Hal Penting Yang Harus Disiapkan Saat Liburan

Sering uring-uringan, jutek, stres, atau mikir pekerjaan di mana-mana? itu tandanya kamu butuh piknik:) kalimat ini sering kali dijadikan candaan dalam obrolan sehari-hari. 

Sebetulnya kalau dilihat dari segi kesehatan liburan juga bermanfaat untuk kesehatan jasmani maupun psikologi lho. Tapi, dengan catatan meninggalkan dulu urusan pekerjaan dan nikmati suasana liburan dengan nyaman. Setelah berlibur pikiran pun kembali fresh, karena bisa menyegarkan pikiran, serta tingkat stres akan menurun. Dan kita pun siap menjalankan aktivitas kembali.




Sebelum liburan ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan agar liburanmu nyaman.

Pilih Lokasi Liburan

Lokasi liburan biasanya sudah direncakan sebelumnya, bahkan ada yang merencanakan satu tahun sebelumnya. Hal ini bisa terjadi ketika berlibur bersama teman atau keluarga, di mana harus menyiapkan waktu yang sama karena berbagai kesibukan masing-masing. Kalau kami sih biasanya mencocokkan dengan liburan anak-anak di sekolah saja.

Sebentar lagi liburan akhir tahun tiba, banyak orang memanfaatkan momen tersebut untuk travelling, baik di luar Indonesia maupun di dalam negeri sendiri. Destinasi liburan favorit di dunia saat tahun baru diantaranya ada Times Square New York, Sydney Opera House, Marina Bay, Victoria Harbour dan lainnya.



Lokasi liburan akhir tahun di dalam negeri juga tak kalah menariknya lho, seperti Pulau Komodo, Trio Gili, Raja Ampat, Danau Toba, Bunaken, dan masih banyak lagi destinasi favorit lainya.

Tentukan Hotel Sesuai Kebutuhan

Nah, pemilihan hotel saat berlibur juga masing-masing mempunyai kebutuhan yang berbeda. Ada yang memilih hotel untuk tempat tidur saat malam hari saja, karena sepanjang hari ingin menghabiskan waktu menjelajahi lokasi wisata. Tapi ada juga yang ingin menikmati fasilitas hotel yang lengkap seperti kolam renang, view yang bagus, atau adanya playground untuk anak-anak.

Agar lebih nyaman pemesanan hotel bisa dilakukan sebelum hari H tiba, apalagi saat peak sesion, bisa-bisa tidak kebagian kamar deh. Tadinya mau berlibur, malah jadi bete karena harus mencari penginapan kemana-mana.

Lebih mudah melakukan transaksi hotel secara online, agar bisa mendapatkan kepastian kamar  yang didapatkan, syukur-syukur mendapatkan potongan harga. Enaknya mencar hotel secara online, kita juga dapat membandingkan harga dan tidak perlu keluar masuk hotel untuk bertanya. Beberapa review dari traveller juga berguna untuk dijadikan rekomendasi memilih hotel.

Moda Transportasi Yang Dipilih

Jika memilih liburan dengan naik kendaraan umum, siapkan tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Lihat saja beberapa situs online yang menawarkan harga tiket promo.

Gak, salah sih pembelian tiket dilakukan menjelang liburan dilakukan, hanya saja ada konsekuensi harga tiket jauh lebih mahal. Biasanya sih hal ini dilakukan saat melakukan liburan dadakan, ya apa boleh buat karena ingin melakukan refreshing bukan.

Pemilihan moda transportasi juga disesuaikan dengan siapa kita berlibur. Misalnya dengan anak-anak naik pesawat lebih nyaman, karena tidak membutuhkan waktu berjam-jam di perjalanan. Tapi kalau mau lebih murah bisa naik kereta api, ini juga transportasi yang nyaman walaupun membutuhkan waktu lebih lama. Kalau kami sih menghindari liburan naik bis, karena khawatir macet apalagi di saat liburan akhir tahun.

Periksa Keamanan Rumah Saat Liburan

Ini juga termasuk hal yang penting dilakukan ketika akan menikmati liburan. Amankan rumah dari segala kemungkinan bahaya yang akan terjadi, seperti :
  • Cabut semua kabel alat-alat elektronik dan aliran tabung gas, serta tutup rapat wadah yang berisi minyak atau pemicu api lainnya.
  • Kunci semua pintu, jendela, dan lemari. Simpan barang berharga pada tempat yang aman, jika perlu dapat menyewa deposit box.
  • Matikan seluruh kran air.
  • Boleh kok menginformasikan kepergian kita pada tetangga tau ketua RT. Bisa juga meminta bantuan security untuk mengecek rumah secara berkala,
  • Lindungi rumah dari arusansi yang memberikan perlindungan komperhensif.

Travel Insurance


Siapa pun mau liburannya aman dan lancar,  tapi tidak ada salahnya kok menyiapkan travel insurance sebelum pergi berlibur. Memang sih masih banyak orang yang tidak menggunakan asuransi perjalanan ketika berlibur, karena berbagai hal. Padahal terdapat kemungkinan terjadinya masalah ketika melakukan perjalanan seperti :
  • Rencana penerbangan ditunda atau dibatalkan
  • Kehilangan bagasi, dokumen perjalanan, uang, atau barang pribadi
  • Sakit di tempat tujuan
  • Kecelakaan atau meninggal dunia ketika berlibur
  • Perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran selama di perjalanan
Gak bisa dibayangkan bukan, kalau gangguan di atas terjadi. Namanya juga faktor luar, kita tidak dapat mengatur semua. Sudah mempersiapkan semua, tiba-tiba tiket dibatalkan. Wah, kalau tidak ada lagi dana untuk membeli tiket bagaimana jadinya. Untuk itu pentingnya memiliki travel insurance.

MSIG Travel Insurance

Bicara soal travel insurance, saya baru saja menghadiri gathering MSIG bersama Mobil123 di The Hook, Jakarta pada hari Rabu, 6 Desember 2017 lalu. Tema yang diangkat pas sekali dengan keadaan saat ini yaitu "Menyambut Libur Akhir Tahun Yang Meriah", dimana orang-orang mulai menyiapkan liburan akhir tahunnya.




Pesan Bapak Bernardus P. Wanandi (Vice President MSIG Online) kepada para solo traveller untuk memberitahukan pada orang-orang terdekat tentang kepergiannya, termasuk itinerary. Hal ini dilakukan jika ada kejadian darurat yang tidak diinginkan, maka dengan mudah mendapatkan pertolongan dengan cepat.

MSIG mempunyai dua macam travel insurance yaitu overseas travel insurance dan domestic travel insurance (yang akan dilaunching pada tanggal 12 Desember 2017 nanti). Berbagai manfaat MIS Oevrseal travel insurance dapat digunakan sepertisantunan saat terjadi keterlambatan penerbangan yang diberika per 3 jam. Jika membeli paket asuransi keluarga, maka manfaat yang berlaku juga untuk masing-masing tertanggung sebesar 100%.

Sedangkan untuk MSIG Domestic Travel Insurance mempunyai kelebihan manfaat lainnya yaitu premi yang lebih murah dan ada perlindungan atas isi rumah yang ditinggajan akibat kebakaran. Preminya pun sangat terjangkau harganya, sesuai dengan lamanya hari kita berlibur. Contohnya untuk harga termurah di Plan A sebesar 23 ribu untuk perjalanan 1 - 3 hari.


Klaim MSIG Domestic Travel Insurance dilakukan dengan metode reimbus paling lama 14 hari, dengan catatan laporan dan dokumen sudah diterima semua. Ada batas waktu klaim, sebaiknya segera melaporkan kejadian meskipun belum melengkapi dokumen agar cepat terdata di sistem MSIG. Asyiknya lagi travel insurance ini bisa dibeli last minute sebelum kepergian lho

Cara pengajuan klaim dengan layanan 24 jam bisa melalui :
  • Call center _62 21 2927 9631
  • WhatsApp +6281294644004
  • Toll-free 0800 140 1403

Membeli Travel Insurance Lewat MSIG Online


Di jaman yang serba cepat dan online seperti saat ini, asuransi pun bisa dibeli secara online, begitu pula yang dilakukan oleh MSIG. Keuntungan membeli asuransi di MSIG Online adalah :

Praktis
Gak perlu lagi datang ke kantor perwakilan hanya untuk membeli asuransi.  Tinggal mengeluarkan gadget, jadi selesai deh asuransi diurus.

Aman
Semua data yang digunakan untuk bertransaksi akan terjaga kerahasiaannya, sehingga data priadi aman tersimpan oelh MSIG.

Cepat
Membli polis secara online dapat menghemat waktu dan ePolicy dapat langsung dikirimkan setelah pembayaran diterima. Metode pembayaran yang digunakan juga beragam mulai dari kartu kredit, Bank transfer, CIMB Clicks, BCA Virtual Account, Permata Virtual Account, dan Mandiri Bill.

Kamu mau liburan akhir tahun kemana? Jangan lupa beli MSIG Travel Insurance, dapatkan diskon 24% untuk pembelian tanggal 12 - 31 Desember 2017. Gunakan kode MSIG1212.

Beli MSIG Travel Insurance secara online di :
Website www.msigonline.co.id
021-252-3852
travel-insurance@id-msig-asia.com


Selamat berlibur :)

Comments

  1. Liburan tahun baru ke Bekasi ada apa di sana? Qiqiqi. Baru tahu ada MSIG, nih. Referensi baru buat beli asuransi perjalanan ya, Bund.

    ReplyDelete
  2. Persiapan liburannya mantap nih Lid. Kebetulan aku mau ke Belitung. Bisa diterapkan tips ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts