Sasa Santan Kelapa Aslinya Santan Untuk Kesempurnaan Makanan

"Mah, nambah lagi dong makannya. Rendangnya pedes tapi enak banget" 

Kalimat ini sering diucapkan oleh anak-anak di rumah ketika sedang makan nasi pakai rendang. Rendang yang enak, gurih dan empuk menjadi kunci utama mereka akan makan dengan lahap, meskipun rasanya pedas pasti mereka suka.

Rendang merupakan masakan khas dari Padang yang terbuat dari daging dan memiliki cita rasa pedas. Daging diolah dengan berbagai campuran bumbu dan rempah-rempah serta santan kelapa.


Sebagian besar kuliner di Indonesia memiliki cita rasa gurih yang berasal dari santan. Selain rendang, masih banyak lagi olahan masakan lainnya yang menggunakan santan kelapa.

Santan adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan kelapa yang diparut dan disaring. Santan bisa dihasilnya dengan penambahan air maupun tidak.

Kendala Memproses Santan


Dalam mengolah makanan yang menggunakan santan kelapa, ada sedikit kendala yang buat saya agak merepotkan. Karena harus memarut kelapa terlebih dahulu dan menyaringnya. Apalagi saya tidak tahu berapa banyak air yang ditambahkan kedalam parutan kelapa agar menghasilkan santan yang sesuai untuk memasak. 

Ada cara lebih praktis sih untuk memarut kelapa, yaitu dengan meminta bantuan penjual kelapa parut. Tapi, saat saya membutuhkan santan kendalanya harus pergi dulu ke tempat pemarutan kelapa. Belum lagi kalau santan dibutuhkan pagi-pagi sekali, berarti saya harus memarutnya sehari atau beberapa jam sebelumnya. Nah, apakah santannya masih segar dan rasanya tidak berubah saat dimasak? 

Buat saya sih lebih praktis menggunakan santan instan dan tidak perlu repot memarut dan memeras kelapanya. Tapi, ada gak sih santan kelapa instan yang segar ?


Peluncuran Sasa Santan Kelapa

PT. Sasa Inti menjawab pertanyaan saya soal santan instan segar. Pada hari Rabu 20 Desember 2017 lalu bertempat di Kantor Sasa Inti, Jakarta, baru saja mengeluarkan produk terbarunya yaitu Sasa Santan Kelapa.


Saat peluncuran Sasa Santan Kelapa dihadiri oleh Chef Vania (Pemilik Stillwater Coffee dan The Betawi Salad) dan Bapak Sutjiptoo Susilo (Senior Marketing Manager PT. Sasa Inti).

Mungkin ada beberapa orang yang meragukan santan instan karena rasanya tidak alami dan tidak fresh lagi. PT. Sasa Inti sudah memikirkan kekhawatiran masyarakat mengenai hal tersebut dengan mengaplikasikannya pada Sasa Santan Kelapa.

Akhirnya Bapak Rony selaku Presiden Direktur  PT. Sasa Inti membuka ceremonial yang ditandai dengan membuka replika kelapa berukuran raksaksa, dimana di dalamnya sudah terdapat replika Sasa Santan Kelapa dalam ukuran besar pula.

Sasa Santan Kelapa Aslinya Santan

Santan yang fresh bisa dilihat dari warnanya yang segar, putih, dan tidak berbau. Selain itu juga memiliki aroma santan wangi, dan tidak pecah saat digunakan sehingga dapat menggugah selera. Rasa santan yang gurih tidak menguasai rasa makanan itu sendiri.


Ada beberapa poin penting kenapa Sasa Santan Kelapa disebut sebagai aslinya santan, yaitu :
  1. Sasa Santan Kelapa fresh dan alami memiliki citarasa dan aroma santan segar sebagaimana kita memarut dan memeras kelapa sendiri. Santan yang fresh tidak akan pecah dan memisah ketika dimasak sehingga tidak akan merusak kesempurnaan makanan.
  2. Kekentalan dan cairan santan asli. Nah, ini menjawab kebingungan saya mengenai kekentalan santan yang pas. Sasa Santan Kelapa mempunyai karakter yang sama dengan dengan santan segar dan kekentalannya yang pas. 
  3. Murni dan siap pakai. Sasa Santan Kelapa bisa langsung dimasukkan kedalam masakan.

Kenapa Sasa Santan Kelapa segar? karena sudah menggunakan teknologi yang memungkinkan santan selalu segar dimana setelah kelapa dipetik langsung diperas dan segera diproses serta dikemas sehingga santan tidak rusak. Penyimpanan Sasa Santan Kelapa pun tidak perlu dilakukan di freezer, cukup disimpan di suhu kamar saja, asalkan kemasannya tidak rusak.

Penggunaan Sasa Santan Kelapa bisa diaplikasikan kedalam semua jenis masakan baik makanan yang gutih maupun manis. Sasa Santan Kelapa juga bisa digunakan sebagai bumbu utama saat memasak atau sebagai toping. Selain itu juga dapat dipakai pada jenis makanan panas dan dingin.

Saya juga baru tahu lho ternyata Sasa Santan Kelapa bisa langsung dimakan begitu saja. Karena santannya sudah matang sehingga bisa langsung dituang pada makanan sebagai toping. Wah, lebih praktis ya.

Demo Cooking oleh Chef Kong

Gak afdol ya rasanya kalau tidak ada demo memasak menggunakan sasa santan kelapa. Chef Kong mendemokan cara memasak Ikan Dori Bumbu Kari. Kami juga mencicipi jus mangga segar tanpa penambahan gula hanya saja diberikan ntoping Sasa Santan Kelapa. Hmmmm rasanya segar dan gurih, pantas saja ya Sasa Santan Kelapa boleh langsung digunakan sebagai toping makanan.

Tidak hanya itu saja, saat makan siang juga kami menyantap semua hidangan yang disiapkan oleh Chef Kong diantaranya ada rendang, soto betawi, ikan dori, hingga salad buah. Rasanya enak semua lho, baru kali ini saya mengambil semua makanan dan tidak mengecewakan secara keseluruhan.

Food Photography Oleh Ayudiah Respati

Sudah gak asing lagi kan melihat foto makanan di media sosial? Kali ini Ayudiah membagikan tips memotret makanan yang instagramable.

Untuk menghasilkan sebuah foto yang menggugah selera, Ayudiah membagikan ilmunya. Dalam memotret harus memperhatikan lighting. Cahaya yang paling bagus berasal dari cahaya matahari karena akar terlihat natural. Namun, jika tidak ada cahaya matahari atau berada di dalam ruangan dapat menggunakan cahaya buatan dari LED. Ambil gambar dari sudut pandang yang berbeda-beda hingga menemukan posisi yang pas. Sebelum memmotret makanan, hiasi dengan pernak pernik yang mendukung supaya hasil foto terlihat lebih bagus. Tetapi point utamanya ada di makanan ya, jangan terlalu ramai dengan aksesoris foto. Nah, yang terakhir foto melewati proses editing menggunakan photoshop atau aplikasi lainnya, apalagi saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan pada smartphone.


Akhirnya selesai juga peluncuran Sasa Santan Kelapa siang itu. Jadi mau buru-buru memasak ya :). Oh ya sana juga sudah disediakan photo booth untuk undangan yang hadir lho. Momen ini tidak disia-siakan untuk mengabadikannya.  


Penasaran dengan kesegaran dan kekentalan Sasa Santan Kelapa? yuk beli santannya dan langsung diaplikasikan dalam masakan. Selamat memasak :)

Mau menghadiri acara dari Sasa juga? Yuk join 
www.kreasisasa.com
sosmed : @kreasisasa
Facebook : Komunitas Kreasi Sasa 

#SasaSantanKelapa #AslinyaSantan #KreasiSasa #BelajarMasak #MasakanRumah

Comments

  1. Aku pake sasa yang bubuk. Dan sekarang yang cair juga lebih praktis dan bikin masakan bersantan makin sedap

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts