Powered by Blogger.

Menggunakan Chatbot Untuk Komunikasi Lebih Mudah, Cepat, Dan Efisien

Suka bete deh waktu wa customer service saat membutuhkan sesuatu, tapi responnya lambat banget. Padahal waktu itu bener-bener butuh jawaban yang cepat.

Nah, lain waktu saya melakukan chat di salah satu web jual beli tapi direspon dengan cepat, bahkan dalam hitungan detik. Wah saya senang sekali mendapatkan kemudahan seperti ini.

Tahu gak sih ternyata diantara kedua situasi di atas itu ada perbedaannya loh, kenapa yang satu bisa merespon dengan cepat dan yang satu lambat. Situasi pertama sudah pasti yang menjawab customer service sungguhan alias seseorang yang dipekerjakan untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk. Pantas saja agak slow respon, mungkin dia sedang menjawab pertanyaan chat dari orang lain terlebih dahulu. Sedangkan situasi kedua, sebenarnya kita melakukan percakapan dengan robot alias chatbot.


Apa Sih Chatbot?

Chatbot atau Chatterbot merupakan program komputer yang dirancang untuk simulasi percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia melalui text atau audio - wikipedia

Enak ya kalau punya chatbot yang bisa membantu pekerjaan tanya jawab. Tapi, sebagaimana yang saya ketahui, membuat chatbot pastilah membutuhkan keahlian programming untuk membuatnya. Yah, kalau begini bagaimana banyak orang bisa terbantu, memesan aplikasi chatbot pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Itu sih dulu, sekarang siapa pun bisa membuat chatbot sendiri tapi harus menggunakan coding lewat platform BJtech.


Platform BJtech Untuk Chatbot

Hari Senin, 21 Maret 2018 lalu dalam acara launching "AI Conversation Platform" di Freeware Spaces, Jakarta saya mengenal platform BJtech yang hadir sebagai solusi untuk mempermudah pembuatan chatbot.

PT. Jualan Online Indonesia menghadirkan platform BJtech yaitu sebuah platform percakapan berbasis AI yang memungkinkan semua orang baik pelaku bisnis maupun individu dapat mengambangkan chatbot sesuai dengan kebutuhan masing-masing melalui messaging app.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan yang dapat dilakukan manusia.

Menurut Diatce G. Harahap, CEO PT. Jualan Online Indonesia menyampaikan bahwa dengan semangat Bot for Everyone ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan. Karena menggunakan platform BJtech, seseorang tidak perlu memiliki keahlian pemrograman tertentu.



Oh ya dalam penggunaan platform BJtech ini didukung oleh machine learning technology yaitu sistem yang memungkinkan komunikasi secara bersamaan melalui chatting. Dalam hal ini BJtech bekerjasama dengan LINE untuk pengimplementasikan chatbot yang telah dibuat.

Christa Sabathaly, LINE@ Senior Business Development Manager mengungkapkan bahwa tren penggunaan LINE@ di Indonesia dan chatbot dalam LINE@ sudah ada yang ditunjukkan bagi perusahaan atau pengusaha untuk mengirimkan info  tentang perusahaan atau produknya. Hingga saat ini sudah ada 2,3 juta akun LINE@ dan sebagian besar berasal dari pelaku UKM dan memanfaatkan chatbot untuk memberikan informasi produknya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan chatbot penting dalam mengoperasikan bisnis mereka. 



Buat pengguna LINE@ pasti sudah gak asing lagi dong dengan chatbot yang digunakan untuk menginformasikan promo produk, seperti kopi atau minimarket tertentu :) Nah, menggunakan chatbot sebagai digital customer care bagi pelaku UKM bisa menghemat waktu serta biaya karena semuanya dilakukan dengan otomatis dan tanpa perlu merekrut karyawan.

Sore itu juga hadir Afifudin Kalla, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan bahwa dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada tahun 2017, pelaku UKM yang memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya hanya 3,79 juta dari 38,2 juta. Meskipun masih sedikitnya UKM yang menggunakan platform digital, namun dengan hadirnya BJtech diharapkan dapat membantu dan memudahkan pelaku UKM untuk mengoptimalkan bisnisnya melalui chatbot.



Bagaimana BJtech Bekerja?

BJtech bekerja dengan menganalisa kalimat yang masuk untuk menentukan topik yang dibicarakan. Sistem BJtech akan mempelajari lebih dalam kalimat tersebut untuk diidentifikasi kata perkata dan menganalisa bahasa yang digunakan. Bahkan sistem juga bisa menganalisa perasaan atau sentimen seseorang dan memprosesnya untuk mengambil kesimpulan serta menjawab pertanyaan yang masuk dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan BJtech maka akan mendapatkan beberapa kelebihan yaitu pelayanan akan lebih cepat dan mudah, pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, dan dapat menghemat anggaran.

BJtech ini bisa digunakan pada siapapun yang ingin meningkatkan pengalaman pelanggan seperti industri, bank, e-commecre, telco, travel, logistik, dan perusahaan.

Untuk perorangan pun BJtech bisa digunakan lho, misalnya saat saya datang menghadiri lauching platform ini, tamu yang hadir mengisi daftar hadir menggunakan chatbot, keren kan. Hal ini bisa jug adimanfaatkan dalam keseharian saat membutuhkan layanan chatbot.

Cara Menggunakan Platform BJtech


Untuk dapat menggunakan chatbot, kita hanya perlu mendaftar terlebih dahulu di https://platform.bjtech.io/platform/. Masukkan semua data diri yang diperlukan dan melakukkan aktivasi akun melalui email.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada pada halaman Platform Guide untuk menyelesaikan platform integration pada link https://bjtech.io/guide.html#

Agar dapat membuat chatbot, dipelrukan registrasi dengan akun LINE@ terlabih dahulu, kemudian mengkoneksikan akun LINE@ yang dimiliki dengan BJtech Platform. Pada link di atas sudah ada tutorial step by step dari awal hingga akhir menjadi sebuah chatbot.



Mau buat chat seperti itu? Gampang kok tinggal pakai platform BJtech aja, komunikasi pun lebih cepat, mudah, dan efisien.

No comments