Powered by Blogger.

Atasi Sembelit Dengan Lidah Buaya

"Ma aku mau makan ini ya... Ma aku mau makan itu ya..." 

Gitu tuh kalau sudah masuk weekend, anak-anak minta makan di luar. Tapi dari kebanyakan  makanan yang dimintanya pasti deh kurang serat. Gimana gak kurang serat coba, kalau makanannya isinya cuma daging, ikan, atau karbo aja gak ada sayurannya. Kalau pun ada sayurannya pasti cuma pemanis aja gak sesuai lagi dengan panduan Piring MakanKu anjuran dari WHO :)




Kalau sudah kurang serat, jatuhnya pasti sembelit deh. Rasanya gak enak ya kalau mengalami sembelit, perut melilit tapi gak bisa dikeluarkan.

Seseorang yang mengalami sembelit atau biasa juga disebut dengan konstipasi ditandai dengan sulitnya buang air besar dengan teratur. Tanda lain yaitu kalau buang air besarnya kurang dari tiga kali dalam seminggu. Hayooo.... coba dihitung teman-teman normal gak BABnya? atau jangan-jangan kurang dari 3 kali juga ya.

Saya juga pernah kok sembelit, tapi gak sampai waktu yang panjang kok, yang pasti bikin gak nyaman menjalani kegiatan sehari-hari.

Ternyata, sembelit itu bisa dialami oleh perempuan lebih banyak daripada laki-laki, apalagi wanita hamil.

Penyebab Sembelit


Setiap orang yang mengalami sembelit pastinya punya penyebab yang berbeda-beda antara lain kurang minum air putih, serat yang dimakan kurang, gaya hidup nah ini yang sering terjadi karena pola makan yang kurang baik. Selain itu menahan untuk BAB juga bisa menjadi penyebab sembelit.

Buat pekerja yang sering duduk di depan komputer atau laptop juga harus hati-hati loh, karena terlalu lama duduk bisa mengakibatkan sembelit. Blogger termasuk yang rentan mengalami sembelit apalagi ditambah dengan stress dikejar deadline :) Stress itu sendiri juga penyebab terjadinya sembelit.

Waduh, banyak juga ya penyebab sembelit. Tenang aja biasanya gak akan terlalu lama kok, asalkan bisa mengubah gaya hidup dan mengatasi masalah-masalah tersebut.


Mencegah Konstipasi



Supaya sembelit gak datang lagi, bisa kok diatasi. Apalagi sembelit bisa sangat mengganggu pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, jadi harus segera dihilangkan.


  • Minum air putih yang cukup, lagi-lagi konsen mengenai air putih selalu dibahas ditiap kesempatan yang berhubungan dengan kesehatan. Apa susahnya sih cuma minum air putih aja, apalagi buat pekerja yang sering duduk, kadang lupa waktu dan tidak menyadari sebenarnya dehidrasi menyerangnya. Nah, kalau saya sedang sembelit biasanya langsung minum air putih yang banyak saja buat melunakkan tekstur kotoran agar mudah keluar.
  • Jangan lupa untuk konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran atau kacang-kacangan. Saya suka mengakali makan serat dengan konsumsi asinan sayur atau buah, gado-gado, atau salad. Biasanya saya bisa makan banyak model sayuran seperti ini.
  • Biasakan rutin buang air besar ke toilet di waktu yang sama. Allhamdulilllah kami sekarang tiap pagi antri ke kamar mandi :-D.
  • Oh ya, usahakan tidak menunda BAB ya kalau bukan karena terpaksa seperti susah mencari toilet.
  • Rutin bergerak atau olahraga, kalau tidak sempat setidaknya luangkan waktu berjalan kaki 15 menit setiap harinya.


Cegah Sembelit Dengan Lidah Buaya



Dulu di rumah orang tua saya banyak tanaman lidah buaya, sampai besar-besar pohonnya. Saya tahunya lidah buaya bermanfaat untuk rambut saja. Ternyata lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan lainnya diantaranya mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Pantas saja saya sering melihat minuman lidah buaya yang di jual.



jadi, lidah buaya ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa dimanfaatkan yaitu lateks dan gel. Untuk mengatasi kesulitan buang air besar peran lateks pada lidah buaya dapat digunakan sebagai obat pencahar alami karena didalamnya mengandung bahan kimia yang efektif.

Sebagai orang yang maunya praktis, malas lah saya mengolah lidah buaya untuk bahan minuman atau obat pencegah sembelit. Untungnya sekarang ada Lidah Buaya Herbadrink yang praktis dan dikemas dalam sachet yang bisa membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar, jadi perut gak melilit lagi.


Seger minum Herbadrink Lidah Buaya, pencernaan lancar dan deadline kerjaan pun makin cepat selesai.

34 comments

  1. Menunda-nunda bab, itu yang sering saya lakukan jika sudah keasikan di depan komputer. Solusinya kalau saya, minum air putih sebanyak-banyaknya.

    ReplyDelete
  2. Itu ada potongannya yaaa Lia? Pengeen coba aaah.. biar lancar dan ngg sembelit

    ReplyDelete
  3. Mengatasi sembelit dengan cara menyenangkan ya, Mbak. Saya suka banget ini Herbadrink lidah buaya, segerrr gitu.
    Btw suka banget liat foto terakhir, Mbak 😍

    ReplyDelete
  4. Kalo saya pasa buat bekal saat traveling karna makan tidak teratur jadi butuh bantuan buat tidak mampet

    ReplyDelete
  5. Tooss dulu ah, samaan kita nih, sukan minum herbadrink lidah buaya buat mengatasi masalah pencernaan. Praktis, nggak perlu kupas kupas dan cuci lidah buaya dulu, rasanya juga enak, nggak ada pahit pahit nya :)

    ReplyDelete
  6. Hihi, kebayang ngolah lidah buaya asli utk dijadikan minuman. Males lengketnyaa. Kalo udh jadi serbuk instany kayak herbadrink mah oraktis ya mbaa

    ReplyDelete
  7. Waaah, ada yang udah jadi, gak perlu lagi ngolah, meres-meres campur garam biar keluar lemdirnya, seperti yang bunda lakukan. (Di rumah kebetulan ada tanaman lidah buaya ini). Kalau diminum dingin, rasanya mak nyuuuus.

    ReplyDelete
  8. Dulu tuh, lidah buaya ya buat rambt biar lebat, mana terasa getir gitu ya aromanya, tapi lama-lama lidah buaya dibuat ekstrak gel sebagai minuman, dan sekarang saya bisa menikmatinya dengan seduhan lidah buaya dari herbadrink, penemuan yang keren ya sehingga bisa membantu mengatasi sembelit juga

    ReplyDelete
  9. Ibu mertuaku sering sembelit. Dan waktu dikasih lidah buaya Herbadrink Alhamdulillah bisa sembuh. Nggak enak banget kalo sampai susah BAB

    ReplyDelete
  10. Kalau mengalami sembelit tuh memang nggak nyaman banget. Dan untungnya ada herbadrink yang lidah buayaa ya jadi praktis dan menyehatkan. Btw, aku naksir komputermu, mba. Doakan ya biar bisa punya sepertimu, mba. Aamin :*

    ReplyDelete
  11. Aku sering sembelit mba, thanks banget infonya, gak perlu lagi minum obat-obat pahit yah ada herbadrink 😆

    ReplyDelete
  12. Aku yang termasuk susah minum air putih kalau minum agak banyak suka mual . ini minuman yang aku butuh ini secara kadang aku langganan sembelit Makasih Mbak infonya

    ReplyDelete
  13. Wah.. baru tahu klo lidah buaya tuh bisa jadi solusi tuk gangguan sembelit. Selama ini taux untuk rambut sih. Eh ini bagus ya sdh ada kemasan jadinya jdi tinggal langsung glek aja

    ReplyDelete
  14. Nah iya sama. Saya juga taunya kalau lidah buaya memang bagus buat rambut. Dulu gak kepikiran buat dikonsumsi karena rasanya kan pahit. Ternyata sekarang bisa dijadikan minuman, ya.

    ReplyDelete
  15. wah ini produk baru ya, apa bedanya dengan vegeta? hehe

    ReplyDelete
  16. Woh Lidah Buaya buat sembelit juga ternyata, baru tahu ini. Mau coba minum juga karena selama ini pakai Lidah Buaya buat rambut

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau sembelit bisa diatasi dengan minuman sari lidah buaya, jadi pengen cpba ah, apalagi kalau sembelit tuh nggak enak banget, perut begah dan tidak nyaman

    ReplyDelete
  18. Pengetahuan baru
    Lidah buah bagus jg untuk sembelit ternyata.
    Kirain cm utk rambut dan kulit.
    Hehehehehe

    ReplyDelete
  19. Mbak aku salfok sama pojok kerjanya cakep banget. Iya sepakat bahwa sembelit bikin kesel nih. Harus perbanyak air putih, buah kaya serat, dan tentu saja yang anti ribet ya herbadrink lidah buaya

    ReplyDelete
  20. Tips mencegah sembelit ya ok punya nih..apalagi dg minuman segar menyehatkan ini.. mantab beneeer...

    ReplyDelete
  21. Semua penyebab sembelit di atas itu, gue banget mba.
    Jadi, kalau salah satu, aku lalai saja, sembelit deh tuh.

    Memang sih bisa dihitung.

    Sakit dan sebal berkumpul jadi satu, "Kog bisa sih sembelit, udah emak-emak gini?"
    Biasanya karena kurang air minum dan serat, kalau aku mah.

    Kudu lebih disiplin lagi!


    ReplyDelete
  22. Infonya menarik poll... thanks gais. untuk sharingnya :D

    ===
    Ads:
    =========
    Termudah.com ada cara apapun yang sangat mudah

    ReplyDelete
  23. Kok aku suka banget ya liat pojok kerjanya MbaLid hehehehe.

    ReplyDelete
  24. Wahh ternyata lidah buaya untuk sembelit yah mba? aku baru tau ini, dan jujur jadi penasaran rasanya yang lidah buaya ini...

    ReplyDelete
  25. Aku salfok sama meja kerjanya, nyamaaannn... pengin juga punya yg serapi itu :)
    Btw, herbadrink lidah buaya ini juga favoritku dalam mengatasi sembelit. Mana seger pulak rasanya.

    ReplyDelete
  26. Es nyaa...banyak pissaaan, mba Lid..
    Itu yang bikin kalau habis, pingin lagi...hihii....

    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  27. saya nih sering sembelit, kayaknya karena asupan air putih yang masuk dalam tubuhku masih kurang. Wahhh baru tahu, ternyata lidah buaya bisa mencegah sembelit yaa. cari herbadrink lidah buaya ahh.. :)

    ReplyDelete
  28. Enak loh lidah buaya. Aku suka yang uda jadi gitu. Tapi ya ga praktis kaya herbadrink gini

    ReplyDelete
  29. Wah liat penampakannya kayaknya seger ya mba , jadi pngen beli eeaa 😁

    ReplyDelete
  30. Sembelit ni hobiku banget. Hiks, sembelit kok hobi ya. Apalagi kalau pas hamil. Makin lah menjadi. Sayangnya Herbadrink yang lidah buaya ini nggak bisa ya buat bumil dan busui...

    ReplyDelete
  31. Lid..sama deh kita hehe. Aku suka banget Herbadrink Lidah Buaya, minumnya dingin-dingin di tambah es batu jadi tambah swegeer :)

    ReplyDelete
  32. Duh, aku sering sembelit.
    Enak kali ya herbadrink ini, segerr keliatannya.
    Aku suka nih obat tp enak2 gini ..

    ReplyDelete
  33. Itu ada potongan lidah buayanya atau es batu Mbak?
    ada memang yang jual lidah buaya besar2 tapi belum pernah makan yg seperti itu, bingung ngolahnya
    Ada yang sachet praktis juga

    ReplyDelete