MU-Weber Pelopor Semen Instan Bangun Pabrik Ke-4 Di Cikande

Beberapa tahun lalu ketika kami sedang renovasi rumah, tukang yang mengerjakannya merekomendasikan Mortar Utama untuk perekat hebel. Saya sebagai orang awam yang kurang mengerti mengenai bahan-bahan pembangunan sempat bingung, apa bedanya mortar utama dengan semen biasa atau konvensional. 

Lalu, tukangnya sedikit menjelaskan mengenai mortar utama ini, katanya bisa menghemat waktu dalam pengerjaannya dan hasilnya pun lebih merekat pada hebel. Wah, si bapak ini tau aja ya kalau kami memang berburu waktu dalam renovasi kala itu. 

Mortar adalah semen instan yang terdiri dari campuran pasir, semen, filler, dan aditif (Sebagai bahan tambahan yang tercampur secara homogen dengan komposisi tepat dan diproses menggunakan teknologi modern)  yang berfungsi untuk solusi khusus dan perbaikan seperti merekatkan bata, keramik, mengaci, dan memplester dinding.




Akhirnya bahan-bahan bangunan yang dipesan datang juga, termasuk mortar utama yang katanya sebagai bahan perekat. Waktu melihat kemasannya yang biasa disebut sak dan tertulis MU, saya malah berpikir tentang salah satu klub sepak bola Mancherster United :). Tapi setelah saya baca ternyata itu adalah semen instan.

Sebenarnya Mortar Utama ini merupakan nama merek semen instan atau mortar. Tapi karena Mortar Utama - Weber sebagai pelopor semen instan di Indonesia yang hadir sejak tahun 1996 makanya banyak orang menyebut semen instan dengan Mortar Utama.

PT. Cipta Mortar Utama adalah bagian dari Saint Gobain Group pemimpin dunia di bidang material bahan bangunan dari Prancis. Sebagai perusahaan mortar terbesar yang memproduksi mortar (adukan semen) instan bernama Mortar Utama Weber (MU-Weber). 

Bicara soal Mortar Utama, hari Rabu, 19 Maret 2018 lalu di 1954 Restaurant, saya baru saja menghadiri konferensi pers peluncuran pabrik ke-4 PT. Cipta Mortar Utama yang berlokasi di Cikande.

Mortar Utama yang sudah hadir lebih dari 20 tahun di Indonesia ikut serta mendukung pembangunan dengan menyediakan kualitas yang baik. Di Indonesia sendiri Saint Gobain sudah mempunyai pabrik MU-Weber di tiga lokasi lainnya yaitu Cibitung, Gresik, dan Medan. Lho ternyata ada pabrik MU-Weber di Cibitung, kok saya baru tahu kali ini, padahal lokasinya dekat dengan rumah. Dengan diresmikannya pabrik ke-4 di Cikande diharapkan bisa mendorong industri mortar terus berkembang dan mengubah perilaku membangun yang lebih efisien di Indonesia.



Presiden Direktur Mortar Utama Jose Martos mengatakan Mortar Utama punya komitmen menghadirkan material bangunan yang lebih inovatif, membantu produktivitas di proyek, serta lebih ramah lingkungan. Kedepannya kapasitas produksi terus ditingkatkan dan berencana membangun pabrik berikutnya di beberapa lokasi hingga tahun 2020. Karena menurut beliau Indonesia adalah negara yang menjanjikan investasi dan mempunyai pasar yang berpotensial.

Pada kesempatan itu juga hadir Arsitektur Ary Indra  sebagai salah satu pendiri Biro Arsitek Aboday. Menurut beliau saat ini usia bangunan semakin pendek, tidak seperti jaman dulu yang bisa bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Nah, ada faktor pemborosan yang berperan di sini, karena perlu direnovasi dalam waktu 15-20 tahun.

Dengan menggunakan mortar menjadi salah satu cara agar membawa keseimbangan antara pelestarian alam dengan pemenuhan kebutuhan manusia di masa depan. Setidaknya ada 3 hal yang bisa diraih dari konsep tersebut yaitu meminimalkan konsumsi bahan dan energi, mencegah dampak negatif terhadap lingkungan, dan memenuhi kebutuhan manusia. 


Sementara itu Anton ginting - Direktur Nasional MU-Weber mengungkapkan bahwa Mortar Utama sebagai solusi khusus dan perbaikan untuk bangunan yang mempunyai keunggulan dari sisi kepraktisan, efisien, dan berteknologi terdepan di bidangnya. Dengan menggunakan MU-Weber bisa menciptakan produktivitas dalam aplikasi pekerjaan, kualitas bangunan menjadi lebih baik, anggaran terkontrol, dan lingkungan disekitar lebih ramah lingungan.

Mortar Utama tidak fokus pada berkompetisi dengan brand lain, tapi lebih mengenalkan dan mengedukasi masyarakat menggunakan  Mortar instan.

Kelebihan Penggunaan Mortar

Berdasarkan pengalaman penggunaaan mortar, terdapat beberapa kelebihannya antara lain :

  • Kualitas Bangunan Menjadi Lebih Baik



Pernah melihat dinding yang retak? Nah, ini disebabkan oleh kualitas pasir dan pencampuran pasir dan semen yang tidak tepat komposisinya. Karena adukan semen dan pasir punya takaran tersendiri yang berbeda untuk setiap aplikasi seperti merekatkan hebel, acian, atau merekatkan keramik.
    Penggunakan Mortar Utama yang sesuai dengan solusi yang dihadapi, tidak perlu lagi kerepotan menentukan komposisi adukan yang tepat, karena sudah memilki komposisi yang akurat dan konsisten. Hal ini disebabkan saat memproduksinya menggunakan mesin yang terkomputerisasi, dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas yang sudah teruji di laboratorium. Mortar utama hanya menggunakan pasir pilihan.

    • Praktis dan Efisien
    Waktu pengerjaan akan makin hemat, karena mortar mengandung tambahan aditif yang membuat komposisi adukan pas. Tukang yang mengerjakan tidak perlu lagi mengayak pasir dan melakukan pencampuran pasir serta semen.

    • Lokasi proyek lebih bersih
    Terbayang kan kalau sedang renovasi, tumpukan pasir yang membuat kotor, belum lagi debunya yang terbang. Menggunakan MU gak perlu lagi ada melihat pasir yang menggunung, sehingga tempat bisa lebih bersih. Kalau gak punya tempat penyimpanan, gak perlu khawatir karena MU yang berentuk sak atau curah (silo) bisa menghemat tempat penyimpanan.

    Solusi Mortar Utama - Weber



    Awalnya saya pikir MU-Weber cuma ada produk untuk merekatkan hebel saja, ternyata ada beberapa produk lainnya untuk berbagai solusi seperti :
    • Solusi perekat keramik termasuk untuk pengisi nat
    • Solusi dinding yang meliputi perekat bata, plester, dan acian
    • Solusi lantai sebagai perata lantai dan hardener
    • Solusi khusus dan perbaikan yang meliputi pelapis kedap air, perbaikan, pengisi celah, admixtures dan lain-lain.


    Aplikasi MU-Weber AR Brochure


    Banyak juga ya produknya, tapi gak usah bingung dalam menentukan produk yang tepat saat akan menggunakannya. Cukup  mendownload aplikasi MU-Weber AR Brochure. Apalikasi yang berbasis Augmented Realty ini bisa membantu kita memberikan informasi produk MU-Weber yang akan digunakan pada area rumah.

    Saya juga sempat mencoba langsung cara menggunakan aplikasi tersebut. Misalnya, untuk perbaikan kamar atau lantai produk mana saja yang harus disiapkan. Ada berapa lapisan yang harus disiapkan pun bisa divisualkan secara langsung.

    jadi, teman-teman saat ini sudah tahu kan apa itu mortar? Kalau mau tahu produk mana saja  yang tepat untuk solusi yang sedang dikerjakan, bisa cari infonya di bawah ini.

    Website: www.mortarutama.com
    Facebook: Mortar Utama
    Twitter: @MortarUtamaID
    Instagram: @MortarUtama.Weber
    Youtube: Mortar Utama

    Comments

    Popular Posts