Tips Belanja Hemat Ramadan Ekstra Agar Ibadah Lancar

"Bule, pesanan kurmanya sudah ada nih, jadi mau ambil berapa kilo?" Begitulah ibu depan rumah memberitahukan pesanan saya setiap menjelang Ramadan. Kami memang sudah langganan membeli kurma padanya, tidak hanya di bulan puasa saja, tapi di bulan-bulan lainnya kalau sedang menginginkannya. 



Di bulan Ramadan memang harus mempunyai persiapan ekstra, apalagi anak-anak juga akan ikut puasa full pada bulan itu. Dengan mengonsumsi kurma bisa memperoleh energi sehingga puasa pun makin kuat. 


Biasanya saya membeli kurma satu kotak yang berisi 2 kilo. Puasa saja belum dimulai, tapi stok kurma mulai menipis, sedangkan si ibu penjual sudah tidak punya stok lagi untuk saya beli. Untung aja sekarang serba mudah, salah satunya bisa membeli kurma secara online.

Berbelanja online tidak hanya untuk kurma saja tapi untuk kebutuhan Ramadan lainnya sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan begitu kita bisa fokus beribadah bukan.

Walaupun belanja online tapi jangan sampai kalap mata ya! Ini ada tips agar belanja hemat kebutuhan bulan Ramadan Esktra di Tokopedia.

1. Berbelanja di toko online yang dekat 


Jangan tergiur dengan harga produk yang murah, tapi saat dilihat lokasi tokonya berada jauh dari lokasi tempat tinggal. Gak mau kan kalau ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang kita beli, apalagi kalau pembelian dalam jumlah sedikit.  Caranya gampang saat melakukan pencarian tinggal di filter lokasi aja, pilih toko yang lokasinya dekat dengan rumah. Dengan memilih toko terdekat maka barangpun akan cepat sampai ke rumah

2. Mudahnya membandingkan harga pada tiap toko di Tokopedia


Kebiasaan perempuan saat berbelanja yaitu membandingkan satu barang yang berada di satu toko dengan toko lainnya, dengan harapan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Kalau hal tersebut dilakukan di toko online, bisa menghabiskan waktu yang banyak. Nah, enaknya berbelanja online bisa membandingkan satu barang di tiap toko yang ada tanpa  harus merasa lelah mondar mandir masuk toko.


3. Produk lokal juga tidak kalah berkualitas lho

Produk lokal yang ada di Tokopedia bisa bersaing dengan produk branded lainnya, meskipun harganya miring. Dengan memilih produk dari kreator lokal berarti ikut meningkatkan perekonomian khususnya ekonomi kreatif. Dalam hal ini juga menumbuhkan UKM yang ada di Indonesia.


4. Pakai metode pengiriman yang efisien

Metode pengiriman yang disediakan pastinya beragam mulai yang konvensional sampai intan seperti jasa pengiriman online. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, kalau memungkinan bisa dikirim di hari yang sama kenapa tidak. Kita bisa membandingkan terlebih dahulu ongkos kirimnya sebelum menentukan metode mana yang paling sesuai.


5. Cara pembayaran yang tepat sesuai dengan keinginan

Berbagai metode pembayaran bisa dipilih, seperti transfer bank, kartu kredit, cicilan, dan saldo Tokopedia. Atau buat mereka yang  tidak terbiasa melakukan pembayaran secara online, bisa loh membayar melalui minimarket terdekat. Pilih saja mana yang lebih mudah saat melakukan pembayaran. Kalau saya lebih suka pakai internet banking daripada harus keluar rumah.


6. Mau hemat? Kenapa gak memanfaatkan diskon dan promo?

Kalau kita jeli bisa memanfaatkan promo dan diskon yang sedang berlangsung bisa berbelanja secara hemat loh jadi bisa menekan anggaran belanja.

Ngomongin diskon dan promo, kebetulan sekali Tokopedia punya program Ramadan Esktra yaitu memberikan rangkaian promo sepanjang bulan ramadan. Catat tanggalnya ya, 25 Mei bakal ada festival belanja online "Black Friday" yang akan memberikan kejutan serta pengalaman belanja online jadi lebih special.


Mau belanja apa buat persiapan Ramadan? yuk dilist mulai sekarang supaya bisa disiapkan saat kejutan Ramadan Ekstra datang. Tapi, ingat ya belanja dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan.  Yang paling penting adalah makna puasanya agar mendapatkan manfaat yang belipat baik dari segi amalan maupun kesehatan. Selamat berpuasa.

Comments

Popular Posts