Powered by Blogger.

Saatnya Liburan Seru Dengan Berpetualang Interaktif LEGO Pada Bricklive Jakarta

Pascal dan Alvin saat main LEGO di rumah bisa serius dan anteng, walaupun koleksi mereka tidak banyak. Tahu sendiri dong harga mainan ini tidak bisa dibilang murah. Berbagai cara bisa dilakukan agar kegemaran mereka bermain bisa tersalurkan, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi LEGO Creator atau LEGO Digital Designer yang bisa didownload di Google Play atau App Store. Lebih asyik lagi sih kalau ada event khusus dari LEGO mereka bisa main sepuasnya.

LEGO berasal dari kata Let Godt yang berarti "Bermain dengan Baik" dari bahasa Denmark. Pertama kali dibuat oleh Ole Kirk Christiansen yang mempunyai keahlian sebagai tukang kayu. Dulunya permainan ini terbuat dari kayu, namun saat ini berbentuk bongkahan plastik kecil. Dalam perkembangannya LEGO juga bisa berarti permainan menyusun dan merangkai balok-balok.
Sensei Wu dan Lloyd

Gambar diatas diambil waktu saya menghadiri konferensi pers Bricklive Jakarta pada hari Kamis, 8 Februari 2018 di Flix PIK Avenue, Jakarta. Saya berfoto bersama dengan Sensei Wu dan Lloyd salah satu tokoh yang ada pada LEGO Ninja Go. Wah anak-anak pasti suka nih kalau bertemu dengan tokoh LEGO kesukaannya seperti ini.

Bricklive Jakarta ini terselenggara berkat kerjasama Tokopedia dengan Sorak Gemilang Entertainment (SGE) dan PIK Avenue. Tahu dong kiprahnya SGE yang pernah menatangkan Sound of Music dan Hi5 House Hits ke Indonesia. Siang itu hadir Ibu Melissa Siska Juminto (Managing Director Tokopedia). Bapak Denny Sumali (Direktur SGE), Ratih Ibrahim (Psikolog), dan David Hilman (COO Agung Sedayu Retail Indonesia).

Menurut Ibu Melisa, Tokopedia bangga bisa mendukung hadirnya Bricklive di Indonesia untuk yang pertama kalinya. Karena sesuai dengan semangat Tokopedia untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat sejak dini. Apalagi saat ini LEGO juga menjadi salah satu official brand di Tokopedia yang sudah mempunyai official store.

Sementara itu menurut Denny Sumali SGE mempunyai komitmen untuk mempersembahkan kegiatan yang berkualitas dan edukatif bagi keluarga Indonesia. Nah, di evant ini mengajak keluarga Indonesia berkreasi dengan menggunakan LEGO yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak dan mendekatkan orang tua dan anak.



Kenapa PIK Avenue yang dipilih sebagai lokasi Bricklive?


PIK Avenue sebagai mall yang memiliki space holistic cocok dijadikan lokasi acara Bricklive yang bertema petualang interaktif. Mall ini tidak hanya sebagai tempat shopping saja, tetapi juga tempat yang mendukung lifestyle. Pengunjungnya bisa melakukan berbagai hal seperti bersosialisasi, makan, olahraga, menikmati hiburan dan lain-lain. PIK Avenue juga bisa dikatakan sebagai kepanjangan tangan dari ruang tamu.

Untuk itu David Hilman sebagai COO Agung Sedayu Retail Indonesia ingin menyajikan kegiatan kelas internasional yang bermanfaat bagi seluruh keluarga seperti Bricklive.

Manfaat Bermain LEGO

Setiap anak itu dibekali dengan berbagai kecerdasan yang lengkap dan perlu dikembangkan melalui stimulasi yang tepat dengan usia perkembangannya. Semua kecerdasan berkembang bersamaan secara simultan dan holistik

Agar anak menjadi cerdas, kita perlu menyiapkan anak supaya kreatif dan inovatif supaya lebih unggul. Kecerdasan merupakan kemampuan seseorang belajar, memahami lingkungan, dan memecahkan masalah. Menurut Dr. Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard kecerdasan majemuk terdiri dari 8 aspek yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logikal matematik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis.

Sementara itu Ratih Ibrahim merangkum dari delapan kecerdasan majemuk tersebut menjadi tiga jenis kecerdasan yang dapat diterapkan dalam permainan LEGO, yaitu 

Kognitif
Permainan LEGO yang mempunyai banyak bentuk, warna, dan jumlah yang banyak membuat anak belajar untuk membedakan satu per satu untuk disusun menjadi sebuah bentuk tertentu. Di sini anak akan belajar memecahkan suatu masalah saat membuat bentuk dari LEGO.

Psikososial
Saat bermain LEGO bersama teman-temannya atau di suatau event besar, tentunya anak belajar bermain bersama untuk berbagi di satu tempat yang sama. Mereka akan saling berinteraksi dengan anak lain. Tapi, sebagai orang tua tetap mengawasinya, untuk berjaga-jaga saat mereka berebut LEGI.

Psikomotor
Bermain LEGO otomatis anak menggunakan mata dan tangannya. Di sini bermanfaat untukmelatih motoriknya  baik kasar atau halus.

Dalam memilih permainan harus yang mengandung stimulasi yang tepat sesuai dengan umu, tapi orang tua jangan sibuk sendiri dengan kegiatannya ya. Dalam permainan LEGO juga sudah disesuaikan dengan usia pemakainya dari 1,5 tahun hingga 99 dewasa. 

Berikut ini klasifikasi LEGO sesuai umur 
  • Duplo : 1,5 - 5 tahun
  • Junior : 4-7 tahun bisa digunakan untuk laki-laki dan perempuan
  • City : Anak laki-laki 5-12 tahun
  • Friends : Anak perempuan 5-12 tahun
  • Creator Laki-laki 6-12 tahun
  • Classic : 44 - dewasa.


Bricklive Jakarta 7-17 Juni 2018

Beruntung sekali saya bisa menghadiri press conference tersebut, sehingga bisa tahu lebih dulu mengenai Bricklive ini. Yang pasti acara ini untuk keluarga saat liburan sekolah nanti. Jadi bukan hanya anak-anak saja yang dapat menikmatinya, orang dewasa juga bisa ikut serta. 
Bricklive adalah suatu komunitas yang berbasis atau terdiri dari para penggemar LEGO di seluruh dunia. dengan mempromosikan manfaatnya sebagai alat edukasi Event ini sudah diselenggarakan di berbagai negara seperti Inggris, negara-negara Eropa, Jepang, Amerika, dan Indonesia untuk yang pertama kali tentunya.

Pecinta LEGO nantinya akan dimajakan dengan 16 area permainan dan bisa berinteraksi serta berkreasi dengan berbagai jenis LEGO. Berikut ini beberapa area yang ada pada Bricklive yaitu :
  • Diploma brick Pool
  • Duplo Pool
  • Map build, di sini pengunjung bisa mengenal ilmu bumi dan geografi. Akan ada map Indonesia yang terbuat dari LEGO.
  • Race Track. Buat anak yang suka balap mobil bisa berkreasi membuat mobil dan hasilnya akan dilombakan untuk balapan.
  • Brik Graffiti Wall. Kalau biasanya pengunjung ada event tertentu membubuhkan tandatangannya, di sini ada yang beda. Mereka akan mengabadikan keberadaannya dengan LEGO yang disediakan.
  • Minecraft Build Zone. Bagi pecinta permainan Minecraft pastinya senang sekali di area ini, karena bisa melihat dan membuat beranekaragam karakter pada games tersebut.
  • LEGO architecture zone. Berbagai bentuk bangunan atau gedung yang rumit bisa dibuat dari LEGO.
  • LEGO City Zone
  • LEGO Creator Zone
  • LEGO Star Wars Build Zone
  • LEGO Friends Zone
  • LEGO Technical Zone
  • LEGO Ninja Go
  • Build Tables

Tiket Bricklive Jakarta

Jadi ga sabar ya pingin buru-buru bulan Juni buat datang ke Bricklive. Apalagi bertepatan dengan libur sekolah anak-anak juga liburan ramadhan dan idul fitri juga. Insya Allah kami mau datang kesana, itung-itung hadiah buat mereka.

Tiket bisa dibeli di Outlet LEGO, PIK Avenue dan Tokopedia seharga :
- VIP Rp275,000
- Regular Rp175,000



Memang terlihat mahal tapi worth it lah untuk bermain LEGO sepuasnya di 16 area yang disediakan. Apalagi kalau membeli tiketnya dari sekarang di Tokopedoa bisa mendapatkan diskon 10% dan 1 LEGO Figurine.

Selain itu juga tersedia tiket Family Package dengan harga tiket anak Rp175,000 dan tiket orang tua Rp100,000. Untuk keluarga yang terdiri dari 2 anak bisa membeli bundling tiket yang terdiri dari 2 tiket anak dan 2 tiket orang tua seharga Rp500,000.

Promo lainnya dari Tokepedia bisa didapatkan, langsung saja ke webnya ya selama bulan Maret sampai Juni nanti.

Mau tahu keseruan yang ada di Bricklive Jakarta nanti? lihat videonya yuk


Sampai ketemu di PIK Avenue ya. Selamat berpetualang Interaktif LEGO.



1 comment