Mengenal Bayi Tabung Dari Pakar Kesuburan Dokter Indra NC Anwar. SP. OG

"Bayi tabung adalah salah satu cara untuk bisa hamil, keberhasilannya tergantung dari umur. Pikirkan usahanya dan siap dengan kegagalan" - Dokter Indra NC  Anwar. SP. OG

Penggalan kalimat yang disampaikan oleh dokter Indra tersebut saya kutip dari acara Fertility Talkshow Grande yang diselenggarakan di Hotel Aston. Imperial, Bekasi. (30/10). Mungkin banyak orang berpikir kalau tidak bisa hamil, gampang deh bisa lewat program bayi tabung saja pasti berhasil apalagi kalau punya dananya.  Ternyata punya banyak uang saja tidaklah cukup untuk melakukan prosedur bayi tabung karena pasutri harus melewati berbagai proses terlebih dahulu sebelum melakukan proses terakhir dari kehamilan yaitu bayi tabung Intinya selalu berusaha dan berdoa Insya Allah selalu ada jalan apapun proses yang dilalui jangan patah semangat.

Pakar Kesuburan Dokter Indra NC  Anwar. SP. OG





Diskusi Dengan Pakar Bayi Tabung Yang Humble


Dokter Indra dikenal sebagai pakar bayi tabung ini banyak dicari oleh pasutri yang sedang mendambakan buah hati. Pengalamannya sudah lebih dari 25 tahun dalam melakukan proses bayi tabung, sudah pasti sangat dikenal. Beliau melakukan prosedur bayi tabung pertamanya pada tahun 1997 dan hingga saat ini sudah lebih dari 100 ribu orang  yang berhasil dalam prosedur bayi tabung.

Sebagai dokter lulusan FKUI dan melanjutkan spesialisasinya di USU, dr. Indra NC Anwar, SpOG saat ini  praktik di klinik Morula IVF, Menteng, Jakarta. Pasien beliau tidak hanya datang dari Jabodetabek saja loh, melainkan dari berbagai daerah bahkan dari pulau lain. Karena namanya yang terkenal dan tangan dinginnya lah hingga banyak pasutri yang datang karena rekomendasi. Kebanyakan mereka bilang kalau dr. Indra ini ramah orangnya. Memang benar sekali, karena waktu kami para blogger berbincang dengan beliau saya bisa merasakan keramahannya tersebut ketika menjelaskan mengenai prosedur bayi tabung hingga kami mengerti.

Dalam diskusi bersama dokter Indra, istilah yang rumit pun dijelaskan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti oleh kami. 

morula



Beberapa hal yang saya catat bagi pasangan baru menikah dan belum dikaruniai momongan jangan terlalu khawatir terlebih dahulu. Sebelum sampai ke tahap bayi tabung sebaiknya melakukan prosedur awal dulu. Dokter Indra bilang 1 tahun pertama melakukan hubungan secara teratur, jika masih belum hamil baru memeriksakan diri keduanya. Ingat untuk bisa hamil, jangan cuma istri yang melakukan pemeriksaan tapi suamiku harus mau diperiksa. Karena selama ini pihak perempuan yang selalu di-judge ketika buah hati tak kunjung datang.

Setelah pemeriksaan maka dokter akan melakukan koreksi secara medis atau operasi supaya bisa cepat hamil secara alami kurang lebih 6 bulan percobaan. Jika cara ini masih belum berhasil, maka ada prosedur lain salah satunya adalah inseminasi maksimal lamanya juga 6 bulan. Nah, bayi tabung ini jalan terakhir yang dilakukan ketika belum hamil juga.

Dokter Indra bilang pasangan suami istri harus mengupayakan hamil secara alami terlebih dahulu. Supaya bisa hamil harus mengetahui masa subur dalam diri kita supaya berpeluang besar dalam kehamilan. Masa subur ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berat badan, usia, stress, dan gaya hidup. Hamil di bawah umur tidak baik tapi hamil di atas 35 tahun juga berisiko dalam kehamilannya. Maka dari itu diperlukan pemeriksaan supaya bisa mendeteksi jika ada kelainan dalam kesuburan dan dilakukan koreksi.


Tahapan IFV Yang Harus Dilakukan



IFV (In Vitro Fertilization) atau biasa disebut dengan bayi tabung sebagai langkah terakhir agar wanita bisa hamil dan dilakukan untuk mengatasi masalah kesuburan. Namun pasien harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu sebelum melakukan tahapan bayi tabung, diantaranya adalah siap finansial dan siap mental termasuk siap gagal meskipun IFV Morula punya tingkat keberhasilan yang tinggi seperti quote yang saya tulis di atas tadi. Persyaratan lainnya adalah mereka harus sah sebagai suami istri dan tidak menggunakan donor telur bukan dari pasangannya. Untuk wanita dipastikan belum menopause dan tidak memiliki penyakit berat serta kondisi rahimnya sehat. 

Adapun tahapan dalam melakukan prosedur IVF adalah:.
  • Tahapan Persiapan (mempersiapkan beberapa dokumen penting seperti buku nikah resmi, KTP suami istri)
  • Tahap konsultasi (pemeriksaan USG dan Screening)
  • Tahap simulation Hormon (Proses ini berlangsung selama 8-10 hari)
  • Tahap Supresi dan Ovulasi 
  • Tahap Ovum Pick Up
  • Tahap Laboratorium IVF
  • Tahap Embrio Transfer
  • Tahap penguatan (dibutuhkan obat-obatan khusus untuk memperkuat dinding rahim)
  • Tahap pemeriksaan rutin

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan bayi tabung tergantung usia istri atau perempuan.  Makin bertambah usianya maka kualitas dan jumlah sel telur berkurang. Makin cepat  haid sel maka makin banyak telur terselamatkan.


Prosedur Bayi Tabung di Morula IVF


Pada event Fertility Talk tersebut hadir pula pihak Morula IVF di mana dr. Indra N.C Anwar, SpOG juga sebagai dokter Obgyn Morula IVF, Jakarta. Sekarang gak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melakukan prosedur bayi tabung, karena Morula IVF adalah pertama dan satu-satunya yang memiliki sertifikat dan mempunyai keunggulan layanannya dibanding negara lain. Morula IVF ini juga sudah sejajar dan berstandar internasional. Morula juga tercatat sebagai klinik kesuburan pertama yang menggunakan sistem berbasis komputer dalam menangani infertilitas.

Prosedur Bayi Tabung di Morula IVF




Untuk Pasangan muda yang ingin berkonsultasi dengan pakar Kesuburan Dokter Indra NC Anwar. SP. OG juga mengenai bayi tabung, beliau ada di Morula IVF Jakarta atau bisa follow akun instagram @indrancanwar untuk mencari informasi yang dibutuhkan.


Post a Comment

0 Comments