Powered by Blogger.

Atasi Sembelit Dengan Lidah Buaya

"Ma aku mau makan ini ya... Ma aku mau makan itu ya..." 

Gitu tuh kalau sudah masuk weekend, anak-anak minta makan di luar. Tapi dari kebanyakan  makanan yang dimintanya pasti deh kurang serat. Gimana gak kurang serat coba, kalau makanannya isinya cuma daging, ikan, atau karbo aja gak ada sayurannya. Kalau pun ada sayurannya pasti cuma pemanis aja gak sesuai lagi dengan panduan Piring MakanKu anjuran dari WHO :)




Kalau sudah kurang serat, jatuhnya pasti sembelit deh. Rasanya gak enak ya kalau mengalami sembelit, perut melilit tapi gak bisa dikeluarkan.

Seseorang yang mengalami sembelit atau biasa juga disebut dengan konstipasi ditandai dengan sulitnya buang air besar dengan teratur. Tanda lain yaitu kalau buang air besarnya kurang dari tiga kali dalam seminggu. Hayooo.... coba dihitung teman-teman normal gak BABnya? atau jangan-jangan kurang dari 3 kali juga ya.

Saya juga pernah kok sembelit, tapi gak sampai waktu yang panjang kok, yang pasti bikin gak nyaman menjalani kegiatan sehari-hari.

Ternyata, sembelit itu bisa dialami oleh perempuan lebih banyak daripada laki-laki, apalagi wanita hamil.

Penyebab Sembelit


Setiap orang yang mengalami sembelit pastinya punya penyebab yang berbeda-beda antara lain kurang minum air putih, serat yang dimakan kurang, gaya hidup nah ini yang sering terjadi karena pola makan yang kurang baik. Selain itu menahan untuk BAB juga bisa menjadi penyebab sembelit.

Buat pekerja yang sering duduk di depan komputer atau laptop juga harus hati-hati loh, karena terlalu lama duduk bisa mengakibatkan sembelit. Blogger termasuk yang rentan mengalami sembelit apalagi ditambah dengan stress dikejar deadline :) Stress itu sendiri juga penyebab terjadinya sembelit.

Waduh, banyak juga ya penyebab sembelit. Tenang aja biasanya gak akan terlalu lama kok, asalkan bisa mengubah gaya hidup dan mengatasi masalah-masalah tersebut.


Mencegah Konstipasi



Supaya sembelit gak datang lagi, bisa kok diatasi. Apalagi sembelit bisa sangat mengganggu pekerjaan dan rutinitas sehari-hari, jadi harus segera dihilangkan.


  • Minum air putih yang cukup, lagi-lagi konsen mengenai air putih selalu dibahas ditiap kesempatan yang berhubungan dengan kesehatan. Apa susahnya sih cuma minum air putih aja, apalagi buat pekerja yang sering duduk, kadang lupa waktu dan tidak menyadari sebenarnya dehidrasi menyerangnya. Nah, kalau saya sedang sembelit biasanya langsung minum air putih yang banyak saja buat melunakkan tekstur kotoran agar mudah keluar.
  • Jangan lupa untuk konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran atau kacang-kacangan. Saya suka mengakali makan serat dengan konsumsi asinan sayur atau buah, gado-gado, atau salad. Biasanya saya bisa makan banyak model sayuran seperti ini.
  • Biasakan rutin buang air besar ke toilet di waktu yang sama. Allhamdulilllah kami sekarang tiap pagi antri ke kamar mandi :-D.
  • Oh ya, usahakan tidak menunda BAB ya kalau bukan karena terpaksa seperti susah mencari toilet.
  • Rutin bergerak atau olahraga, kalau tidak sempat setidaknya luangkan waktu berjalan kaki 15 menit setiap harinya.


Cegah Sembelit Dengan Lidah Buaya



Dulu di rumah orang tua saya banyak tanaman lidah buaya, sampai besar-besar pohonnya. Saya tahunya lidah buaya bermanfaat untuk rambut saja. Ternyata lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan lainnya diantaranya mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Pantas saja saya sering melihat minuman lidah buaya yang di jual.



jadi, lidah buaya ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa dimanfaatkan yaitu lateks dan gel. Untuk mengatasi kesulitan buang air besar peran lateks pada lidah buaya dapat digunakan sebagai obat pencahar alami karena didalamnya mengandung bahan kimia yang efektif.

Sebagai orang yang maunya praktis, malas lah saya mengolah lidah buaya untuk bahan minuman atau obat pencegah sembelit. Untungnya sekarang ada Lidah Buaya Herbadrink yang praktis dan dikemas dalam sachet yang bisa membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar, jadi perut gak melilit lagi.


Seger minum Herbadrink Lidah Buaya, pencernaan lancar dan deadline kerjaan pun makin cepat selesai.

No comments