Powered by Blogger.

PINTAR, Program Peningkatan Kualitas Pendidikan oleh Tanoto Foundation

Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan keluarga pada tahun 1981 memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap dunia pendidikan Indonesia. Berbagai program telah diluncurkan dengan tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik di tanah air ataupun di beberapa negara Asia lainnya.

sumber : KiblatRiau.com



Salah satu program yang diluncurkan oleh Tanoto Foundation adalah program PINTAR atau Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran. Fokus utama dari program ini adalah para guru dan kepala sekolah. Dengan peningkatan kemampuan dan kualitas pengajaran dari para guru dan manajemen sekolah, kualitas pendidikan akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Dalam menjalankan program PINTAR, Foundation Tanoto akan melatih dan mendorong pihak guru, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah dan juga LPTK untuk meningkatkan sistem pembelajaran aktif, budaya baca, serta manajemen berbasis sekolah. Ketiga aspek tersebut saling mendukung satu sama lainnya. Bila salah satu aspek kurang mendapat perhatian, maka hasil yang akan didapatkan akan kurang maksimal.


Sejarah Panjang Program PINTAR


Program PINTAR bukanlah sebuah program baru. Sukanto Tanoto melalui foundationnya telah mengembangkan sebuah program yang dinamakan program Pelita Pendidikan pada tahun 2010. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pembelajaran, kompetensi guru, fungsi perpustakaan, minat baca, dan kualitas sarana dan prasarana sekolah.


TanotoFondation.org
Sejak tahun 2018, program Pelita Pendidikan bertransformasi dan mengalami perubahan menjadi program PINTAR. Tujuan umum dari program PINTAR serupa dengan program sebelumnya, dengan perbedaan fokus area pengembangan yang lebih dipersempit tanpa mengkompromikan hasil yang ingin dicapai.

Cara Kerja Program PINTAR


Dalam menjalankan program PINTAR, pihak Tanoto Foundation telah membangun alur kerja untuk masing-masing tahapan. Alur kerja program PINTAR adalah:
1. Mengembangkan praktik baik dalam pembelajaran, manajemen, dan kepemimpinan sekolah
2. Mengembangkan kapasitas pemerintah daerah
3. Mendukung penguatan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK

Sukanto Tanoto melalui yayasan ini ingin mengembangkan semua aspek tersebut agar mampu berjalan beriringan dan saling mendukung satu sama lain. Apabila pengembangan hanya difokuskan pada praktik pembelajaran tanpa adanya kapasitas dan dukungan dari pemerintah setempat, maka hasil yang akan diterima juga kurang maksimal. Prinsip yang sama juga berlaku untuk pengembangan aspek yang lain. Bila LPTK yang ada telah diperkuat, namun aspek manajemen sekolah masih belum tertata maka ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan di LPTK juga tidak akan tersampaikan kepada murid dengan maksimal.


Target Perubahan Program PINTAR


Dalam proses perencanaan awal program PINTAR, pihak Tanoto Foundation telah menetapkan target yang ingin dicapai. Pencapaian target ini akan menjadi tolok ukur kesukesan dari program ini nantinya. Selama pelaksanaan, proses evaluasi akan terus dilaksanakan untuk memastikan bahwa target yang diinginkan akan tercapai.

Target perubahan yang diharapkan di tiap jenjang setelah adanya program PINTAR adalah:
1. Kelas

Diharapkan proses pembelajaran bukan hanya menjadi lebih menarik namun juga lebih efektif dengan fokus pada literasi, matematika, dan sains.

2. Sekolah

Diharapkan sistem kepemimpinan dan manajemen sekolah akan menjadi lebih baik untuk peningkatan mutu pembelajaran

3. Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah diharapkan mampu untuk mempertahankan peningkatan mutu pembelajaran

4. LPTK

Calon guru mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik untuk mendorong kapasitas mereka dalam berinovasi 
Program PINTAR yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation di bawah bimbingan Sukanto Tanoto akan berjalan beriringan dengan berbagai program pengembangan pendidikan lain baik dari pemerintah maupun dari pihak foundation itu sendiri. Dengan begini, kualitas pendidikan di tanah air akan mengalami peningkatan secara lebih luas dan merata.

No comments