Powered by Blogger.

Jus Kurma Menu Wajib Buka Bersama Keluarga Untuk Kembalikan Energi

“Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.” (HR Ath-Thabrani)

Allhamdulillah. Adzan magrib sudah berkumandang, saatnya seluruh umat muslim bergegas membatalkan puasanya mengikuti sunah Rasullullah. Saya pun langsung menyeruput satu gelas jus kurma yang sudah dibuat.


Kurma memang menu wajib buka bersama keluarga yang biasa saya siapkan di rumah ketika bulan Ramadan, bahkan kami sering membeli kurma di bulan-bulan setelahnya. Dalam sebulan kami bisa menghabiskan paling sedikit 2 kilo kurma :). Kalau bukan bulan puasa, biasanya kurma saya makan di pagi hari ketika belum sempat sarapan sementara pekerjaan sudah menanti. Daripada perut kosong, ya saya makan kurma dulu aja.


Konsumsi kurma saat buka puasa membantu menghidrasi tubuh dan mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Kurma mengandung kalium yang dapat membantu saraf dan otot bisa berfungsi dengan baik. Kurma juga mengandung kadar gula yang tinggi, jadi tidak berlebihan dalam mengonsumsinya ya.


Waktu kita berpuasa bisa jadi kita kekurangan cairan padahal zat ini diperlukan sekali buat bernapas, berkeringat juga buang air kecil. Nah bukan cuma orang dewasa saja, anak-anak juga butuh cairan yang cukup supaya gak dehidrasi. Waktu buka puasa bisa dimulai minum air untuk mengatasi kekurangan cairan.

Bagi orang dewasa memang mudah makan 1-3 butir kurma untuk membatalkan puasa, selain air putih tentunya. Tapi, buat anak-anak kadang mereka enggan mengunyah kurma begitu saja. Saya pun tidak kehilangan akal, kenapa kurmanya tidak dijus saja supaya mereka mudah mengonsumsinya.


#BukaBukaanResep



Kali ini saya ingin #BukaBukaanResep jus kurma yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Cara membuatnya mudah kok, siapa pun bisa, tapi siapa tahu saja ada teman-teman yang tidak kepikiran menyajikan kurma dalam bentuk jus untuk anak-anak yang sedang berpuasa.

Begini cara membuat jus kurma ala keluarga kami.

Bahan yang harus disiapkan :


  • 15 buah kurma (banyaknya kurma bisa disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Es Batu
  • Air 2 gelas


Peralatan yang harus disiapkan:
  • Blender
  • Gelas
  • Pisau atau sarung tangan plastik

Cara membuatnya:
  • Pisahkan daging kurma dari bijinya dengan menggunakan pisau kecil atau memakai tangan yang sudah dilapisi sarung tangan plastik.
  • Masukan daging kurma ke dalam blender.
  • Lalu masukkan es batu dan air.
  • Hancurkan  semua bahan menggunakan blender hingga tercampur merata.
  • Jus kurma pun siap dinikmati.

jus kurma

Jus kurma pun sudah siap diminum ketika berbuka puasa. Setelah dituang ke dalam gelas dan didiamkan beberapa saat, akan terlihat beberapa layer, jadi bagus ya. Anak-anak pun jadi semangat menikmati jus kurma yang dingin dan segar ini.

Alvin minum jus kurma

Belanja di HappyFresh


Lagi mager di rumah tapi stok kurma makin menipis, harus cepet beli lagi nih. Untung aja sekarang bisa beli kurma lewat HappyFresh.

HappyFresh merupakan jasa pelayanan yang memilihkan belanjaan rumah tangga yang ada di supermarket lewat bantuan Personal Shopper dan akan dikirimkan oleh driver professional yang memastikan produk aman sampai tujuan.

Aplikasi HappyFresh bisa didownload pada App Store atau Google Play di ponsel teman-teman. Jadi, HappyFresh bekerjasama dengan supermarket seperti Lotte Mart, Transmart Carrefour, The FoodHall, Grand Lucky, Racnh Market, Farmers Market, dan lainnya yang berada di Jadetabek, Surabaya, dan Bandung dalam memenuhi pesanan pelanggannya.

Setiap wilayah akan dilayani oleh supermarket yang berbeda tergantung kerjasama partner. Contohnya untuk alamat rumah saya, supermarket yang bisa melayani hanya ada tiga yaitu The FoodHall Sumarecon Mal Bekasi, Lotter Mart Bekasi Junction, dan Outerbloom Kuningan. Kalau mau tau supermarket mana saja yang bisa menjangkau area rumah teman-teman bisa  mengecek langsung pada aplikasi atau web.


Enaknya belanja di HappyFresh saya bisa memilih jam dan hari pengantaran, dengan catatan masih tersedia kurir yang bertugas. Jadi, gak usah takut kurir datang saat saya tidak ada di rumah. Oh ya selain itu, ketika pesanan yang diminta tidak tersedia, ada pilihan apakah pelanggan ingin dipilihan oleh personal shopper atau kita ditelpon untuk konfirmasi produk pengganti.


Awalnya saya pernah khawatir ketika membeli sayuran atau ikan yang memerlukan es agar tidak rusak. Ternyata waktu pesanan diantarkan sudah dipacking menggunakan es untuk memastikan kualitas produk terjamin sampai ke tangan saya.

Ketika driver datang ke rumah, beliau juga mengupdate pesanan yang sudah saya terima langsung pada ponselnya, saya pun diminta tanda tangan secara digital pada ponselnya.

Doc pribadi

#BukaKebahagiaan


Untuk menghemat waktu dan kegiatan memasak bisa berjalan dengan lancar selama bulan Ramadan, ibu-ibu bisa memanfaatkan promo #BukaKebahagiaan dari HappyFresh. Tanpa keluar rumah tapi makanan buka puasa pun bisa tersaji lengkap di meja makan.

Buat teman-teman yang baru pertama kali menggunakan aplikasi HappyFresh bisa mendapatkan potongan diskon loh dengan menggunakan kode voucher BUKARESEP dengan minimum pembelian Rp150,000 maka akan dipotong langsung Rp50,000.

Selamat berbelanja dan memasak.




20 comments

  1. Aku belum pernah cobain mbaaa. Kayaknya enak yaaa... anak2 juga mau mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak cobain, nanti kalau udah di Jakarta belanja pakai HappyFresh juga ya

      Delete
  2. Eh aku belum coba kurma jenis ini.
    Happyfresh bisa ga ya di Surabaya? #kudet

    ReplyDelete
    Replies
    1. HappyFresh sudah ada di Surabaya kok Amma, nanti cek webnya atau lewat aplikasi ya. Jangan lupa pakai kodenya biar dapet diskon

      Delete
  3. Waah mudah juga ya Mba ternyata bikin jus kurmanya. Saya coba bikin juga akh, caranya gampang ternyata ya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget kok, kalau ga punya blender bisa pakai cara merendam kurma pakai air dengan waktu yang agak lama Awan

      Delete
  4. Aku belum pernah deh minum jus kurma, langsung makan aja selama ini. Haha. Btw, sayang di Serang msh blm ada Happyfresh. Pernah pakaijasa happyfresh pas di Bekasi. Sukaak sama layanannya, personal shoppernya teliti bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau ke Bekasi lagi bia order lagi pakai HappyFresh ya

      Delete
  5. Variasi minunan dgn bahan dasar kurma nih ya... Kmrn sempet coba yg dcampur susu...

    ReplyDelete
  6. nanti aku dibuatin lagi ya jusnya

    ReplyDelete
  7. Konsumsi kurma buat buka puasa ikut sunah Rasul ya, lagi pula manisnya alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sebelum makan utama, baiknya diawali dengan kurma

      Delete
  8. Mau nitip kurma gak? atau ikutan umrah bareng aja yuk nanti bisa beki sendiri kurmanya di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli online aja di HappyFresh lebih praktis, umorh buat ibadah :)

      Delete
  9. Kapan kapan bikinin aku jus kurma yaaa :D

    ReplyDelete
  10. Duh kebayang segarnyaa..kapan-kapan nyobain ah

    ReplyDelete