Jadi Lady Biker? Jangan Abai Perawatan Motor Matic Kalian

Jadi Lady Biker? Jangan Abai Perawatan Motor Matic Kalian - Kalau ditanya lebih suka bawa kendaraan motor atau mobil? Jawabannya tergantung situasi, kondisi, dan kebutuhan. Tapi dalam keseharian saya lebih sering mengendarai motor karena lebih praktis, cepat, dan bisa sat set menembus kemacetan lalu lintas sambil antar jemput anak sekolah bisa mampir belanja ke pasar dan gak pusing mikir cari parkiran. 

Jangan Abai Perawatan Motor Matic





Kalau urusan naik motor bisa dibilang saya sudah terbiasa sejak dulu bahkan pertama kali naik motor waktu zamannya motor pakai gigi dan belum ada motor matic. Tapi untuk saat ini saya lebih nyaman menggunakan motor matic. 

Tips Aman Wanita Berhijab Naik Motor


Wanita zaman sekarang dituntut untuk lebih mandiri termasuk dalam hal berkendara. Sebisa mungkin dapat mengendarai kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Tapi buat teman-teman yang belum atau tidak bisa berkendara gak usah khawatir saat ini masih bisa mengandalkan ojek online yang sama praktisnya kok.

Alasan saya memilih membawa motor dalam aktivitas selain lebih cepat juga hemat waktu apalagi harus mengantarkan dua anak ke sekolah dengan rute yang berbeda.

Boleh-boleh saja kok wanita membawa motor dalam keseharian asalkan memperhatikan hal-hal penting supaya lebih aman dalam berkendara.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman dan Aman

Ternyata pakaian nyaman saja gak cukup buat wanita yang suka naik motor, tapi faktor keamanan juga perlu diperhatikan.Jangan sampai ada pakaian yang menjuntai ke bawah untuk antisipasi kain melilit pada roda atau jeruji dan mengakibatkan kecelakaan. Sudah sering kali saya melihat pakaian ibu-ibu yang menutupi bagian lampu sign sehingga membingungkan pengendara di belakangnya karena tidak bisa melihat tanda ketika akan berbelok.

Kalau saya sih menyarankan menggunakan sepatu ketika mengendarai motor agar lebih aman saja. Selain untuk melindungi kaki dari gesekan juga dari terik matahari. Bisa saja kan kalau pakai sandal terlepas di jalan malah jadi berbahaya.

Untuk menghalau angin, sebisa mungkin saya pun menggunakan jaket untuk melindungi tubuh. Saat bepergian jarak dekat saya memilih jaket tipis saja.


Perlengkapan Berkendara Jangan Dilupakan

Pastikan kalian juga sudah punya SIM ya dalam berkendara. Jangan dijadikan pajangan di rumah, SIM dan STNK dibawa ketika naik motor bukan karena takut ditilang polisi melainkan kewajiban semua pengendara. Perlengkapan lain yang perlu digunakan ketika naik motor adalah helm untuk melindungi kepala, peralatan dasar serta uang secukupnya atau paling tidak di dompet ada ATM.


Cek Motor Sebelum Digunakan

Sebelum mengendarai motor pastikan mengecek ban motor apakah anginnya cukup dan kondisi ban dalam keadaan baik tidak bocor. Manfaat mengecek sebelum menggunakan motor jika ada hal yang kurang baik bisa segera diperbaiki terlebih dahulu daripada dalam perjalanan ada kendala akan lebih repot lagi. Jika bahan bakar motor sudah habis jangan lupa mampir ke pompa bensin terdekat dan mengisi bahan bakar yang sesuai peruntukannya. Kami terbiasa mengisi bahan bakar motor menggunakan pertamax sehingga lebih awet karena pembakarannya lebih efisien dan lebih ramah lingkungan.


Service Secara Rutin 

Jujur saja untuk urusan mesin motor saya kurang mengerti tapi sebisa mungkin taat dalam pengecekan dan melakukan service rutin supaya motor matic yang digunakan lebih awet sehingga tidak khawatir mogok di tengah jalan.

Service motor gak harus satu bulan sekali juga sih tapi tergantung dari jarak tempuh tertentu dari motor tersebut. Ada beberapa bagian wajib yang biasa dicek saat kita melakukan service motor antara lain oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, accu, ban dan tune up.

Nah di bulan ini motor matic yang biasa saya gunakan sudah waktunya service motor nih. Berhubung tidak sempat pergi ke bengkel, akhirnya saya menyuruh si sulung yang membawa motor tersebut ke bengkel. Tenang aja dia sudah 17 tahun kok dan sudah memiliki KTP serta SIM. Sekalian juga dia belajar cara merawat motor matic yang baik.

Saya berpesan pada si sulung untuk melakukan service motor termasuk ganti oli dan mengecek rem kanan karena saya merasa ada yang tidak enak ketika melakukan pengereman. Dia pun memberikan laporan setelah selesai service dengan membawa bukti pembayaran di mana di dalamnya meliputi:

  • Penggantian Oli Gardan. FYI aja kalau oli gardan ini fungsinya sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Ketika melakukan servis oli gardan diganti setelah 2 kali mengganti oli mesin.
  • Penggantian Oli Mesin. Oli mesin penting banget untuk motor untuk perlindungan sebagai pelumas dan pendingin. Biasanya oli mesin diganti tiap 2500 KM sekali. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
  • Penggantian Seal Master. Pengecekan kampas rem saat service motor penting juga dilakukan untuk keselamatan pengendara. Kampas rem yang sudah tipis mengakibatkan sistem pengereman terganggu. Setelah dicek oleh teknisi ternyata komponen yang harus diganti adalah seal master, pantas saja rem sebelah kanan agak dalam dan tidak dapat mengerem dengan baik.

Oh ya ketika service motor dilakukan pula tune up yaitu pemeriksaan semua komponen agar motor bisa tetap dalam performa baik. Tune up meliputi pemeriksaan tekanan ban, lamput pembersihan karburator, memeriksa rantai, rem, dan klakson. Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Servis Motor di Planet Ban


Pasti ngiranya Planet Ban hanya untuk ganti ban saja ya? Saat ini Planet ban sudah bisa melakukan servis motor loh dengan layanan Servis Sepeda Motor "Service Motor Rasa Mesin Baru". Jadi Planet ban punya konsep menggunakan cairan formula berteknologi tinggi yang sudah teruji untuk segala jenis sepeda motor dan mampu membersihkan kotoran dan debu pada bagian mesin motor sehingga membuat mesin lebih bersih seperti baru.

planet ban





Di Planet Ban, kita bisa ganti oli motor matic setiap kendaraan mencapai jarak tempuh 5000 km atau antara 4-6 bulan sekali. Ini nih yang dicari jadi bisa irit pengeluaran service motor.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Planet Ban memang bisa diandalkan untuk service motor karena memiliki pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggannya. Planet Ban punya komitmen untuk membersihkan seluruh bagian mesin dan komponen yang ada pada motor sehingga tidak meninggalkan kotoran maupun debu di blok CVT yang bikin motor jadi berat. Untuk bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semua dibersihkan dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran makanya bisa terlihat seperti mesin baru.

Memang apa sih manfaatnya motor terlihat seperti punya mesin baru? Yang pasti tarikan motor jadi jauh lebih ringan dan bisa bantu menjaga lingkungan karena emisi pun turun lebih dari 70% dan lebih hemat BBM.

Biaya servis motor di Planet ban sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Ada yang suka naik motor juga kaya saya?  Jangan abai perawatan motor matic, yuks amaan servis motornya di Planet Ban aja supaya bisa merasakan servic motor rasa mesin baru!

Post a Comment

9 Comments

  1. Aku, Bun. Aku rutin tune up dong, biar motor lancar. hahaha.

    ReplyDelete
  2. Wah, keren nih tipsnya. Pakai motor matic supaya sat-set adalah ide yang bagus di tengah kemacetan kota ya :D

    ReplyDelete
  3. August 14, 2023 at 12:11 PM
    walaupun perempuan tapi urusan service motor juga wajib tahu demi kesehatan motor juga

    ReplyDelete
  4. Baru tahu belum lama ini kalau di Planet Ban juga melayani service dan ganti oli, dipikir dulu hanya ganti ban saja

    ReplyDelete
  5. Pilihan tepat service dan ganti oli di Planet Ban apalagi sekarang cabangya juga ada di mana-mana jadi memudahkan pelangganya

    ReplyDelete
  6. Service & ganti oli harus rutin jangan sampai skip supaya motor juga awet bisa bertahun tahun jadinya

    ReplyDelete
  7. Di Planet Ban ganti olinya bisa lebih lama ya jarak waktunya, jadi hemat pengeluaran juga nih

    ReplyDelete
  8. senangnya service motor di Planet ban jadi serasa punya mesin motor baru lagi ya mbak

    ReplyDelete
  9. Biaya service di Planet Ban memang ternagkau banget, jadi sayang banget kalau motor ga diservice rutin

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)