Traveling Cara Aku Ikut Race Singapore Marathon Adalah Impian

Pagi itu di awal bulan Desember tahun 2022 saya menyaksikan tayangan olahraga race Singapore Marathon melalui salah satu channel di Youtube. Saya ikut merasakan debaran detak jantung para pelari yang sedang berdiri di belakang garis start. Begitu Gun Time dimulai yang ditandai bendera start diangkat pelari mulai bergerak maju untuk berlari sesuai kategori yang mereka pilih. Dalam hati saya berkata, ingin berada di antara mereka. Kalau dipikir-pikir sudah lama juga saya tidak ke Singapore. Kalau begitu diniatkan saja traveling cara aku ikut race Singapore Marathon adalah Impian yang harus dikejar tahun depan. Jika diniatkan Insya Allah bisa dimudahkan segala sesuatunya





Race Lari Sama Dengan Liburan

Kesukaan saya pada olahraga lari memang belum lama, tapi saya sudah jatuh cinta dengan olahraga ini. Diawali oleh suami dan anak yang sudah lebih dulu terjun di olahraga lari, kemudian saya tertarik mengikutinya.

Tahap demi tahap latihan saya ikuti demi bisa berlari target 5KM terlebih dahulu. Memperbaiki form lari, latihan kekuatan hingga akhirnya meningkatkan jarak lari pun menjadi tantangan dan target selanjutnya. Alhamdulillah sudah bisa lari di atas 10 K, next bisa berlari Half Marathon dan Marathon.

Setiap kali mengikuti race saya anggap liburan meskipun itu ada di kota sebelah yaitu Jakarta, Bandung atau Yogyakarta.  Ada perasaan bahagia selain liburan juga dapat menaklukan tantangan pada event race lari yang diselenggarakan di kota tersebut. Serunya lagi, bukan hanya saya yang mengikuti race lari tersebut tapi ada suami juga anak-anak.

Di tiap kota yang saya kunjungi sebisa mungkin akan berlari di sana meskipun tidak ada race lari yang sedang diselenggarakan. Setidaknya sudah menjejakan kaki di sana lewat lari dan tertera map lari pada aplikasi lari Strava maupun Garmin. Ada kepuasan tersendiri rasanay jika bisa berlari di luar tempat tinggal saya, di manapun itu berada.

Ketika ada race lari Singapore Marathon saya sudah tertarik sekali ingin ke sana apalagi beberapa teman juga ada yang mengikuti event tersebut. Mungkin bagi teman-teman yang belum mengenal dunia lari akan menganggap ikut race itu mahal dan sia-sia karena sudah mengeluarkan uang kita harus bercapek-capek berlari puluhan kilometer. Tapi bagi saya dan pelari lainnya ini adalah pilihan yang membuat hati senang. Ini adalah jalan hidup saya untuk kesehatan mental.


Kenapa Harus Singapore Marathon?


Kalau ditanya kenapa memilih Singapore Marathon padahal banyak event marathon lainnya yang juga menarik baik itu di dalam negeri maupun di negara lain. Di dalam negeri beberapa event lari sudah saya ikuti. Saya ingin Singapore adalah sebagai negara tujuan pertama untuk ikut event lari di luar Indonesia. Demi ini saya harus mengencangkan ikat pinggang untuk tidak mengikuti event besar di dalam negeri terlebih dahulu, selain harus menabung juga untuk bekal kuliah anak 2 tahun lagi.

1. Jaraknya Yang Dekat dan Biaya Lebih Murah


Bukannya saya tidak tertarik dengan event marathon di negara lain seperti Berlin Marathon, Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon dan lainnya. Pastinya ke negara-negara tersebut membutuhkan biaya lebih banyak lagi, tidak hanya biaya pendaftaran marathon tapi akomodasi dan biaya hidup selama beberapa hari di sana.

Maka dari itu Singapore adalah pilihan utama sebagai impian ikut race lari di luar negeri. Selain jaraknya yang dekat dengan Indonesia, biayanya pun bisa diprediksi sejak awal dan lebih terjangkau oleh kantong kami. Alasan lainnya adalah saya sudah beberapa kali berkunjung ke Singapore, setidaknya sudah paham dengan transportasi dan tempat mencari makanan halal saat berkunjung ke sana.

2. Transportasi Mudah

Sukanya traveling ke Singapore itu transportasinya mudah sekali, mau naik MRT atau bus semua sudah terintegrasi dengan baik. Tinggal mengikuti petunjuk saja sudah bisa menjangkau lokasi dari ujung ke ujung negara tersebut. Di tambah lagi penggunaan Singapore Tourism Pass makin memudahkan wisatawan dalam bepergian menggunakan moda transportasi MRT sepuasnya di sana tergantung pembelian untuk berapa hari.

3. Banyak Pilihan Hotel dan Hostel

Kali pertama saya dan suami ke Singapore menginap di hotel dengan harga terjangkai tapi nyaman tempatnya. Lalu kami pun pernah merasakan hostel ketika backpackeran bersama anak-anak. Kebetulan ada kamar hostel untuk 4 orang sehingga kami tidak bergabung dengan turis lainnya dalam kamar tersebut. Banyaknya pilihan tempat menginap menjadikan Singapore lebih mudah dan jadi pilihan utama apalagi banyak rekomendasi dari para traveler yang berkunjung ke sana juga.


4. Berlari Melewati Icon-icon Singapore


Kalau biasanya melewati icon negara Singapore menggunakan MRT, saat mengikuti Singapore Marathon bisa merasakan jalanan Singapore dengan berlari. Pasti memacu adrenalin banget ini, takjub saja bisa berlari melewati negara Singapore.



Wishlist Traveling di Singapore Sambil Ikut Singapore Marathon Bareng Traveloka


Meskipun sudah pernah ke Singapore, tapi kami tidak pernah merasa bosan untuk berkunjung kembali ke sana. Seperti halnya traveling ke Bali kalau di Indonesia yang selalu dikangeni.  Ketika traveling, kami jarang sekali menggunakan jasa tour agent, biasanya membeli tiket lokasi yang dituju saja. Untungnya semua kebutuhan kami ketika berlibur di Singapore tiketnya dapat dibeli di Traveloka.




Ada beberapa wishlist tempat yang ingin didatangi kembali saat ke Singapore di momen Singapore Marathon.  Berikut listnya beserta informasi yang sudah saya dapatkan melalui Traveloka.

1. Jewel Changi Airport Attractions


Setibanya di Singapore melalui perjalanan udara pastinya akan mendarat di Changi Airport. Kebetulan sekali terakhir kami ke Singapore belum pernah melihat Jewel Changi Airport Attraction. Sebelum ada Jewel Changi Airport Attractions, Bandara Changi sudah terlihat megah dan mewah. Setelah ada Jewel Changi Airport Attractions bandara ini makin memikat turis. Bayangkan saja di dalam gedung kita bisa melihat air terjun, tanaman yang asri bak sedang berada di dalam hutan saja. Belum lagi pengunjung bisa naik ke Canopy Bridge dan berdiri di ketinggian 23 meter, seru banget bisa memacu adrenalin,


2. Siapkan Singapore Tourist Pass PLUS


Sebelum keluar dari Changi Airport jangan lupa siapkan Singapore Tourist Pass PLUS dulu supaya bisa bebas naik transportasi bus & kereta di Singapura selama 3 hari. Kalau lebih dari itu bisa beli lagi kok. Nah gak usah repot-repot beli di mana soalnya di Traveloka juga ada.

3. Singapore Cable Car 


Melihat Singapore dari ketinggian lewat Cable Car sepanjang Jalur Gunung Faber dan Jalur Sentosa pasti seru sambil menikmati puncak tertinggi di Singapore. 


4. Singapore Flyer


Menikmati kemegahan Singapore dari ketinggian lagi kali ini lewat Singapore Flyer atau bianglala raksasa tertinggi di dunia. Pemandangan Marina Bay juga bisa dilihat dari Singapore FLyer. Naik di siang hari atau malam hari pastinya sama-sama menakjubkan, terlebih jika di malam hari pastinya banyak lampu-lampu yang menambah kemeriahan Singapore.


Tips Ke Singapore Untuk Race Singapore Marathon


Karena tujuan utama kami ke Singapore untuk mengikuti race Singapore Marathon, maka dari itu tempat wisata yang dikunjungi juga dibatasi supaya lebih fokus di event lari saja. Beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mengikuti Singapore Marathon berdasarkan pencarian dan rekomendasi yang saya cari di dunia maya.

Sebelum pergi ke Singapore, pastikan sudah membayar slot Singapore Maratahon terlebih dahulu pastinya. Jangan lupa melakukan pembayaran sebelum tengat waktu karena event lari seperti ini biasanya slotnya cepat sekali habis. Jangan lupa untuk memantau wesite maupun akun media sosial penyelenggara Singapore Marathon supaya tidak ketinggal informasi waktu pendaftaran ketika sudah dibuka.




Siapkan Tiket Di Awal


Tiket pesawat usahakan disiapkan sejak awal supaya lebih aman dan bisa memilih harga maupun airline sesuai budget. Apapun pilihannya Traveloka selalu ada pilihan tiket pesawat sesuai budget yang kita inginkan.

Lokasi Hotel


Pilih lokasi hotel yang jaraknya tidak terlalu jauh dari titik start Singapore Marathon. Misalnya di tahun 2022 ini start dimulai dari F1 Pit Building yang lokasinya di Sirkuit Marina Bay Street. Ini adalah salah satu tempat ikonik yang ada di Singapore.

Pilihan hotel dari Traveloka di sekitar Sirkuit Marina Bay Street juga banyak mula dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, nyamannya kita saja menginap di mana. Jika budget minim pun masih bisa menginap di hostel dengan harga 100-500 ribu rupiah

Cari Tahu Trasnportasinya


Supaya gak panik saat hari H, sebaiknya kita juga mencari tahu dulu jalur transportasi umum yang melalui titik start Marathon tersebut. Usahakan datang di awal waktu dan tidak terlambat, karena keterlambatan membuat drop pelari saat memulai start. 

Cari tahu stasiun kereta maupun bus terdekat menuju ke lokasi. Jika memungkinkan naik taksi pun tidak mengapa untuk meminimalkan kebingungan mencari jalan.


Menemukan Tempat Makan Yang Mudah


Mencari tahu lokasi tempat makan terdekat dari hotel juga sangat penting supaya kita bisa mencukupi kebutuhan makan selama ada di sana. Saat pelari melakukan race sehari sebelumnya membutuhkan karbo loading, jika tidak bisa menemukan makanan yang sesuai akan mempengaruhi kondisi ketika berlari nantinya. Untuk umat muslim bisa mencari rekomendasi tempat makan halal juga.


Wisata Setelah Race


Jika ada waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di Singapore sebaiknya dilakukan setelah event lari selesai karena jika dilakukan sebelum khawatir lelah dan mempengaruhi performa ketika race lari. Sebaiknya istirahat saja sebelumnya atau melakukan latihan dengan intensitas ringan.

Meskipun ini baru rencana dan impian saya agar bisa ikut race Singapore Marathon sekaligus traveling tipis-tipis tapi butuh juga di persiapkan segala sesuatunya dari awal. Menyiapkan dana dan membuat itinerary supaya bisa menentukan budget yang dibutuhkan. 

Untuk saat ini dan kedepannya suara hati saya untuk traveling adalah mengikuti race lari tidak hanya traveling biasa saja. Singapore Marathone adalah impian traveling saya ke depannya. Untungnya Traveloka mengerti sekali #LifeYourWay yang diinginkan saya dan banyak orang untuk mewujudkan impian teravelin secara nmenyeluruh.

Traveling sekaligus ikut Singapore Marathon adalah impian traveling saya. kalian juga bisa loh rencanakan liburan di Traveloka seperti saya, dan dengar kata hatimu untuk menjalani hidup dengan caramu sendiri #LifeYourWay . Saran dari saya jangan ikut-ikutan trend orang lain yang belum tentu sesuai kata hatimu, buatlah hatimu bahagia bersama Traveloka.


Post a Comment

0 Comments