Cari Tahu Harga Kulkas Berdasarkan Jenis Dan Kebutuhan

Bulan Ramadhan stok makanan di dalam kulkas agak melimpah untuk persediaan berbuka puasa maupun sahur. Jadi ingat dulu, waktu masih punya kulkas satu pintu agak-agak kerepotan menyimpan makanan beku, karena freezernya terlalu kecil. Maklumlah kulkasnya memang sudah ada sejak sebelum menikah. Akhirnya kami pun memutuskan untuk membeli kulkas dua pintu agar lebih praktis untuk penyimpanan bahan makanan. Mulailah saya mencari  tahu harga kulkas secara online supaya tahu apakah dana yang dimiliki sesuai atau tidak.

Kalau saya sih menetapkan beberapa syarat sebelum membeli kulkas diantaranya adalah tidak ada bunga es,  karena  harus sering-sering mencairkannya kalau tidak akan menumpuk dan menghalangi tempat penyimpanan makanan.




Nah, sebelum mengetahui harga kulkas yang akan dibeli, perlu juga mengetahui jenis-jenis kulkas sesuai dengan kebutuhan.


Fridge


Ini kulkas yang umum dimiliki oleh rumah tangga yang mempunyai 1 pintu dan 2 pintu. Keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Sedangkan untuk tingkat suhu pendinginan ada di posisi tengah-tengah diantara jenis kulkas freezer dan showcase. Tapi, untuk tempat penyimpanan jenis kulkas ini lebih efisien karena mempunyai rak penyimpanan di berbagai bagian termasuk belakang pintu.

Freezer


Jenis kulkas ini lebih banyak digunakan di toko untuk menyimpan es krim. Tapi bagi mereka yang bisnis katering kulkas macam ini juga diperlukan untuk menyimpan makanan beku lebih tahan lama lagi. Pendingin pada freezer paling dingin dibandingkan dengan jenis kulkas lainnya. Tidak hanya itu, jenis kulkas freezer juga mempunyai daya listrik yang paling hemat. Jenis freezer ini mempunyai dua tipe yaitu deep freezer dan chest freezer.


Showcase


Nah kalau kulkas jenis showcase biasanya digunakan di toko atau restaurant. Bentuknya sih sama dengan kulkas fridge tapi pintunya transparan. Namanya juga buat jualan ya, jadi produk apa saja yang ada di dalamnya akan jelas terlihat dari luar tanpa harus membuka pintu kulkas. Hanya saja tingkat pendinginan paling rendah dibandingkan dua jenis kulkas lainnya sekitar 0-10 derajat celcius tapi, kemampuan pendinginannya bisa dua kali lebih cepat.

Oh ya, walaupun kulkas bermanfaat sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman, tapi harus berhati-hati menyimpan makanan tersebut di dalamnya karena bisa jadi menimbulkan penyakit. Beberapa tips menyimpan makanan di dalam kulkas antara lain:
  • Tidak semua buah mentah bisa disimpan di dalam kulkas, contohnya tomat mentah akan cepat busuk jika disimpan di dalam kulkas. Sedangkan alpukat dan pisang yang disimpan di kulkas akan memperlambat proses pematangannya.
  • Biasakan menutup makanan yang akan di simpan dalam kulkas agar tidak memicu berkembangnya mikroba di dalam kulkas.
  • Sayuran yang disimpan dalam tempat kedap udara bisa lebih terjaga kesegarannya.

Masih banyak tips lainnya, semua dilakukan agar kulkas dan makanan bisa sama-sama terjaga. Nah, kalau teman-teman lebih memilih kulkas jenis yang mana? Sudah tahu dong sekarang harga kulkas sesuai jenis dan kebutuhan penggunaannya.

Comments

Popular Posts