren (maaf bukan promosi loh hehe) btw kunjungi blog saya ya mba lidya �� : mychibiphariz.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Perlahan apa2 sudah mulai serba digital ya.
    Kyk bbrp tahun lalu, eh malah sekitar 6-7 thn lalu saya terkesima sama adegan drama korea dmn aktornya bayar belanjaan di supermarket cuma scan pakai HP. Skrg d kota Bandar Lampung pun di festival kmrn udh mulai pakai cashless hehe

    ReplyDelete
  3. Tekhnologi emang berkembang pesat ya, mbak. Di semua aspek kegiatan pasti menggunakan tekhnologi dan itu terus berkembang. Makanya kita gak boleh gaptek!

    ReplyDelete
  4. beruntung sekali mba bisa ikut kegiatan seru ini, padahal kalau bayar sendiri tiket nya lumayan mahal hehe pasti banyak dapet ilmu ya selama mengikuti event nya

    ReplyDelete
  5. Harga tiketnya ajib banget mba, seo aku lom tau banyak padahal itu sanagat penting yaa bagi blogger

    ReplyDelete
  6. Wah aku kira ini acara sosialisasi yang "free".

    Baidewei BCA memang terkenal sebagai pelopor dalam produk inovatif ya, mba

    Zaman now memang kiblatnya ke arah serba digital1

    Aku pribadi mendukung banget, selain praktis juga go green, mengurangi penggunaan kertas sekaligus mengurangi sampah secara signifikan.


    ReplyDelete
  7. Teknologi QR juga jawaban untuk lebih menghemat kertas yah mba, dan tentunya karena lebih praktis..

    Tapi beruntung banget loh mba dapat tiketnya, semahal itu yah.. hiksss

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang sudah serbadigital ya, semuanya praktis pakai QR Code, event-nya bagus banget ya dan harga tiketnya juga lumayan

    ReplyDelete
  9. Wah kedepannya transportasi akan dibuatkan sistem digital, semakin canggih ya. Tapi ada untungnya sih, jadi semakin praktis :)

    ReplyDelete
  10. Sistem digital sudah semakin meluas penggunaannya ya mba..perlu kesiapan juga dari masyarakat penggunanya

    ReplyDelete
  11. asyik niiih yang ikhsan knowledge forum..pasti banyak ilmu dan pengetahuan baru dari forum ini.

    ReplyDelete
  12. Waah tiketnya lumayan yaa.. tapi memang acaranya keren sih, apalagi BCA selama ini udah dikenal sbg Bank dg teknologi yang paling maju. Urusan iBanking saja BCA yg paling lancar jaya dibanding bank lain :)

    ReplyDelete
  13. Kalau ada event gini di Jepara, kupasti ikutan. Kemajuan teknologi kudu banget diketahui. Lumayan bisa dapat banyak ilmu dan kumpul dengan orang-orang hebat

    ReplyDelete
  14. Waaa event ini ya yang dirimu dan mbak Ade barengan. Mupeeeeng. Kalo aja aku bisa bebas kayak kalian, huhuhu. Beli tiket sendirinya aja lumayan :D

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah banget ya Mbak bisa ikut event besar seperti ini, free pula, huaaa, bikin mupeng deh Mbak.
    Banyak ilmu makin banyak pengalaman juga. Tentunya jadi nambah relasi juga doong yak ;)

    ReplyDelete
  16. Dunia digital memang bagai dua sisi mata uang yaa...
    Bila bijak menggunakan, bakalan sangat memudahkan sekali.
    Namun bila tidak, akan terjadi kerusakan (kebocoran) data yang fatal.

    Tapi apapun itu, pasti memiliki resiko.

    ReplyDelete
  17. Aku senang kalau ada perempuan yang selalu upgrade wawasan seperti ini. Semoga barokah...

    ReplyDelete
  18. Beruntung banget bisa ikut event keren dan sarat pengetahuan baru gini. Apalagi harga tiketnya mahal juga ya. Namun tentang transportasi yang akan dibikin sistem digitalnya, salut dan semoga semuanya lancar. Aku menanti juga nih model transportasi yang hanya cukup menunjukkan satu kartu untuk mengaksesnya

    ReplyDelete
  19. Aku udah merasakan banget atas BCA yang udah go digital. Mantap memudahkan nggak perlu ke kanornya jadinya. Apalagi buat aku yang jualan online ini. Pengne deh ikutan nimba ilmu acara beginian. Semoga diadakan di kota Pekalongan atau Semarang biar bisa ikutan.

    ReplyDelete
  20. Eh ini bakalan ada di Jogja juga ga eventnya. Mupeng. Keren ini eventnya. Aku mau dong ikutan.

    ReplyDelete
  21. Keren eventnya ya,semoga ada di Jogja juga. BCA emang terdepan ya.

    ReplyDelete
  22. Eranya Milenial banget yah mba 😆

    ReplyDelete
  23. Semuanya sekarang sudah serba canggih, apa2 sudah mengandalkan teknologi digital. Punya pengetahuan ttg hal ini sudah menjadi kebutuhan ya agar tidak ketinggalan jaman.

    ReplyDelete
  24. Wah, asyik banget mba Lid, bisa dapat tambahan ilmu dan wawasan, terutama mengenai HR code ini. Soalnya kadang sering liat, tapi kurang bisa mengambil manfaatnya secara maksimal

    ReplyDelete
  25. Wahhh seru banget acaranya yaa, Mba Lidya. Banyak ilmu yang didapat udah gitu ketemu pula sama teman-teman blogger lainnya :)

    ReplyDelete
  26. Asiknya bisa ikut acara tema teknologi kaya gini. Keuntubgan seorang blogger ya mba. Hehe
    QR ini uda sejak beberapa tahun lalu sangat bikin mudah. Lebih enak daripada barcode kl menurutku

    ReplyDelete